Bibit Jambu Biji Getas Merah

Bibit Jambu Biji Getas Merah – Bibit Tanaman Jambu Biji Unggul Cepat Berbuah Dengan Rasa Manis, Harum dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Jambu biji getas merah merupakan varian jambu biji unggul dengan daging buah berwarna merah merona. Buah Jambu biji getas merah ini cukup digemari karena daging buahnya yang manis, harum, renyah dan tergolong empuk dibandingkan dengan jenis jambu biji lainnya.

Bibit Jambu biji getas merah juga dikenal cepat berbuah dan termasuk jenis jambu biji yang produktif dan rajin berbuah tanpa kenal musim. Bibit jambu biji getas merah juga cocok ditanam didalam pot.

Jambu Biji getas Merah Unggul

Karakteristik Buah Jambu Biji Getas Merah

Buah Jambu Biji Getas Merah berbentuk bulat agak melonjong dengan warna kulit hijau kekuningan. Bobot satu buahnya rata-rata berkisar antara 250 – 400 gram / buah.

Sesuai dengan namanya, Jambu Biji Getas Merah mempunyai daging buah berwarna merah cerah, tebal, manis serta harum. Meskipun memiliki daging buah yang tebal, tekstur dari jambu ini tergolong empuk jika dibandingkan jambu biji lain.

Selain rasanya yang manis dan warna dagingnya yang menarik, Jambu getas merah juga mengandung Antioksidan, Vitamin A dan C, Quersetin, Kalium, Glikosida Quersetin, Flavonoid, Minyak Astiri, Asam ursolat, Asam psidiolat, Asam kratogolat, Asam oleanolat, Asam guajaverin yang cukup tinggi.

Karakteristik Tanaman Jambu Biji Getas Merah

Jambu biji getas merah merupakan salah satu varietas jambu biji unggul yang berasal dari persilangan Jambu Biji Pasar Minggu dengan daging berwarna merah dan Jambu Biji Bangkok.

Di Indonesia sendiri, jambu yang juga di kenal dengan nama Jambu Kluthuk dan jambu merah ini cukup populer sehingga mudah dijumpai di penjual buah.

Secara fisik, Tanaman buah pemilik nama latin Psidium guajava ini termasuk pohon perdu percabangan rendah, batang berwarna cokelat muda dan sedikit terkelupas, permukaan batangnya licin. Daunnya berwarna hijau seperti umumnya daun tanaman jambu biji.

Jambu getas merah

Budidaya Jambu Biji Getas Merah

Tanaman Jambu Getas Merah sangat mudah ditemui di Indonesia, karena tanaman buah ini sangat dapat tumbuh dengan subur di iklim tropis seperti Indonesia. Bibit jambu biji getas merah dapat tumbuh di daerah dengan ketinggian sampai 1000 mdpl dengan suhu 23-28 derajat celcius.

Cara Perawatan bibit Jambu Getas Merah juga tergolong cukup mudah dan dapat dibudidayakan sebagai tanaman buah dalam pot atau tambulapot. Penanaman di pot dapat mempercepat masa produktif dengan mengatur kondisi tanah sebaik mungkin seperti penyiraman dan pemupukan.

Dengan perawatan yang baik, bibit Jambu Getas Merah dapat mulai belajar berbuah saat tanaman sudah berusia 1 – 2 tahun terhitung sejak penanaman.

Keunggulan lainnya adalah bibit Jambu biji Getas Merah memiliki kemampuan untuk berbuah sepanjang tahun tanpa mengenal musim. Hal ini tentunya membuat Jambu biji Getas Merah memiliki tingkat produktivitas yang tinggi.

Informasi Bibit Tanaman Jambu Biji Getas Merah

  • Nama : Jambu Biji Getas Merah
  • Nama Latin : Psidium guajava
  • Asal bibit : Hasil Okulasi
  • Tinggi bibit saat di kirim  : 50 cm – 70 cm.
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • Rekomendai Iklim : Iklim tropis – subtropis
  • Tipe Tanaman : Tumbuh tegak dgn Tajuk tegak dan kanopi yang rapat dan tidak melebar
  • Waktu berbuah : 1-2 tahun dengan perawatan optimal akan rajin berbuah sepanjang tahun
  • Informasi tambahan : bibit sudah di tempel, sehingga tinggal menunggu bibit berkembang dan berbuah

Jika ditanam didalam Pot (Tabulampot) :

  • Rekomendasi ukuran Pot : diameter lebih dari 60 cm
  • Media Tanam : tanah humus atau tanah kompos, tanah gembur
  • Petunjuk Penyiraman : disiram sehari sekali dengan 1 liter air.
  • Petunjuk penyinaran : Penyinaran matahari sepanjang hri
  • Petunjuk Pemberian Pupuk : dilakukan kira – kira 30 hari sekali menggunakan Pupuk NPK daun atau sejenisnya.

Jambu biji getas merah dapat menjadi salah satu pilihan anda dalam membudidayakan tanaman buah skala besar maupun dijadikan sebagai tanaman hiasan di pekarangan rumah Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *