Aneka Jenis Bibit Tanaman Buah Yang Cocok Untuk Dibudidayakan di Dataran Rendah

Jenis – Jenis  Bibit Tanaman Buah Dengan Rasa Paling manis dan Paling Cocok Untuk Dibudidayakan di Dataran Rendah

Sebagai penghobi atau penyuka tanaman buah yang tinggal di dataran tinggi, mungkin tidak akan mengalami kesulitan dalam memilih jenis-jenis bibit tanaman buah yang cocok di tanaman di dataran tinggi. Namun hal ini akan berbeda cerita jika kita masih pemula yang tinggal di dataran rendah, akan tetapi ingin mencoba untuk membudidayakan tanaman buah dipekaran rumah atau ingin dibuat tabulampot.

Dalam mementukan jenis – jenis bibit tanaman buah yang akan kita budidayakan, sangatlah penting melihat berdasarkan habitat asal / syarat tumbuh bibit tanaman tersebut. oleh sebab itu kita harus memperhatikan bagaimana jenis dan sifat tanaman buah yang sesuai di dataran rendah dan apabila anda yang belum pernah mengetahui jenis tanaman buah yang seperti apa yang cocok di tanam di dataran rendah.

Berikut ini beberapa jenis tanaman buah yang paling cocok untuk di bididayakan di dataran rendah antara lain :

1. Leci Kom
Tanaman Buah Leci Kom bisa tumbuh dan berbuah dataran rendah. tanaman buah ini memang biasa diolah menjadi permen sirup, selai, makanan kaleng, es buah, roti dan lain sebagiannya. karena rasanya yang sangat manis dan segar membuah buah ini banyak diolah menjadi makanan serta minuman dengan kandungan yang baik untuk tubuh. buah leci Kom juga memiliki manfaat kesehatan antara lain untuk mencegah terjadinya penyakit animeia. karena manfaat yang besar ini, membuat adanya peluang besar bagi para petani buah leci Kom untuk membudiayakan buah tersebut.

Buah Leci Kom
Buah Leci Kom

2. Tanaman Buah Apel
jenis buah yang dapat ditanam pada dataran rendah lainnya adalah buah apel india. kalau biasanya buah apel hanya dapat di tnaman di dataran tinggi, berbeda dengan apel india ini ynag dapat ditanam pada dataran rendah. buah berbentuk lonjong menyerupai telur bebek dan berwarna hijau kekuningan yang memiliki rasa yang manis. teksturnya sangat lembut sekali dan muda dicari dan biasanya diolah menjadi dodol juga sirup.

3. Tanaman Buah Jeruk
Tanaman buah jeruk merupakan salah satu jenis tanaman buah yang cocok dibudidayakan di dataran rendah. di negara kita, pembudidayaan tanaman buah jeruk cukup banyak karena buah jeruk ini dapat ditanam dengan menggunakan media tanah lempung atau juga lempung berpasir ynag memiliki kandungan unsur makro serta mikro yaitu PH 5,6 – 7 dan suhu udara 20 – 33 derajat celcius.

Buah jeruk ini sendiri juga memiliki banyak varian jenisnya, adapun jenis – jenis jeruk antara lain :

  • Jeruk Keprok
    Tanaman buah Jeruk keprok berbentuk bulat dan berwarna orange. pada bagian kulit jeruk keprok sangat tipis dan bagian dalamnya berwarna putih sena berserabut. Daging buah jeruk keprok agak tebal. buah jeruk keprok memiliki khasiat yang sangat banyak sekali antara lain : dapat menurunkan hipertensi. menurunkan berat badan, dan mengatasi sariawan.
  • Jeruk Manis / Siam
    Jeruk yang satu ini juga berwarna orange dan mempunyai kulit yang tipis namun daging buahnya tebal. Jeruk siam memiliki keunggulan pada rasa yang sangat manis. Jenis buah jeruk ini juag memiliki manfaat untuk kesehatan antara lain : mengatasi sariawan, dapat menjaga kesehatan gusi dan juag untuk kecantikan.
  • Jeruk Purut
    Tanaman Buah Jeruk Purut memiliki ciri khas pada buahnya yang berwarna hijau tua, pada bagian kulit memiliki tektur yang berkeriput serta rasanya juga tidak manis. Jeruk purut sering dijadikan sebagai rempah – rempah masakan. selain itu, jeruk purut memiliki khasiat dapat mengatasi sariawan, mengatasi sakit batuk dan mengatasi masalah kulit.
  • Jeruk Nipis
    Jeruk nipis berbentuk Ionjong dan runcing dengan warna hijau dan bagian kulitnya tebaI. Jeruk nipis memiliki rasa yang sangat kecut dan masam sehingga banyak menggunakan jeruk ini sebagai rempah rempah masakan. jeruk nipis memiliki khasiat untuk mengatasi sakit batuk dan menurunkan berat badan.
  • Jeruk Santang
    Tanaman Jeruk Santang ini identik dengan Hari Raya Imlek. Tanaman buah pemilik nama latin Citrus sp ini tersohor akan rasa buah yang manis, tak heran, jika jeruk ini disebut jeruk santang madu atau jeruk madu. Buahnya berukuran relatif kecil, kulitnya berwarna orange terang jika sudah matang dan daging buah yang juicy dengan sedikit biji di dalamnya.
  • Jeruk Sunkist
    tanaman buah jeruk sunkist ini terkenal akan kandungan air yang tinggi. Buahnya berbentuk bulat, berukuran kecil unik dan berwarna orange, di tambah lagi rasanya yang manis serta juicy membuat pecinta jeruk selalu menanti kedatangannya.
  • Jeruk Kintan
    Tanaman jeruk kintan ini merupakan varietas jeruk yang terbilang unik, karena buahnya dapat dimakan langsung beserta dengan kulitnya tanpa harus mengupasnya. Buah jeruk kintan berukuran kecil, berbentuk bulat (oval), Kulit jeruk ini memiliki rasa yang manis sementara daging buahnya berasa masam.

4. Tanaman Buah Mangga
Tanaman Buah Mangga juga merupakan tanaman buah dataran rendah yang sudah sangat sering dijumpai dibudidayakan oleh masyarakat indonesia. Buah Mangga memiliki keunggulan pada perawatan tanaman buah ini yang tergolong mudah. kita biasanya sering membudidayakan di pekarangan rumah atau di dalam tabulampot.

Tanaman buah mangga dataran rendah ini memiliki beberapa jenis antara lain :

  • Mangga Golek
    Tanaman Buah Mangga Golek memiliki bentuk ?sik pohon yang kecil dan juga tidak begitu tinggi kemudian memiliki tajuk yang buIat. Bentuk daunnya Ionjong dan bagian pangkalnya runcing serta bagian ujungnya seperti mata tombak. tepi daun juga bergelombang dan pada permukaan kulit mangga golek ini terdapat bintik putih pada saat buah masih mudah dan ketika buah telah masak‘ bintik tersebut akan berubah menjadi coklat. Tanaman Mangga golek ini mempunyai daging buah yang berwarna kuning tua dan rasanya sangat manis kemudian terdapat aroma yang sangat harum.
  • Mangga Arumanis
    Tanaman mangga arumanis yang juga memiliki aroma harum serta rasa yang begitu manis. Jenis mangga ini memiliki bentuk bentuk ?sik pohon dengan ketinggian kurang lebih 9 meter dan memiliki daun yang sangat lebat. Adapun bentuk daunnya berukuran besar dan memanjang. Pada permukaan kulit buah terdapat lapisan Iilin yang membuat asik buah ini nampak kelabu.  
  • Mangga Manalagi
    Tanaman Buah Mangga Manalagi yang memiliki buah dengan rasa manis. segar. serta terdapat aroma harum. Buah mangga manalagi ini tetap terasa manis meski buannya belum masak sehingga banyak juga yang mengonsumsinya saat masih mentah atau setengah matang.
  • Mangga Namdokmai Golden
    Tanaman Mangga Namdokmai Golden tersohor karena mempunyai daging buah dengan tekstur yang lembut, empuk dengan sedikit serat bahkan hampir tanpa serat. Buahnya memiliki rasa yang sangat manis serta bijinya juga sangat tipis. Mangga Namdokmai Golden ini juga memiliki produktivitas yang tinggi.
  • Mangga Garifta
    Tanaman buah Mangga Garifta ini berasal dari Desa Cukurgondang Kecamatan Grati Kabupaten Pasuruan. Indonesia. Buah mangga garifta ini memiliki tampilan yang memikat mata. Buahnya berwarna merah keungguan. Buah mangga garifta berbentuk yang agak lonjong dan berparuh, daging buahnya bertekstur lembut, agak berserat dengan aroma mangga sedang kuat. Buahnya juga mempunyai rasa yang sangat manis.
  • Mangga Yu Wen
    Tanaman buah buah mangga Yu Wen ini memiliki buah dengan tampilan yang unik, buahnya berwarna kuning cerah hingga merah pekat. Buah Mangga Yu wen berbentuk bulat lonjong dengan daging yang tebal dan bijinya yang super tipis, rasanya manis agak asam dengan tekstur yang lembut.
  • Mangga Gedong Gincu
    Tanaman Buah Mangga Gedong Gincu terkenal karena memiliki bentuk yang imut-imut nan lucu. Buahnta berukuran sedang, seukuran buah pear. Kulit buahnya berwarna kuning kemerahan saat matang. Daging buahnya bertekstur lembut, berserat dengan rasa manis asam segar, juicy.
  • Mangga Irwin
    Tanaman Buah Mangga Irwin memiliki keunggulan buahnya yang berwarna merah keungu-unguan. Buah mangga irwin ini juga memiliki rasa yang nano-nano yakni perpaduan antara rasa manis dan asam, tapi tetap nikmat dan lezat.
  • Mangga Mahatir
    Tanaman Buah Mangga Mahatir terkenal karena memiliki ukuran buah yang super jumbo dengan berat bisa mencapai 2,5 – 3 kg per buah. Buahnya berbentuk bulat lonjong deng ujung menyerupai paruh burung pada ujung buahnya. untuk Soal rasa?? buah mangga ini mempunyai rasa manis tanpa serat dan lezat.

5. Tanaman Buah Rambutan
Tanaman buah pada dataran rendah selanjutnya adalah buah rambutan. Buah ini biasanya juga nampak terlihat pada pekarangan rumah. Jika buah rambutan tumbun dengan subur dan banyak anda jumpai di pekarangan rumah itu berarti cara menanam buah ini tidaklah susah. Buah rambutan biasanya juga sering diolah menjadi makanan. minuman, manisan. dan lain sebagainya. Oleh sebab itu jika anda berada di dataran rendah. anda pun dapat mencoba untuk membudidayakan jenis tanaman buah ini.

Tanaman buah Rambutan dataran rendah ini memiliki beberapa jenis antara lain :

  • Rambutan Rapiah
    Jenis rambutan ini memiliki warna sedikit hijau. sedikit kuning. dan sedikit merah. Bentuk rambutnya sangat pendek dan juga kasar kemudian ?siknya tidak menarik namun rasa daging buahnya sangat manis. tebal. dan kenyal.
  • Rambutan Binjai
    jenis rabutan binjai berwarna merah tua dan bahkan terlihat seperti merah darah. bagian rambutnya sangat jarang dan berukuran panjang kemudian daging buahnya terasa sangat manis juga bertektur tebal dan kenyal.

6. Tanaman Buah Jambu Biji
Buah jambu adalah salah satu jenis tanaman buah dataran rendah yang dapat dibudidayakan dengan baik. Khasiat dari buah jambu ini sangat banyak sekali sehingga banyak pedagang buah yang tidak ketinggalan dengan jenis buah dataran rendah ini. Biasanya buah jambu ini juga dapat dijumpai di pekarangan rumah dan itu menandakan bahwa buah jambu ini tidak sulit dalam perawatannya.

Tanaman buah Jambu Biji dataran rendah ini memiliki beberapa jenis antara lain :

  • Jambu Biji Kristal
    Tanaman Buah Jambu Biji Kristal ini terkenal memiliki keunggulan rasanya yang manis segar. Daging buahnya berwarna putih, tebal, teksturnya renyah. kres,kres banget pokoknya. Keunggulan lainnya adalah daging buahnya gak memiliki biji yang tidak didapat pada jambu biji jenis manapun.
  • Jambu Biji Sukun Merah
    Tanaman Buah Jambu Sukun Merah memiliki keistimewaan dagingnya mempunyai warna pink kemerah-merahan. Daging buahnya tebal, bertekstur renyah. Buah jambu biji ini juga tidak memiliki biji.
  • Jambu Biji Getas Merah
    Tanaman Buah Jambu Biji Getas Merah terkenal karena memiliki tingkat produktifitas yang tinggi dan kemampuan berbuah sepanjang tahun. Buahnya berdaging hijau sampai kekuning-kuningan dan berisi merah muda. jambu ini bentuknya agak melonjong dengan rasa yang manis.
  • Jambu Biji Merah Australia
    Tanaman Buah Jambu Merah Australia ini memiliki tampilan yang terbilang unik. Hampir semua bagiannya berwarna merah mulai dari batang, daun, bahkan buahnya juga berwarna merah. Buahnya berukuran besar, daging buahnya yang tebal serta rasanya yang manis.

7. Tanaman Buah Nanas
Tanaman Nanas juga merupakan buah yang dapat tumbuh di dataran rendan. Banyak orang yang beranggapan bahwa menanam buah nanas ini sangat sulit. Padahal proses penanaman hingga perawatannya pun dapat dilakukan dengan sangat mudah. Buah yang kaya akan sumber vitamin dan mineral ini dapat tumbuh subur di dataran rendah.

8. Tanaman Buah Sirsak
Buah Sirsak memiliki daging bewarna putih dan berbiji hitam. buah ini memiliki khasiat yang sangat besar yaitu dapat mencegah terjadinya kanker dan penyakit Iainnya. Olen sebab itu, banyak sekali produk produk obat obatan herbal yang dibuat dari bahan dasar sirsak ini baik mulai dari daun. kulit dan buah. Karena manfaatnya yang begitu besar tersebut membuat harga jual buah sirsak juga semakin tinggi. Olen sebab itu jika anda tinggal di dataran rendah maka tidak ada salahnya untuk mencoba membudidayakan buah sirsak. Perawatan buah sirsak pun dapat dilakukan dengan sangat mudah.

9. Tanaman Buah Kelengkeng
Kelengkeng dataran rendah tidak memerlukan persyaratan khusus untuk tumbuhnya. kelengkeng dataran rendah dapat ditanam di tempat dengan ketinggian 0-400 m dpl dan tidak memerlukan perbedaan suhu yang ekstrim agar dapat berbunga. kelengkeng dataran rendah terutama Pingpong dapat ditanam pada hampir semua jenis tanah karena kemampuan adaptasinya yang tinggi. Khusus untuk Itoh, karena pada dasarnya adalah tanaman subtropis maka memerlukan sedikit perlakuan khusus.

Tanaman Buah Kelengkeng memiliki varietas yang sudah banyak diusahakan di Indonesia adalah Pingpong, Diamond River, Itoh, . Masing-masing varietas mempunyai karakteristik yang berlainan. adapun beberapa varietas kelengkeng antara lain :

  • Lengkeng Pingpong
    Dinamakan kelengkeng Pingpong, karena dalam kondisi normal buah yang dihasilkan mampu mencapai ukuran bola pingpong.
    Karakteristik : Buah saat masih muda berwarna kemerahan dan berangsur menjadi kuning kecoklatan sampai coklat terang saat menjelang matang, ukuran maksimal sebesar bola pingpong. Rasa buah manis, kadar mencapai 20º Brix, rata-rata daging buah basah, kadar air tinggi dan biji besar.
  • Lengkeng Dimond River
    Kelengkeng Dimond River ini memiliki Karakteristik antara lain : Tajuk kompak dan rimbun, Percabangan lebih mudah terbentuk, Daun berwarna hijau, tegak, Bunga berwarna putih kekuningan dan terbentuk di ujung percabangan, Buah berwarna kuning kecoklatan ukuran buah lebih kecil dibanding PingpongRasa buah manis dan kadar airnya tinggi.
  • Lengkeng Itoh
    Karakteristik : Tajuk rimbun, kokoh, dan kompakDaun berwarna hijau dengan tepi bergelom-bang, mirip Diamond River tapi tidak tegak melainkan jatuh. Ukuran daun lebih panjang. Bunga berwarna putih kekuninganBuah seukuran buah Diamond River tapi rasa lebih manis, daging buah kering dan tebal serta bijinya kecil.
  • Lengkeng Matalada / Hawae
    Tanaman Kelengkeng Matalada memiliki keunggulan buahnya berukuran besar dengan diameter 2,5 sampai 3 cm serta berwarna putih dengan biji yang super kecil seukuran lada. Tanaman kelengkeng Hawae termasuk verietas yang bersifat genjah. Kelengkeng Hawae ini dapat mulai belajar berbuah pada usia kurang dari 2 tahun.
  • Lengkeng Aroma Durian
    Tanaman Kelengkeng Matalada tersohor karena buah yang dihasilkan mempunyai aroma layaknya aroma buah durian. Buahnya berukuran sedang, sebesar kelereng, daging buahnya berwarna putih bening dan berair. Kelengkeng aroma durian bersifat genjah dan mudah beradaptasi dengan lingkungan.
  • Lengkeng Puangray
    Tanaman Kelengkeng Puangray terkenal karena memiliki kemampuan berbuah sepanjang tahun. Buahnya mempunyai daging yang tebal dengan biji relatif kecil. Selain itu, Tanaman kelengkeng ini termasuk varietas kelengkeng yang sangat tahan terhadap penyakit dan adaptif dengan lingkungannya. Tanaman kelengkeng Puangray sudah berbuah di umur kurang dari satu tahun pasca sambung (bukan dari biji).
  • Lengkeng Merah
    Tanaman Lengkeng Merah atau Ruby Longan ini termasuk jenis tanaman langka dan unik. Pohon Lengkeng ini memiliki tampilan yang serba merah, mulai dari batang, daun bahkan buahnya berwarna merah. Buahnya Berwarna merah solid, sangat cantik. Daging buahnya tebal. Untuk soal rasa? Buah Lengkeng merah ini mempunyai rasa yang sangat manis hingga mencapai level 21 briks, lebih manis dari lengkeng Itoh.

Demikianlah beberapa informasi tentang jenis -jenis tanaman buah yang dapat dibudidayakan di dataran rendah antara lain : buah leci. buah apel india, aneka bibit buah jeruk, aneka jenis buah mangga. buah rambutan, aneka bibit kelengkeng dan masih banyak Iagi buah buah yang dapat dengan mudah ditanam pada dataran rendah. Bagi anda yang berniat untuk membudidayakan jenis tanaman buah di dataran rendah. maka anda dapat memilih aneka jenis buah dataran rendah yang ada diatas. Jika anda berminat membudidayakan tanaman buah di pekarangan rumah atau di dalam tabulambot. Terima kasih

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *