Bibit Alpukat Wina

Bibit Alpukat Wina – Bibit Tanaman Alpukat Lokal Unggul Dengan Ukuran Jumbo, Citarasa Gurih dan Memiliki Tingkat Produktifitas Tinggi

Alpukat wina merupakan buah alpukat yang tidak asing lagi bagi pecinta tanaman buah alpukat. Yups, alpukat lokal yang satu ini memang dikenal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan alpukat import. Bahkan, Alpukat wina telah menjadi primadona baru asal kota Bandungan, Semarang.

Buah ini sangat digemari dan sudah banyak dicari oleh para pecinta tanaman buah. Itu semua lantaran buah alpukat ini memiliki keunggulan yang komplit.

Alpukat Wina Super

Karakteristik Buah Alpukat Wina

Buah alpukat wina sering disebut alpukat raksasa. Hal ini bukan tanpa alasan, pasalnya alpukat wina mempunyai ukuran buah yang jumbo, bobot satu buahnya bisa mencapai berat 1.3 kg – 1.8 kg/buah lho. Buah alpukat wina berbentuk lonjong sedikit membulat.

Dibalik ukuran buahnya yang besar, Buah alpukat wina juga mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega yang sangat cerah dan cantik. Tekstur dagung buahnya tebal, pulen, dan tanpa serat. Citarasanya lezat gurih, nikmat, tanpa pahit, cenderung sedikit manis, meski disantap segar.

Yang paling istimewa dari alpukat wina adalah memiliki daya tahan yang tinggi dan mampu bertahan 15 hari setelah dipetik, sehingga membuat alpukat ini dapat dikirim ke tempat yang jauh tanpa khawatir buah akan membusuk.

Karakteristik Tanaman Alpukat Wina

Alpukat wina adalah jenis tanaman alpukat lokal unggulan yang berasal dari kabupaten Semarang, Indonesia. Secara fisik, Tanaman pememilik nama ilmiah Persea Americana ini memiliki tampilan yang hampir sama dengan alpukat mentega. Hanya saja, alpukat wina memiliki ciri khas yakni yakni bentuk daunnya yang lebih memanjang dengan ukuran antara 12-25 cm, bunganya tersenbunyi dengan warna hijau kekuningan dengan ukuran antara 5-10 mm.

Alpukat wina unggul Super

Syarat Tumbuh Alpukat Wina

Bibit Alpukat Wina mampu tumbuh optimal di daerah dataran rendah dan dataran tinggi. Namun, agar pertumbuhan baik, maka ketinggian ideal untuk penanaman yakni 200-1.000 meter diatas permukaan air laut. Jenis tanah yang cocok untuk bibit alpukat wina adalah tanah yang gembur dan mengandung banyak unsur hara.

Tanaman alpukat wina dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Tanaman alpukat wina diprediksi akan mulai belajar berbuah setelah berumur 3-5 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Selain itu, Tanaman alpukat wina juga mempunyai tingkat produktifitas cukup tinggi. Saat Pertama kali berbuah, saat tanaman berumur 4 tahunan dengan produksi rata-rata per pohon baru 30-40 kg. Ketika produksi maksimal, alpukat wina bisa mengasilkan buah sekitar 100 kilogram per pohon.

Alpukat Wina super

Informasi Bibit Tanaman Wina

  • Nama : Bibit Alpukat Wina
  • Nama Ilmiah : Persea americana
  • Asal Daerah : Semarang
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : suhu panas maupun dingin
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : kira-kira 3-4 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot)

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 an
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar kurang lebih 300 cm
  • Tips pemberian pupuk (pemupukan) : dilakukan kira-kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Manfaat Buah alpukat Wina

Buah alpukat wina juga kaya akan kandungan gizi seperti Energi, Protein, Lemak, Karbohidrat. Vitamin A, B1, B2, B3 dan B6. Selain itu, buah alpukat wina juga mengandung banyak vitamin C, D, E dan K.

Mengkonsumsi buah alpukat wina secara rutin dipercaya mampu Menjaga Kesehatan dan Kecantikan Kulit, Mengatasi Sembelit dan Membantu Sistem Pencernaan, Mencegah Penyakit Kanker, Melawan Kelelahan dan Menambah Energi, Menjaga Kesehatan Mata, Menjaga Kesehatan Jantung.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *