Bibit Alpukat Cuba

Bibit Alpukat Cuba – Bibit Tanaman Alpukat Unggul Dari Vietnam Yang Cepat Berbuah Dengan Ukuran Jumbo dan Memiliki Produktifitas Tinggi

Alpukat cuba merupakan varietas alpukat yang satu ini ini memang sempat bomiing bersamaan dengan maraknya varietas alpukat asal vietnam yang masuk ke Indonesia. Sebut saja alpukat red vietnam, alpukat bo khong ten dan alpukat reed.

Alpukat cuba termasuk jenis alpukat jumbo yang dikenal memiliki kualitas yang istimewa. Bahkan Alpukat Cuba ini pernah memiliki gelar juara 1 dalam kontes alpukat lezat di vietnam.

alpukat cuba

Karakteristik Buah Alpukat Cuba

Buah alpukat cuba dikenal mempunyai ukuran buah yang besar. Bobot satu buah alpukat cuba berkisar antara 500 – 1000 gram per buah. Adapun Bentuk buahnya bulat sedikit lonjong dengan bagian bawah membesar. Kulit buahnya berwarna merah saat sudah matang.

Dari segi tekstur, Buah alpukat cuba mempunyai daging yang sangat tebal dengan presentase mencapai 80% dari keseluruhan buah. Daging buahnya berwarna kuning mentega. Tekstur buhanya lembut, tanpa serat dan pulen dengan kandungan air yang juga rendah.

Untuk soal rasa?, buah alpukat cuba mempunyai citarasa yang gurih, lezat, nikmat serta memiliki aroma khas buah alpukat yang harum.

Dengan kualitas yang dimiliki, tak heran alpukat cuba ini pernah menyabet juara 1 dalam kontes alpukat lezat di musim alpukat Dak Nong pada tahun 2018.

Mengenal alpukat cuba

Karakteristik Tanaman Alpukat Cuba

Alpukat cuba merupakan salah satu jenis tanaman unggul yang berasal dari Vietnam. Banyak yang mengira Alpukat Cuba Berasal Dari negara Vietnam tetapi sebenarnya alpukat ini berasal dari negara Perancis. Karena alpukat cuba pertama kali di uji di Vietnam dan lebih banyak pembudidaya di negara Vietnam dari pada di negara asal yaitu Perancis.

Pada tahun 2012 ada sebuah perusahaan swasta dari Perancis yang membawa Alpukat Cuba atau dalam bahasa Vietnam bisa disebut giống bơ Cuba dalam sebuah program seminar untuk mempromosikan dan memperkenalkan Alpukat Cuba ini.

Secara fisik, tanaman yang memiliki nama vietnam giống bơ Cuba ini hampir sama seperti jenis pohon alpukat yang lain. Hanya saja ukuran pohon alpukat cuba tidak terlalu tinggi. Tajuk pohon alpukat ini juga tidak terlalu panjang, dengan kanopi pohon yang lebih pendek dari jenis alpukat kebanyakan akan sangat memungkinkan untuk mengurangi jarak tanam.

Tanaman alpukat cuba memiliki Ciri khas yakni daun alpukat cuba memiliki warna hijau tua dengan bentuk yang oval memanjang. Bagian ujungnya lancip dengan tekstur yang cukup tebal.

Keunggulan lainnya adalah alpukat cuba dikenal memiliki kemampuan adaptasi yang baik, bibit alpukat cuba mampu tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain itu, alpukat cuba juga telah terbukti mampu berbuah pada iklim Indonesia.

Syarat Tumbuh Alpukat Cuba

Bibit alpukat cuba cocok ditanam di daerah dataran menengah dengan elevasi sekitar 300 – 700 mdpl. Adapun pH tanah untuk bibit alpukat cuba biasanya ada di kisaran 5-6 untuk pertumbuhan dan pembuahan optimal.

Alpukat Kuba paling cocok untuk ditanam di tanah merah basal, tanah harus dikeringkan dengan baik, tidak tergenang atau terlalu banyak kekeringan. Sedangkan Curah hujan rata-rata dari 1200 – 1500mm / tahun. Area penanaman alpukat harus tinggi, angin sepoi-sepoi, bebas dari embun beku dan cuaca buruk lainnya.

alpukat cuba

Budidaya Alpukat Cuba

Budidaya alpukat cuba tergolong mudah dan tidak memerlukan banyak biaya. Adapun beberapa hala yang perlu dilakukan antara lain penyiraman, pemupukan dan pemangkasan.

Proses penyiraman secara rutin setiap hari, cukup sehari sekali agar kelembapan tanah tetap terjaga. Lakukan juga penyiangan jika memang rumput liar serta gulma di sekitar pohon sudah tumbuh tinggi.

Pemberian pupuk juga sangat penting, lakukan secara rutin setiap 4 bulan sekali menggunakan pupuk kandang yang sudah terfermentasi. Bisa juga menggunakan pupuk NPK berimbang dengan dosis 1 sendok makan setiap satu bulan sekali.

Pemangkasan cabang juga perlu dilakukan untuk mengatur arah pertumbuhan pohon. Untuk membuahkan alpukat juga pemangkasan perlu dilakukan, yang penting sudah terprogram untuk membuahkan alpukat.

Masa Panen Alpukat Cuba

Alpukat cuba termasuk jenis tanaman unggulan yang dikenal dengan sifatnya yang genjah atau cepat berbuah, dengan perawatan yang baik, tanaman alpukat cuba dapat mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okaulsi atau sambung pucuk.

Selain itu, tanaman alpukat cuba juga mempunyai tingkat produktifitas yang tinggi. Tingkat produktifitas alpukat cuba juga snagat tinggi, di Vietnam Saat memasuki usia produktif, satu pohon alpukat cuba mampu menghasilkan buah sebanyak 100 kg per tahun.

Informasi Bibit Tanaman Cuba

  • Nama : Bibit Alpukat Cuba
  • Nama Ilmiah : Persea americana
  • Asal Daerah : Vietnam
  • Bibit Berasal: Hasil Okulasi
  • Ukuran bibit saat ini : 50 cm – 70 cm
  • Rekomendasi dataran : dataran rendah – tinggi
  • kondisi tempat tumbuh optimal : suhu panas maupun dingin
  • kebutuhan sinar matahari : Full sun ( penyinaran sepanjang hari )
  • Kapan berbuah : kira-kira 3-4 tahun
  • Info lain : bibit sudah ditempel dan siap menunggu bibit berkembang dan berbuah

jika dibudidayakan di dalam pot ( Tabulampot)

  • Rekomendasi ukuran pot : diameter > 60 an
  • Media tanam yang digunakan : tanah humus atau tanah kompos
  • Intensitas penyiraman : satu kali dalam sehari
  • Ilustrasi tinggi tanaman ketika tumbuh besar kurang lebih 300 cm
  • Tips pemberian pupuk (pemupukan) : dilakukan kira-kira 30 hari sekali. menggunakan pupuk NPK Daun.

Demikianlah informasi tentang alpukat cuba, Varietas alpukat unggulan yang berasal dari vietnam yang dapat dibudidayakan di Indonesia dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *