Bibit Jambu Biji Kristal

Bibit Jambu Biji Kristal – Bibit Tanaman Jambu Biji Unggul Cepat Berbuah Dengan Tekstur Renyah, Tanpa Biji dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Jambu Kristal merupakan varietas jambu biji yang sangat unik. Jambu ini terkenal karena rasanya yang manis dan nyaris tanpa biji sama sekali. Saat ini di pasaran, Jambu kristal memiliki nilai ekonomis yang tinggi dan cocok untuk menjadi peluang bisnis baru.

Bibit Jambu Kristal sangat cocok dibuahkan di dalam pot. Tabulampot Jambu Kristal memiliki perawatan yang mudah bahkan untuk seorang pemula sekalipun.

Jambu Kristal Unggul

Karakteristik Buah Jambu Kristal

Buah Jambu Kristal berbentuk bulat agak gepeng. dan sedikit lonjong permukaan kulitnya ada yang bergelombang. Bobot satu buah jambu kristal rata-rata berkisar antara 300 – 800 gram / buah. Warna kulitnya hijau tua ketika masih muda dan berubah menjadi hijau cerah ketika sudah matang.

Buah jambu Kristal dikenal mempunyai daging buah yang tebal dan berwarna putih. Tekstur buahnya renyah, crunchy, dan segar. Yang paling istimewa adalah Buah jambu Kristal nyaris tanpa biji, kalaupun ada, hanya sekitar 3% dari keseluruhan daging buah.

Untuk soal rasa?, Buah jambu Kristal mempunyai rasa yang manis dengan kadar kemanisan 11—12º briks. Pada tingkat kematangan 70%, jambu kristal bisa tahan simpan hingga 1 bulan pada suhu pendingin 10—15ºC.

Buah Jambu Kristal

Karakteristik Tanaman Jambu Kristal

Jambu kristal merupakan salah satu jenis jambu biji unggulan yang berasal dari mutasi residu Muangthai Pak, kono kabarnya tanaman buah ini berasal dari District Kao Shiung-Taiwan. Secara fisik, Tanaman buah pemilik nama latin Psidium guajava ini sama dengan tanaman jambu biji pada umumnya.

Pohon jambu biji keristal terkenal akan tingkat adaptasinya yang tinggi. tumbuhan buah ini dapat tumbuh dimana saja asalkan terdapat sinar matahari dan media tanam harus di jaga kelembabannya. Selain itu, pohon jambu kristal ini termasuk tahan terhadap hama penyerang buah, seperti lalat buah, kutu buah dan lain sebagainya karena jambu kristal memiliki kulit buah yang di lapisi lilin yang cukup tebal sehingga sulit di tembus oleh hama.

Budidaya Jambu Kristal

Jambu kristal juga cocok dibuahkan di pekarangan dan pot. Siapkan media berupa bokashi kotoran sapi 100%. Ambil pot berupa drum plastik yang dilubangi di ke-4 sisi samping dekat dasar pot, dan bibit asal cangkokan. Pemilihan bokashi karena menyimpan air dan ringan. Masukkan media kira-kira 1/3 volume pot, masukkan bibit di bagian tengah, lalu timbun dengan sisa media.

Pupuk dengan NPK seimbang dengan perbandingan 15:15:15 setiap 2 minggu. Dosis awal 10 gram dan meningkat setelah 2—3 bulan menjadi 50 gram. Sebelum memupuk, siram media supaya basah. Sembari memupuk, semprot insektisida dan fungisida untuk pencegahan serangan hama dan penyakit. Siram setiap 2 hari selama musim kemarau.

Jambu kristal termasuk jenis jambu biji yang dikenal dengan sifatnya yang cepat berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, Masa produksi bibit jambu kristal sekitar 1 – 2 tahun. Bahkan ada yang sudah berbuah diumur 8 bulan. Pohon Jambu kristal dapat berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim.

Bibit Jambu Kristal

Spesifikasi Bibit Tanaman Jambu Kristal

  • Nama : Bibit Jambu biji Kristal
  • Nama Ilmiah : Psidium guajava
  • Asal Daerah : Taiwan
  • Asal bibit : Hasil Okulasi
  • Tinggi Bibit : tinggi bibit ketika dikirim 50 – 70 cm
  • Iklim ideal untuk tumbuh optimal : dataran rendah dengan cuaca panas
  • Penyiraman : Penyiraman sehari satu kali.
  • Kebutuhan penyinaran : Penyinaran matahari sepanjang hari
  • Sinar matahari : sepanjang hari
  • Waktu berbuah : 1- 2 tahun dengan perawatan optimum akan rajin berbuah sepanjang tahun
  • Tingkat kesulitan : sedang (rata – rata orang bisa)
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam dengan Pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran Pot : Diameter lebih dari 60 cm (ukuran besar)
  • Media tanam : Tanah 2 : Humus 1
  • Tips Pemberian Pupuk : dilakukan kira – kira 30 hari sekali menggunakan Pupuk NPK daun atau sejenisnya.
  • cara pemupukan ditabur dan dibenamkan disekeliling kanopi tanaman
  • Tajuk tegak dengan kanopi yang rapat dan tidak melebar
  • Cara Perawatan : bersihkan gulam secara berkala

Buah jambu kristal ini juga memiliki kandungan Vitamin A dan C, asam lemak tak jenuh serta serat pangan, tinggi akan Omega 3 dan 6. bahkan di dalam buah jambu kristal memiliki Kandungan Vitamin C 8 kali lipat lebih banyak dari Lemon dan 5 kali lipat lebih banyak dari Jeruk biasa.

Konon kabarnya mengkonsumsi buah jambu kristal dapat membantu untuk penderita diare, Mencegah sulit buang air besar atau sembelit dan Menjaga kesehatan kulit.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *