Bibit Durian Musangking Kota Pariaman

Jaul Bibit Durian Musangking Kota Pariaman

Durian Musangking Kota Pariaman adalah varietas durian yang terkenal di Malaysia sebagai durian dengan mutu paling baik. Daging buahnya berwarna kuning seperti kunyit. Bentuk fisik luarnya hampir sama dengan jenis durian lain, namun jenis ini bentuknya seperti bola rugby, berat rata-rata 1-2 kg, ada lima garis dari pangkal kulitnya dan pangkal buah dan batangnya berwarna coklat, dan ujung buahnya botak.

Durian Musangking Kota Pariaman yang sudah masak memiliki daging buah yang relatif tebal dan lembut, serta mudah terlepas dari bijinya yang kecil-kecil. Rasanya sangat manis dan baunya tidak menyengat. Untuk durian yang tergolong berukuran sedang, durian musangking ini dibandrol sangat mahal untuk per buahnya, yaitu berkisar Rp200.000,-.

Tanaman durian Musangking Kota Pariaman bisa tumbuh dengan baik di daerah tropis dataran rendah dengan ketinggian maksimal 500 mdpl bersuhu udara normal, dengan kondisi tanah bertekstur gembur dan subur, bisa juga tumbuh pada tanah liat dan sedikit berpasir. Pada umumnya durian berkembang dengan baik pada tanah dengan tingkat keasaman (pH) normal (netral), dengan sistem pengairan yang baik karena akar durian peka pada genangan air.

Tanaman ini dapat ditanam di lahan maupun di pot. Penanaman yang dilakukan di lahan dengan membuat lubang tanam terlebih dahulu dengan ukuran 80x80x80 cm kemudian didiamkan selama 1 minggu untuk meminimalisasi bakteri jahat dalam tanah. Setelah itu campurkan tanah galian dengan pupuk kandang dan tutup lubang tanam yang sudah ditanami bibit durian Musangking Kota Pariaman dengan campuran tanah dan pupuk tersebut. Penyiraman dilakukan secara rutin setiap sore di musim kemarau, sedangkan pemupukan cukup dilakukan sebulan sekali dengan menggunakan pupuk NPK daun. Tanaman ini sudah mulai berbuah 3-5 tahun setelah penanaman.

Penanaman yang dilakukan di dalam pot, disarankan memakai pot ukuran diameternya 60 cm, dengan media tanamnya campuran tanah dan humus dengan perbandingan 2:1. Kemudian lakukan secara rutin penyiraman saat pagi dan sore hari, dan beri pupuk NPK daun setiap bulan sekali.

Teknik perbanyakan bibit durian Musangking Kota Pariaman bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu, perbanyakan secara generatif (dengan menanam biji) dan perbanyakan secara vegetatif, yaitu melalui sambung pucuk, cangkok dan okulasi. Namun perbanyakan generatif cukup membutuhkan waktu yang lama, dibandingkan dengan cara vegetatif. Sehingga para pembudidaya lebih memilih perbanyakan vegetatif, dengan tempel ataupun okulasi, karena tidak menyita waktu dan biaya yang lebih hemat. Selain itu perbanyakan bibit durian Musangking Kota Pariaman dengan teknik vegetatif, pohon durian Musangking Kota Pariaman nantinya akan lebih cepat berbuah. Minat ntuk mendapatkan bibit durian Musangking Kota Pariaman? Segera hubungi customer service kami.

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?