Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Tanaman » Bibit Alpukat Pluwang
click image to preview activate zoom
Diskon
21%

Bibit Alpukat Pluwang

Rp 75.000 Rp 95.000
Hemat Rp 20.000
Stok Tersedia
Kategori Tanaman
Tentukan pilihan yang tersedia!
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

Bibit Alpukat Pluwang

Bibit Alpukat Pluwang – Bibit Alpukat Unggul Cepat Berbuah Dengan Ukuran Jumbo, Daging Tebal, Mentega dan Pilihan Tepat Budidaya Skala Bisnis

Alpukat pluwang adalah alpukat varietas baru yang sangat populer pada awal tahun 2018 an. Bahkan hingga saat ini, alpukat pluwang ini masih menjadi primadona bagi para pecinta buah alpukat.Buah Alpukat pluwang populer karena mempunyai buah yang berukuran super jumbo. Berat satu buahnya saja bisa mencapai berat hingga 2 kg per buah. Mantap sekali bukan?!.

Bibit alpukat pluwang juga dikenal mempunyai kemampuan adaptasi yang sangat baik, cepat berbuah. Selain itu, bibit alpukat pluwang juga dikenal memiliki tingkat produktfitas yang tinggi sehingga sangat cocok untuk budidaya skala bisnis.

Bibit Tanaman Alpukat Pluwang

Karakteristik Buah Alpukat Pluwang

Alpukat pluwang terkenal dengan ukuran buahnya besar. Bobot satu buah rata-rata mencapai berat 1 – 1.2 kg/buah. Bahkan ada buah alpukat pluwang yang mampu mencapai berat hingga 2 kg per buah. setara dengan tiga kali lipat lebih besar daripada jenis alpukat lokal pada umumnya.

BACA JUGA :   Bibit Alpukat Tanpa Biji

Buah alpukat pluwang berbentuk oval memanjang dengan ujung buah menggelembung, sedangkan pada bagian pangkal, cenderung mengecil. Kulit buah alpukat pluwang berwarna hijau tua dan mengkilap saat sudah matang.

Dari segi tekstur, buah alpukat pluwang mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning. Adapun Tekstur buahnya lebih padat, lembut dan pulen. Sedangkan biji alpukat pluwang punya ukuran yang relatif tidak terlalu besar.

Dari segi rasa, buah alpukat pluwang ini mempunyai rasa yang lebih gurih dan lebih manis jika dibandingkan dengan alpukat lokal. Perpaduan antara rasa gurih dan daging buahnya yang tebal pada alpukat pluwang ini, membuat alpukat pluwang menjadi primadona dan di buru oleh para hobis.

Alpukat Pluwang

Karakteristik Tanaman Alpukat Pluwang

Alpukat Pluwang merupakan jenis alpukat unggulan yang berasal dari daerah dusun pluwang. kecamatan ambarawa kabupaten Semarang. Ada banyak gelar yang di sandang oleh tanaman alpukat pluwang ini, mulai dari Alpukat Hawai Jumbo, Alpukat Green Star, hingga Alpukat Pangeran.

Secara fisik, tanaman alpukat pluwang ini memiliki postur pohon yang tidak terlalu tinggi. Hal ini tentu saja merupakan sebuah keunggulan tersendiri karena dapat memudahkan kita dalam merawat maupun memanen buahnya.

Salah satu ciri khas dari alpukat pluwang adalah Pucuk daun muda alpukat pluwang berwarna cenderung lebih merah. Sedangkan daun alpukat pluwang sudah tua berbentuk cenderung memanjang, daun agak menggulung ke atas dengan bagian tepi sedikit bergelombang.

BACA JUGA :   Bibit Manggis

Tanaman alpukat pluwang dikenal mempunyai tingkat adaptasi yang baik terhadap lingkungan baru. bibit alpukat pluwang dapat tumbuh dengan baik di berbagai ketinggian dan berbagai suhu. Selain itu, tanaman alpukat pluwang ini juga tergolong tahan terhadap serangan hama ulat bulu.

Syarat Tumbuh Alpukat Pluwang

Tanaman alpukat pluwang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian ideal berkisar antara 200 – 1.000 mdpl.

Jenis tanah yang cocok untuk pertumbuhan alpukat pluwang adalah jenis tanah lempung berpasir, lempung liat, dan lempung endapan. Adapun tingkat Keasaman atau p.H tanah yang cocok berkisar antara 5,6 hingga 6,4.

Tanaman alpukat pluwang ini sangat cocok ditanam pada daerah beriklim tropis dengan suhu udara berkisar antara 20 – 35 derajat selsius. Sedangkan Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat pluwang berkisar antara 40% – 80%.

Adapun Jarak tanam ideal yang digunakan dalam budidaya alpukat pluwang adalah 6 meter kali 6 meter, dengan populasi tanam sekitar 278 bibit per Hektar.

Tanaman Alpukat Pluwang

Budidaya Alpukat Pluwang

Budidaya alpukat pluwang tergolong mudah, secara umum perawatan bibit alpukat pluwang hampir sama dengan jenis alpukat lainnya seperti alpukat aligator dan alpukat miki. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan alpukat pluwang antara lain : penyiraman, pemangkasan dan pemupukan.

BACA JUGA :   Bibit Alpukat Sab 034

Tanaman alpukat pluwang ini terkenal akan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Panen buah alpukat pluwang dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 2 – 3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil sambung pucuk.

Keunggulan lainnya adalah Tanaman alpukat pluwang juga terkenal akan tingkat produktifitas yang tinggi. Hal ini dapat terlihat pada saat umur 2.5 tahun sudah mulai berbuah dengan hasil yang cukup banyak, seiring bertambahnya umur, produktifitas alpukat ini semakin meningkat.

Bibit Alpukat Pluwang unggul

Informasi Bibit Tanaman Alpukat Pluwang

  • Nama : Bibit Alpukat Pluwang
  • Nama Ilmiah : Persea americana
  • Asal Daerah : Indonesia
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : suhu panas maupun dingin
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : kira-kira 2-3 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot)

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 an
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar kurang lebih 300 cm
  • Tips pemberian pupuk (pemupukan) : dilakukan kira-kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Demikianlah informasi tentang alpukat pluwang. Dengan sifatnya yang genjah, produktifitasnya yang tinggi serta perawatannya yang tergolong mudah, tak heran jika, alpukat pluwang ini direkomendasikan sebagai jenis alpukat yang cocok untuk budidaya skala komersial.

Tags: , , , , , , , , , , , , , , ,

Bibit Alpukat Pluwang

Berat 1000 gram
Kondisi Baru
Dilihat 389 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: