Bibit Duku Palembang

Bibit Duku Palembang – Bibit Duku Unggul Dari Sumatra Selatan Yang Dikenal Cepat Berbuah,  Dengan Rasa Manis dan Produktifitas Tinggi

Duku Palembang adalah varietas duku terbaik asal Sumatera Selatan. Buah duku palembang menawarkan sensasi rasa manis dengan daging buahnya tebal. Boleh dibilang cita rasa buah duku palembang ini paling unggul jika dibandingkan jenis buah duku lokal lainnya. Bahkan buah Duku Palembang jarang sekali yang memiliki biji.

Buah Duku palembang memanglah yang sangat cocok dijadikan buah meja sebagai teman bercanda, bersantai dan bercengkrama dengan keluarga. Nah bagi anda Bagi anda yang punya hobby menanam dan tinggal di perkotaan serta memiliki lahan terbatas, Gak perlu risau, karena duku palembang juga bisa di tanam di Dalam Pot atau Tabulampot Duku Palembang.

Duku Palembang
Duku Palembang

Karakteristik Buah Duku Palembang

Duku Palembang termasuk jenis duku lokal terbaik di kelasnya. Buah duku Palembang berbentuk jorong, bulat atau bulat memanjang, dengan bulu halus kekuning-kuningan dan daun kelopak yang tidak rontok. Sementara kulit (dinding) buah tipis.

Dari segi tekstur, daging duku palembang tergolong tebal, berwarna putih bening keruh dengan sedikit mengandung air. Adapun Prosentase daging buahnya berkisar antara 64-77%. Untuk soal rasa?, Buah duku palembang mempunyai rasa yang manis.

Keistimewaan lain dari duku palembang adalah jarang sekali berbiji, dari sekitar 10-15 buah duku palembang, biasanya hanya akan dijumpai sebuah duku yang berbiji.

Karakteristik Tanaman Duku Palembang

Tanaman duku palembang merupakan salah satu jenis duku unggul yang berasal dari Sumatera Selatan, Indonesia. Secara fisik, tampilan pohon duku palembang hampir sama dengan jenis duku lokal lainnya. Pohon duku palembang berukuran sedang, pohon duku ini mampu tumbuh tinggi dengan ketinggian 30 m – 75 cm.

Batang duku palembang beralur-alur dalam tak teratur, dengan banir (akar papan) yang pipih menonjol di atas tanah. Pepagan (kulit kayu) berwarna kelabu berbintik-bintik gelap dan jingga, mengandung getah kental berwarna susu yang lengket.

Duku Palembang

Budidaya Duku Palembang

Tanaman duku palembang mampu tumbuh dengan baik pada dataran rendah ataupun dataran tinggi. ketinggian ideal berkisar antara 600 m dpl dengan curah hujan 1.500-2.500 mm per tahun. Jenis tanah yang ideal bagi bibit duku palembang adalah tanah latosol, aluvial dan podsolik kuning dengan kadar pH antara 6-7.

Tanaman buah duku palembang ini termasuk salah satu jenis tanaman buah yang rajin berbuah dan cukup mudah ditemukan di Indonesia. Iklim yang cocok menjadikan tanaman buah ini tumbuh subur. Dengan perawatan yang baik, pohon duku palembang akan mulai belajar berbuah pada umur 3-4 tahun sejak penanaman dengan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Buah duku Palembang mempunyai kulit buah yang tipis, halus, berwarna kuning agak kecoklatan, dan sedikit mengandung getah. Daging buahnya bening dan rasanya manis.

Keunggulan lainnya adalah pohon duku palembang mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi, Produktifitas tanaman duku palembang pada saat mulai berbuah rata-rata 12 kg/pohon/tahun, sedangkan tanaman yang sudah dewasa dapat menghasilkan 800-900 kg/pohon/tahun.

Bibit Duku palembang

Spesifikasi Bibit Duku Palembang

  • Nama: Duku palembang
  • Nama Ilmiah : Lansium parasiticum
  • Asal Daerah : Sumatra Selatan
  • Asal Bibit : Hasil Okulasi / Sambung Pucuk
  • tinggi bibit saat di kirim : 50cm – 70cm
  • Iklim Tumbuh Optimal : dataran rendah – dataran tinggi/ suhu panas 30-35c
  • Kebutuhan Sinar Matahari : sepanjang hari
  • Tipe Pertumbuhan Tanaman : tumbuh tegak
  • Masa Produktif : berbuah dalam 3 – 4 tahun
  • Buah bisa dimakan : dapat dimakan langsung
  • Info lain : bibit sudah dicangkok sehingga bibit tinggal di tanam dan menunggu bibit berbunga dan berbuah

Jika dibudidayakan di dalam Pot (Tabulampot) :

  • Ukuran Pot Minimal : diameter lebih dari 60cm
  • Media Tanam : tanah dan humus
  • Penyiraman : sehari 1x
  • Tinggi Tanaman Akan Datang : tinggi lebih dari 5 meter, tetapi bisa di pendek kan dengan pemangkasan
  • Standar Pemupukan : NPK daun + kompos (usia 1 tahun ke bawah), atau NPK buah + kompos (usia 1 tahun ke atas). Interval sebulan sekali.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *