Alpukat Hass Kota Tebing Tinggi 

Jual Alpukat Hass Kota Tebing Tinggi

Tanaman Alpukat Hass Kota Tebing Tinggi berasal dari dataran rendah dan tinggi di Amerika Tengah, kemudian diperkirakan masuk ke Indonesia pada abad ke-18. Kemudian antara tahun 1920-1930 di Indonesia telah memiliki sekitar 20 varietas alpukat dari Amerika Tengah dan Amerika Serikat yang telah ditanam di daerah dataran tinggi.

Alpukat Hass Kota Tebing Tinggi (Hass Kota Tebing Tinggi avocado) atau yang juga disebut alpukat Australia ini mudah ditemukan di supermarket, harganya terbilang cukup mahal yakni sekitar Rp. 120.000 per kg. Sangat jauh berbeda dengan alpukat lokal yang harganya lebuh murah yakni sekitar Rp. 16.000 – Rp. 20.000 per kg. Keunggulan lain dari tanaman alpukat Hass Kota Tebing Tinggi ini adalah
Tanaman buah ini dapat menghasilkan buah yang memiliki kulit kasar yang berwarna coklat-kehitaman, Rasanya yang super pulen, Sangat segar jika dinikmati pada waktu siang hari dapat ditambahkan dengan gula dan sedikit air es.

Kulit buahnya yang keras dan tebal sehingga dapat tahan banting serta sangat mudah dalam pendistribusian. Hal inilah yang membuat tanaman alpukat Hass Kota Tebing Tinggi menjadi varietas yang banyak dibudidayakan (dikebunkan) di seluruh dunia. Selain itu keistimewaan lain dari alpukat Hass Kota Tebing Tinggi adalah mempunyai kadar minyak yang tinggi sehingga sangat cocok sebagai penggati margarin dalam masakan. Dalam 100 gram daging alpukat Hass Kota Tebing Tinggi rata-rata mengandung 11-12 gram lemak tak jenuh. Selain kaya akan lemak tak jenuh, aplukat Hass Kota Tebing Tinggi juga kaya akan vitamin C, vitamin B-16, kalsium, magnesium, dan zat besi.

Ketika buah alpukat Hass Kota Tebing Tinggi dipetik pada umur 6 bulan atau 8 bulan (matang sempurna) buah alpukat Hass Kota Tebing Tinggi ini mempunyai kualitas yang hampir sama. Selain itu, buah alpukat Hass Kota Tebing Tinggi mempunyai proses pembusukan yang tergolong lama sehingga sangat menguntungkan jika alpukat Hass Kota Tebing Tinggi dikirim ke berbagai tempat yang jauh dan tidak merubah kualitas buah.

Bibit alpukat Hass Kota Tebing Tinggi dapat tumbuh dengan optimal pada dataran rendah hingga ketinggian 200 – 1500 mdpl. Tanaman alpukat Hass Kota Tebing Tinggi dapat tumbuh optimal dengan tanah yang gembur, tidak mudah tergenang air, subur, dan banyak megandung bahan organik. Jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan alpukat adalah jenis tanah lempung berpasir (sandy loam), lempung liat (clay loam), dan lempung endapan (alluvial loam). Keasaman (pH) tanah berkisar 5,6 – 6,4. Bila pH di bawah 5,5 maka tanaman akan menderita keracunan karena unsur Al, Mg, dan Fe larut dalam jumlah cukup banyak.

Suhu optimal untuk pertumbuhan alpukat Hass Kota Tebing Tinggi berkisar antara 12,8 – 28,3 oC. Mengingat tanaman alpukat dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi, tanaman alpukat dapat mentolerir suhu udara antara 15 – 30 oC. Kebutuhan cahaya matahari untuk pertumbuhan alpukat berkisar antara 40 – 80%.

 

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?