Alpukat Miki Tanjung Selor 

Harga Alpukat Miki Tanjung Selor

Alpukat Miki Tanjung Selor – Mendengar kata Miki Tanjung Selor sepertinya identik dengan sesuatu yang imut dan unyu-unyu. Ya, alpukat Miki Tanjung Selor merupakan jenis alpukat unggulan Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Dahulu kita mengenal jika alpukat dikenal dengan masa berbuah yang sangat lama, sekitar 7 tahun. Akan tetapi sekarang ini ada varietas baru dari buah yang sangat cepat yaitu sekitar 3 – 4 tahun.

Bahkan, alpukat Miki Tanjung Selor dikenal sebagai tanaman yang genjah atau mudah berbuah. Selain mempunyai keunggulan cepat berbuah , alpukat Miki Tanjung Selor tahan terhadap serangan hama ulat. Alpukat Miki Tanjung Selor memiliki tekstur daging buah yang lembut, lengket dan tanpa serat serta memiliki rasa yang manis, gurih, pulen dan bebas getir.

Daging buah alpukat Miki Tanjung Selor berwarna putih kekuningan, tebal dan bertesktur lembut dengan biji yang terletak dikelilingi oleh daging buah, buah yang sudah bisa dipetik berwarna hijau tua mengkilap.

Selain memiliki sifat genjah atau rajin berbuah, alpukat Miki Tanjung Selor juga dapat memproduksi buah dengan ukuran yang besar dan berat bisa mencapai 400-600 gr perbuah. Tampilan daging pada buah alpukat Miki Tanjung Selor lumayan tebal dan berwarna kuning jingga. Buah alpukat Miki Tanjung Selor ini tidak disukai ulat pengganggu tanaman karena memiliki kulit buah yang keras dan susah ditembus oleh hama pengganggu.

Beberapa manfaat Alpukat Miki Tanjung Selor adalah menyehatkan janin dengan kandungan folatnya, dapat menyehatkan dan melancarkan pencernaan, mencegah penyakit stroke, dan menurunkan kolesterol. Tanaman alpukat Miki Tanjung Selor ini cocok dijadikan tanaman perkebunan atau tanaman pekarangan rumah.

Alpukat Miki Tanjung Selor merupakan varietas alpukat unggul dataran rendah dan bisa tumbuh optimal di daerah dengan ketinggian 10 mdpl hingga 1.000 mdpl, bersuhu 20-30 derajat celcius, curah hukan 5-6 bulan basah. Tanaman alpukat Miki Tanjung Selor menyukai tanah berpasir, liat dan agak bersifat seperti tanah lempung dengan unsur hara dan kandungan organiknya yang tinggi serta gembur.

Cocok ditanam di tanah dengan pH 6-7 dan memiliki drainase baik sehingga tanaman tidak mudah busuk karena terlalu banyak air dalam tanah. Tanaman alpukat Miki Tanjung Selor bisa tumbuh setinggi 15 meter, memiliki daun sepanjang 12 sampai 25 cm berwarna hijau. Bunga tanaman alpukat Miki Tanjung Selor tersembunyi dengan warna hijau kekuningan berukuran 5-10 mm. Dari beberapa keunggulan yang dimilikinya, Alpukat Miki Tanjung Selor adalah alpukat unggul yang sangat direkomendasikan untuk dibudidayakan dalam skala komersial di daerah dataran rendah.

Kualitas buah yang prima dan panen yang melimpah mulai usia muda, merupakan peluang yang sangat besar dan sayang jika dilewatkan.

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?