Alpukat Pluwang, Alpukat Unggulan Yang Menjadi Pilihan Utama Budidaya Skala Bisnis

Mengenal Alpukat Pluwang

Alpukat Pluwang termasuk jenis alpukat unggulan yang mulai populer dan sudah banyak diburu oleh pecinta tanaman buah. Buah Alpukat Pluwang mempunyai bentuk mirip alpukat kendil dengan bagian pangkal sedikit memanjang dan mengecil. Kulit buahnya berwarna hijau mengkilap dengan tekstur halus saat sudah matang.

Buah alpukat Pluwang mempunyai ukuran buah sedang. bobot rata -rata buah alpukat pluwang berkisar antara 600 – 1.2 kg/buah. Daging buahnya berwarna kuning mentega. Daging buahnya tebal dan mempunyai tekstur yang lebih padat, lembut dan pulen. Untuk soal rasa? Buah Alpukat Pluwang memiliki citarasa yang gurih, lezat dan mempunyai rasa lebih manis.

Alpukat Pluwang

Tanaman Alpukat Pluwang merupakan jenis alpukat unggulan yang berasal dari daerah dusun pluwang. kecamatan ambarawa kabupaten Semarang. Secara Fisik, Pohon alpukat pluwang memiliki postur yang pendek, Jika Dilihat dari segi daun, Pucuk daun muda alpukat pluwang berwarna cenderung lebih merah. Sedangkan daun alpukat pluwang sudah tua berbentuk cenderung memanjang, daun agak menggulung ke atas dengan bagian tepi sedikit bergelombang.

Tanaman-Alpukat-Pluwang

Tanaman Alpukat Pluwang dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian ideal antara 500 mdpl sampia dengan 1.000 mdpl. Tanaman alpukat pluwang terkenal dengan sifatnya yang genjah. Panen buah alpukat pluwang dapat dinikmati saat tanaman saudah berumur 3 – 4 tahun setelah tanam dengan bibit hasil okulasi.

BACA JUGA :   Hama dan Penyakit Rambutan Rapiah

Tanaman alpukat pluwang juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi karena berbuah Sepanjang tahun, Dalam satu tahun Tanaman alpukat ini minimal berbuah 2 kali. Keunggulan lainnya adalah Buah alpukat pluwang tidak mudah berulat dan membusuk.

Alpukat pluwang termasuk jenis alpukat yang rekomended untuk dibudidayakan skala kebun. Selain citarasanya yang juara. Umur pohon singkat dan pohon yang relatif pendek menjadi daya tarik tersendiri membudidayakan alpukat pluwang ini.


0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

× ada yang bisa kami bantu?