Bibit Alpukat Miki

Pernahkah anda mendengar tentang Alpukat Miki?. Perkenalkan jenis alpukat unggulan yang dikenal dengan bentuknya yang mungil. Inilah ALPUKAT MIKI.  Mengacu pada popularitas bintang miki Mouse, buah alpukat miki ini memiliki keistimewaan bentuk buahnya yang kecil nan imut.

Buah alpukat miki ini terbilang kecil jika dibandingkan dengan jenis buah alpukat lainnya, seperti alpukat kendil dan alpukat pluwang. Bobot buah alpukat miki rata-rata sekitar 350—600 gram per buah.  Meski berukuran agak kecil, Alpukat miki memiliki kualitas buah yang sangat baik. Daging buahnya berwarna kuning, tebal, pulen dan mempunyai citarasa yang gurih dan legit, serta sedikit manis. 

alpukat miki
alpukat miki
Alpukat Miki adalah jenis tanaman alpukat unggulan yang berasal dari Kelurahan Kukusan, Kota Depok, Jawa Barat. Alpukat miki merupakan hasil dari pengembangan Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB.  Secara fisik, tanaman alpukat pemilik nama latin  Persea Americana ini mempunyai ciri khas yakni bentuk daunnya yang tidak simetris, dan cenderung melengkung. Artinya daun alpukat miki mempunyai bagian sirip daun bagian kanan tidak sama dengan sirip daun bagian kiri. Sebagian lebih lebar dan bagian yang satunya lebih kecil. Sehingga daun akan terlihat melengkung.
 
Alpukat miki termasuk jenis alpukat dataran rendah, bibit alpukat miki ini mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah dengan ketinggian ideal sekitar 10—600 meter di atas permukaan laut. Selain itu, bibit alpukat miki juga dikenal dengan tingkat adaptasi yang baik serta tahan terhadap serangan hama ulat Cricula trisfenestrata.

Tanaman alpukat miki dapat berbuah dalam waktu yang lebih singkat, sekitar 2 – 3 tahun setelah masa tanam. Selain itu, alpukat miki juga tahan terhadap serangan ulat karena kulit buah alpukat ini sangat kuat sehingga sulit ditembus rahang ulat buah.

Buah-alpukat-miki-segar

Untuk perawatan bibit alpukat miki ini tergolong mudah dan tidak memerlukan biaya yang besar. Buat lubang tanam berukuran 40 cm x 40 cm dengan Jarak tanam sekitar 3 m x 3 m sehingga populasi mencapai 1.000 bibit per hektare. Gunakan pupuk dasar berupa campuran pupuk kandang, sekam, dan sejumput NPK ponska dengan komposisi 15:15:5. Dosis pupuk dasar 5 kilogram per lubang tanam.

Untuk perawatan lanjutan, lakukan penyiraman secara rutin, terutama ketika kemarau. Adapun frekuensi penyiraman 2—3 kali per minggu dengan volume 3—5 liter per tanaman.

Setelah 3 bulan pasca tanam, berikan pupuk berupa pupuk kandang, pupuk daun, dan NPK Phonska dengan konsentrasi 3 kg pupuk dilarutkan dalam 8 liter air untuk 2—3 tanaman. Frekuensi penyiraman sebulan sekali.

Semprotkan campuran fungisida dan zat pengatur tumbuh untuk mencegah serangan organisme pengganggu tanaman setiap 2 pekan dengan interval tiga bulan. Adapun saat musim penghujan, frekuensi penyemprotan dilakukan setiap 10 hari sekali. Dosis 4 liter per pohon.

Pada tahun ketiga tanaman mulai berbunga. Tambahkan campuran kalium dan ponska, dosis 2 genggam per pohon. Frekuensi pemberian setiap bulan.

Ketika tanaman sudah berbuah, letakkan jerami di bawah tajuk tanaman. Semprotkan pupuk mikro dengan konsentrasi satu gram per liter. Frekuensi penyemprotan setiap 2 pekan.

Bibit Alpukat Miki

Spesifikasi Bibit Tanaman Alpukat Miki :

  • Nama: Bibit Alpukat Miki
  • Nama Ilmiah: Persea Americana
  • Asal Daerah: Meksiko
  • Asal Bibit: Hasil okulasi, Sambung pucuk
  • Tinggi bibit saat ini: 50cm – 70cm
  • Rekomendasi dataran dan kondisi tempat tumbuh optimal: dataran rendah / iklim panas / suhu 30-35 ° C
  • Kebutuhan sinar matahari: penyinaran sepanjang hari)
  • Masa berbuah: kira-kira 2-3 tahun dengan perawatan optimal
  • Tipe menyetujui: mentransformasikan Tegak
  • Cara konsumsi: dimakan secara langsung dalam kondisi segar, atau diolah
  • Info lain: bibit sudah ditempel dan menunggu bibit berbunga dan berbuah

Selain rasanya yang nikmat , Alpukat miki juga mempunyai 25 kandungan nutrisi penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk vitamin A, Vitamin E dan potasium. Manfaat diantaranya seperti mengurangi resiko stroke , menjaga kesehatan jantung, mencegah kanker, bagus untuk kesehatan mata dan masih banyak lagi tentunya. Sangat bermanfaat bukan? Yuk lekas ambil sebelum Anda menyesal! 

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?