Bibit Alpukat Mentega

Buah alpukat? siapa sich yang gak kenal dengan buah yang satu ini. Buah musiman yang satu ini memang menjadi menu wajib untuk campuran es buah dan jus buah. Perkenalkan jenis tanaman alpukat yang dikenal dengan tampilan dagingnya yang cantik. Inilah ALPUKAT MENTEGA. Sesuai dengan namanya, buah alpukat ini mempunyai daging buah berwarna kuning bersih layaknya warna mentega. Selain itu, Daging buahnya tebal, tekstur buahnya lembut, kenyal, tak berserat dan mempunyai rasa yang gurih dengan aroma khas yang lebih tajam.

Buah alpukat mentega berukuran sedang dan berbentuk bulat dengan bagian pangkal sedikit mengecil sedangkan bagian ujungnya agak membulat. Bobot satu buahnya rata-rata 600 gram/ buah.

Bibit Tanaman Alpukat Mentega

Alpukat mentega adalah jenis tanaman alpukat unggulan yang berasal dari meksiko. Secara fisik, tanaman yang memiliki nama ilmiah Persea americana ini mempunyai tampilan yang hampir sama dengan jenis lainnya seperti alpukat miki.

Syarat tumbuh bibit alpukat mentega adalah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian ideal berkisar antara 200 – 1.200 mdpl. Jenis tanah yang cocok untuk bibit alpukat mentega adalah tanah yang gembur dan banyak mengandung unsur hara. Kondisi lingkungan yang disukai bibit alpukat mentega ini adalah lingkungan suhu antara 15 – 30 derajat Celcius dengan curah hujan 5 sampai 6 bulan basah.

Alpukat Mentega

Tanaman alpukat mentega dikenal mempunyai sifat yang genjah atau mudah berbuah. Pohon alpukat mentega diprediksi mulai belajar berbuah saat usia 2 – 3 tahun dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau sambung pucuk.

Tanaman alpukat mentega juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang cukup tinggi. Dalam satu tahun, pohon alpukat mentega ini dapat dipanen minimal 2 kali. Adapun produksi pohon yang sudah dewasa bisa mencapai 350-450 buah /pohon atau sekitar 225 kg/tahun.

Bibit Alpukat Mentega

Spesifikasi Bibit Tanaman Alpukat Mentega :

  • Nama: Bibit Alpukat Mentega
  • Nama Ilmiah: Persea americana
  • Asal Daerah: Meksiko
  • Asal Bibit: Hasil okulasi / Sambung pucuk
  • Tinggi Tanaman: 50cm – 70cm
  • Rekomendasi Dataran: Dataran Rendah / Dataran Tinggi, Ketinggian 200 – 1.200 m dpl.
  • Kondisi tempat tumbuh optimal: Iklim Tropis
  • Kebutuhan sinar matahari : penyinaran penuh sepanjang hari
  • Tips penyiraman: dua kali dalam sehari
  • Tips pemberian pupuk : dilakukan kira kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun
  • Info Lain: Bibit sudah ditempel, tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah

Alpukat mentega sangat rekomended sebagai salah satu peluang bisnis dalam budidaya tanaman. Tertarik untuk bertanam Alpukat mentega? Yuks tanam sendiri bibit alpukat mentega dan rasakan sensasi memetik dan menyantap buah alpukat langsung dari pohonnya.

Leave A Comment

Don`t copy text!