Bibit Alpukat Kendil

Sesuai dengan gelar yang disandangnya, buah alpukat kendil ini memiliki keunggulan ukuran buahnya yang besar, menggelembung dibagian bawah layaknya sebuah periuk kendil. Berat satu buah alpukat kendil ini rata-rata mencapai 600 gram / buah, bahkan pernah ada yang mencapai 1,8 kg / buah lho. Tidak mengherankan jika alpukat kendil menjadi salah satu buah yang paling banyak dicari masyarakat.

Untuk soal rasa? sudah pasti juaranya !. Buah alpukat kendil ini memiliki rasa yang mantap dengan teksturnya yang lembut dan manis dengan daging buah yang sangat tebal. Yang lebih menariknya lagi adalah buah alpukat kendil ini memiliki biji yang cenderung kecil.

Tanaman alpukat kendil merupakan salah satu varietas tanaman alpukat unggulan yang merupakan hasil persilangan antara tanaman alpukat Kendal dengan tanaman alpukat Gunung Pati (Semarang). Secara fisik, tanaman alpukat kendil mempunyai ciri khas d+yakni bentuk daunnya yang cenderung membulat, berwarna hijau tua saat sudah tua dan mempunyai tekstur yang cenderung kaku.

Selain itu, Buah alpukat kendil memiliki warna kulit yang tampak tua, namun tidak berubah menjadi cokelat atau biru dan cenderung tidak mengkilap. Jika buah alpukat kendil di ketuk dengan punggung kuku, maka akan menarik bunyi yang cukup nyaring, kemudian sebaliknya buah alpukat kendil di goyang-goyang maka akan terdengar suara goncangan bijinya.

Pohon alpukat kendil memiliki tinggi 5-6 meter dan umumnya akan mulai berbuah pada umur sekitar 3 sampai 4 tahun setelah masa tanam jika bibit berasal dari perbanyakan vegetative (okulasi ataupun sambung pucuk).

Informasi Tanaman Alpukat kendil :

  • Nama: Bibit Alpukat Kendil
  • Nama Ilmiah: Persea americana
  • Asal Daerah: Semarang, Indonesia
  • Asal Bibit: Hasil okulasi / Sambung pucuk
  • Tinggi Tanaman: 50cm – 70cm
  • Rekomendasi Dataran: Dataran Rendah / Dataran Tinggi, Ketinggian 200 – 1.500 m dpl.
  • Kondisi tempat tumbuh optimal: Iklim Tropis
  • Kebutuhan sinar matahari: sinar matahari penuh (penyinaran sepanjang hari)
  • Tipe melampaui: transisi naik
  • Masa berbuah: 3-4 tahun
  • Cara Konsumsi: dimakan langsung dalam kondisi segar / dibuat berbagai olahan.
  • Info Lain: Bibit sudah ditempel, tinggal menunggu bibit berbunga dan berbuah

Buah alpukat kendil memiliki kandungan vitamin E dan asam folat yang sangat bermanfaat untuk tubuh, selain itu daun alpukat juga dapat digunakan sebagai obat tradisional yang bisa mengobati penyakit batu ginjal dan rematik. Buah alpukat juga dikenal memiliki banyak manfaat antara lain : Menjaga kesehatan jantung , Mencegah diabetes , Membantu penyerapan gizi , Mencegah peradangan sendi dan masih banyak lagi tentunya.

Membudidayakan alpukat kendil ini menguntungkan, karena selain adaptif terhadap lingkungan, tanaman alpukat kendil ini juga terkenal memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Bagaimana tertarik untuk membudidayakan alpukat jumbo ini ?. Tunggu apalagi, Buruan ambil Bibit Alpukat Kendil sekarang Juga !.

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?