Ayam Batik Kanada – Ayam Kate Dengan Corak Cokelat Keemasan Yang Jadi Pujaan Baru Para Penggemar Ayam Hias

Ayam Batik Kanada – Ayam Kate Dengan Corak Cokelat Keemasan Yang Jadi Pujaan Baru Para Penggemar Ayam Hias

Ayam Batik Kanada – Corak warnanya yang coklat keemasan yang tersusun rapi pada tumpukan bulu-bulunya yang halus, membuat ayam batik ini menarik mata para penggemar ayam hias. Yaps, benar saja, akhir-akhir ini Ayam batik kanada memang mulai banyak dikenal dan diburu dikalangan para pehobi ayam hias.

Ayam batik Kanada memang dukenal mempunyai keunikan tersendiri jika dibandingkan dengan pada ayam lain. Corak batik yang indah dan mempesona membuat mata kita senang untuk melihatnya.

Ditambah lagi dengan ukuran tubuhnya yang mungil, membuat penampilan ayam yang berasal dari Inggris ini kian unik dan menggemaskan.

Ayam Batik kanada

Ayam Batik Kanda

Ayam batik kanada dikenal dengan bulu-bulnya yang memiliki motif batik yang cantik yakni perpaduan antara warna coklat keemasan hitam dan merah.

Dari segi postur, sekilas ayam batik kanada ini memiliki kemiripan dengan ayam kate. Tinggi dan berat ayam ini memang berukuran mini. Rata-rata berat badan ayam batik kanada jantan adalah sekitar 600 gram, dan untuk betina sekitar 500 gram.

Selain itu, ayam batik kanada dikenal memiliki sifat yang agresif, lincah dan rajin bergerak. Tak heran, banyak orang membeli ayam ini untuk dinikmati keindahannya dan sebagai hobi.

Sedangkan untuk membedakan Antara ayam jantan dan betina dapat dilihat dari pial atau jenggernya dan dari postur tubuhnya yang lebih besar untuk pejantan.

Ayam Batik kanada

Sejarah Ayam Batik Kanada

Ayam Batik Kanada bukanlah jenis ayam asli dari Indonesia. Menurut informasi, Ayam Batik Kanada termasuk jenis ayam pendatang yang berasal dari Inggris. Ras ayam ini dikembangbiakkan oleh Sir John Sebright.

Di Indonesia, ras ayam hias ini disebut ayam batik lantaran punya motif hampir sama dengan motif kain batik.

Menurut cerita masyarakat, Ayam Batik Kanada memang sudah ada di Indonesia sejak dahulu, hanya saja yang memiliki hanya orang-orang tertentu saja.

Konon orang-orang menjadikan ayam batik Kanada untuk mereka konsumsi. Beberapa waktu kemudian orang-orang mulai tahu dan sadar bahwa ayam tersebut merupakan ayam hias yang mempunyai harga jual yang tinggi.

Perawatan Ayam Batik Kanada

Meski termasuk kategori ayam pendatang, perawatan ayam batik kanada cukup mudah karena perawatannya sama dengan ayam kampung biasa. Untuk menjaga bulunya tetap bagus dan mengkilap, ayam batik kanada harus jauh dari air.

Kandang ayam batik kanada sebaiknya mempunyai penutup. Selain melindungi dari air hujan, ayam juga bisa mengerami telurnya di kandang ini.

Saat siang hari, sebaiknya ayam batik kanada dibiarkan bebas di luar kandang. Tujuannya, supaya ayam tidak stres serta mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk mendukung perkembangan serta daya tahan tubuh ayam.

Produktifitas Ayam Batik Kanada

Usia produktif ayam batik Kanada yang sudah siap untuk dikawinkan pada usia sekitar 5 sampai 6 bulan. Tetapi akan lebih bagus lagi bila usia ayam berkisar 8 bulan sampai 12 bulan sudah mulai dikawinkan karena akan menghasilkan anakan ayam batik yang kuat sehingga tidak mudah tertular penyakit.

Ayam batik kanada dikenal mempunyai tingkat produktivitas yang cukup tinggi. Dalam Sekali produksi, ayam batik kanada mampu menghasilkan 8-15 butir telur dalam sekali periode bertelur. Adapun Periode bertelur per tahun bisa 6-7 kali setahun.

Jika ayam batik Kanada hanya bertugas bertelur tanpa harus mengerami dan mengasuh anak-anaknya maka ayam ini mampu bertelur lebih sering lagi dan akan semakin banyak hasil telur yand didapat.

Demikianlah informasi tentang ayam batik kanada. Ayam batik kanada dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang hendak mengoleksi ayam hias. Ayam batik kanada ini sangat menarik untuk dijadikan hewan peliharaan. Selain postur badannya yang tergolong mungil. Ayam batik kanada ini juga memiliki tampilan bulu yang cantik. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *