Anggur Ninel, Jenis Anggut Import Yang Terkenal Gampang Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

mengenal anggur ninel

Anggur Ninel merupakan salah satu jenis anggur meja atau table grape yang menjadi primadona bagi para penikmat buah khususnya buah anggur. Buah Anggur Ninel ini dikenal mempunyai tampilan buah yang cantik dan punya rasa manis khas yang meyegarkan.

Selain menjadi konsumsi pribadi, tanaman anggur Ninel juga menjadi salah satu jenis anggur yang paling banyak diburu dan dibudidayakan oleh masyarakat. Hal ini bukan tanapa alasan, pasalnya, jenis anggur import ninel ini termasuk varietas tanaman anggur yang mampu berbuah dengan lebat dan mampu berbuah sampai dengan kematangan sempurna di iklim Indonesia.

mengenal anggur ninel

Karakteristik Buah Anggur Ninel

Buah anggur ninel adalah salah satu jenis anggur meja yang dikenal dengan tampilan buahnya yang cantik. Saat sudah matang, buah anggur ninel berwarna merah keungguan. Buah anggur varietas Ninel mempunyai bentuk bulat sedikit melonjong. Adapaun berat satu butirnya berkisar antara 12-15 gram per buah.

Daging buah anggur ninel berwarna transparan dengan kepadatan daging buah sedang. Tekstur buahnya juicy karena punya cukup air. Buah anggur varietas ninel punya kulit buah yang tipis namun memiliki daya simpan buah pasca panen yang terbilang sangat bagus.

Untuk soal rasa?, buah anggur ninel mempunyai citarasa manis yang bercampur dengan sedikit rasa asam dengan tingkat kemanisan mencapai 17-18% briks.

Karaketristik Tanaman Anggur Ninel

Anggur Import ninel adalah salah satu jenis tanaman anggur unggulan yang berasal dari Negara Ukraina. Tanaman Anggur ninel ini dikenal vigor dengan tipe pertumbuhan akar, batang dan daun yang sangat baik. Selain itu, Anggur ninel juga memiliki semak-semak yang kuat.

Salah satu ciri khas dari anggur ninel ini adalah bentuk daunnya yang memiliki 3 – 4 cabang dengan ujung-ujung yang tidak terlalu runcing. Adapun ukuran daunnya cukup lebar meskipun batangnya berukuran kecil.

Tanaman anggur varietas ninel menjadi salah satu jenis tanaman yang tahan dari penyakit tanaman. Tanaman anggur import ini juga tergolong tahan terhadap infeksi mildew dengan poin di angka 3 – 3,5 points.

Anggur ninel adalah salah satu varietas buah anggur yang mudah beradaptasi dengan lingkungan. Selain itu, proses perawatan tanaman anggur ninel ini tergolong sangat gampang. Hal ini akan cocok bagi anda para pemula dan bahkan para profesional dalam bidang bercocok tanam.

mengenal Anggur ninel

Syarat Tumbuh Anggur Ninel

Tanaman anggur ninel dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran rendah hingga dataran tinggi. Tanaman Anggur ninel sangat menyukai jenis tanah lempung berpasir. Derajat keasaman pH yang paling cocok untuk tanaman anggu ninel adalah pH sekitar 6,5-7.

Tanaman anggur ninel membutuhkan intensitas penyinaran dari matahari yang cukup tinggi dan perlu didukung dengan musim kemarau cukup panjang berkisar 4 – 7 bulan agar mampu tumbuh dengan baik.

Curah hujan yang dibutuhkan tanaman anggur ninel ini hanya 800 mm per tahun. penyiraman yang berlebihan justru dapat mengganggu proses pembuahannya. Adapun suhu yang ideal untuk pertumbuhan anggur ninel berkisar antara 23 – 31°C dengan tingkat kelembapan udara antara 75-80%.

Mengenal Anggur Ninel

Budidaya Anggur Ninel

Anggur ninel termasuk jenis anggur yang bersifat genjah. Dengan perawatan yang baik, tanaman anggur ninel dapat mulai berbuah saat berumur 1 – 2 tahun setelah tanam. Adapun masa pematangan buah berkisar antara 120 hingga 130 hari.

Tanaman anggur ninel terbilang sebagai salah satu varietas anggur yang berbuah lebat dan mampu menghasilkan tandan buah yang besar. Bobot satu tandan buahnya bisa mencapai berat 1.000 – 3.000 gram. Bahkan konon kabarnya, Tanaman anggur ninel ini dapat dipanen hingga 3 kali dalam 1 tahun.

Tanaman anggur ninel juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tergolong tinggi. Saat usia tanaman anggur ninel berumur di atas 5 tahun, Dalam satu panen, tanaman anggur ninel ini mampu menghasilkan buah sekitar 50 – 70 kilogram. Hal ini tentunya akan menjadi pertimbangan tersendiri bagi anda yang hendak membudidayakan anggur ninel sebagai lahan bisnis.

Buah anggur ninel

Spesifikasi Bibit Tanaman Anggur Ninel :

  • Nama Varietas : Anggur Ninel
  • Nama Ilmiah : –
  • Asal Daerah : Negara Ukraina
  • Asal Bibit : Hasil Stek batang / okulasi
  • Rekomendasi Tempat Tumbuh : Dataran rendah hingga dataran tinggi
  • Usia Produktif : 1-2 Tahun

Keunggulan buah anggur ninel lainnya adalah ketahanannya yang cukup lama setelelah dipanen meskipun dengan kulit buah yang tipis. Salah satu daerah yang terkenal dengan budidaya buah anggur ninel adalah kota Bantul, Yogyakarta.

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*