Alpukat Aligator, Jenis Alpukat Cepat Berbuah Dengan Ukuran Jumbo, Mampu Berbuah Lebat Dengan Tingkat Produktifitas Tinggi

mengenal alpukat aligator

Alpukat Aligator, Jenis Alpukat Cepat Berbuah Dengan Ukuran Jumbo, Mampu Berbuah Lebat Dengan Tingkat Produktifitas Tinggi

Alpukat aligator?!. Yaps, salah satu jenis tanaman alpukat yang menjadi primadona bagi masyarakat. Pasalnya, buah alpukat aligator termasuk salah satu jenis alpukat unggulan yang terkenal dengan bentuk yang unik dan mempunyai ukuran buah yang jumbo.

Selain itu, Alpukat aligator juga menjadi incaran para petani karena mampu menghasilkan buah alpukat yang lebat dengan tingkat produktifitas yang tinggi.

mengenal alpukat aligator

Karakteristik Buah Alpukat Aligator

Buah alpukat aligator dikenal mempunyai ukuran buah raksasa. Buah alpukat aligator mempunyai panjang mencapai 70-80 cm, dengan berat antara 700 gram hingga 1,13 kg per buahnya. Selain itu, buah alpukat aligator dikenal dengan bentuk buahnya yang unik, bayangkan saja, bentuk buahnya bulat memanjang dan membesar di bagian bawah sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan aligator. Selain itu, Buah alpukat aligator ini mempunyai kulit yang tipis, bahkan kulit buahnya ini bisa dikupas layaknya buah pisang.

Dari segi tekstur, Buah alpukat aligator mempunyai daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega dengan tekstur yang lembut dan tidak berserat.

Untuk soal rasa? Buah alpukat aligator mempunyai citarasa yang gurih dengan sedikit rasa manis. Jika kebanyakan buah alpukat memiliki rasa yang sedikit pahit, berbeda untuk jenis alpukat aligator sendiri yang tidak memiliki rasa pahit sedikitpun. Hal ini tentu saja akan sangat memanjakan lidah Anda pada saat menikmati buah alpukat.

Karakteristik Tanaman Alpukat Aligator

Alpukat Aligator merupakan salah satu jenis tanaman alpukat alpukat unggulan yang berasal dari Meksiko. Alpukat ini kerap dijuluki sebagai “Giant Avocado”, Karena memiliki ukuran buah yang jumbo.

Secara fisik, tanaman alpukat aligator memiliki karakteristik yang mirip dengan alpukat jenis lainnya. Pohonnya tumbuh tegak dengan batang yang berwarna coklat, bentuk daunnya lonjong berwarna hijau pada bagian atas dan berwarna kuning kecoklatan pada bagian bawah.

Tanaman alpukat aligator ini mempunyai pertumbuhan cabang yang cenderung ke atas. Hal ini tentunya memberikan keutungan tersendiri karena mampu menghasilkan buah yang lebih banyak dan tidak terlalu membutuhkan lahan yang luas.

mengenal alpukat aligator 3

Syarat Tumbuh Alpukat Aligator

Tanaman alpukat aligator dapat ditanam daerah dataran rendah hingga dataran tinggi dengan ketinggian berkisar antara 5 hingga 1500 mdpl. Sedangkan ketinggian ideal untuk panen optimal di daerah dengan ketinggian 200 – 1000 meter diatas permukaan air laut.

Tanah yang cocok untuk tanaman alpukat aligator adalah tanah yang subur, gembur, dan mengandung bahan organik tinggi. Jenis taha yang cocok adalah jenis tanah lempung berpasir, lempung liat, dan aluvial loam/lempung endapan. pH tanah yang cocok adalah sekitar 5,6-6,4.

Adapun Curah hujan minimum untuk pertumbuhan bibit alpukat aligator berkisar antara 750-1000 mm/tahun atau minimal 2-6 bulan kering. Sedangkan Kebutuhan cahaya matahari sekitar 40-80% dengan Suhu optimal adalah sekitar ±28oc.

Budidaya Alpukat Aligator

Perawatan bibit alpukat aligator tergolong mudah, tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak membutuhkan biaya yang mahal. Ada tiga hal penting yang harus diperhatikan dalam perawatan alpukat aligator, yakni pemupukan, penyiraman dan pengendalian hama.

Untuk pertumbuhan dan hasil yang optimal, lakukan penyiraman dua kali sehari. pemupukan secara teratur dengan pupuk NPK sebanyak 100 gram dilarutkan dalam 20 liter air. Larutan pupuk ini disiram ke sekitar tajuk pohon alpukat aligator. Pemangkasan bisa dilakukan agar pohon alpukat tidak terlalu tinggi tetapi tetap produktif berbuah.

Alpukat aligator termasuk jenis tanaman alpukat yang bersifat genjah atau mudah berbuah. Jika dirawat dengan baik, pohon alpukat jenis ini biasanya akan mulai memproduksi buah saat sudah berusia 2-3 tahun sejak penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok.

Adapun masa pematangan buah alpukat aligator ini tergolong lebih lama jika dibandingkan dengan jenis alpukat lokal, yakni sekitar 7 bulan. Walaupun memiliki waktu yang lebih lama, namun buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang premium.

mengenal alpukat aligator

Manfaat Buah Alpukat Aligator

  • Kandungan omega 6 pada alpukat aligator sangat baik untuk anda yang ingin menjaga kesehatan kardiovaskular anda. Dalma alpukat aligator terkandung banyak asam oleat yang sangat bermanfaat untuk menekan jumlah kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan jumlah kolesterol baik (HDL).
  • Kandungan lemak tak jenuh yang sangat tinggi pada alpukat aligator sangat baik bagi anda yang memiliki niat untuk menurunkan berat badan. Karena asam tak jenuh digunakan oleh tubuh untuk dijadikan bahan bakar pembakaran energi. Juga dapat menjaga rasa kenyang yang awet pada tubuh, sehingga dapat menahan anda dari mengemil berlebihan yang dapat menyebabkan pembengkakan bobot tubuh.
  • Dalam alpukat aligator terkandung pitosterol, yaitu lemak tak jenuh tunggal yang baik untuk mengurangi rasa nyeri yang disebabkan oleh radang sendi atau osteoarthtritis. Selain itu, kandungan zat yang memiliki fungsi anti inflamasi dapat menekan dan mencegah resiko penyakit rematik.
  • Antioksidan tinggi yang berasal dari kandungan vitamin C dan E pada alpukat aligator membantu anda dalam mengurangi peradangan yang berresiko terjadinya penyakit arthritis.
  • Alpukat aligator juga baik untuk mencegah penyakit kanker. Karena alpukat mengandung fitokimia, yaitu zat yang sifat kemopreventif, sehingga dapat memperkuat tubuh suaya sel kanker tidak berkembang dalam tubuh.
  • Kandungan kalium pada alpukat sangat tinggi. Kalium sangat baik untuk mengontrol tekanan darah pada tubuh. Sehingga dapat menurunkan resiko terkena penyakit jantung koroner, hipertensi, maupun stroke.
  • Kaya akan asam folat, membuat alpukat aligator sangat baik dikonsumsi oleh para ibu yang sedang hamil untuk mencegah resiko cacat lahir. Karena asam folat merupakan kandungan yang baik untuk tumbuh kembang janin dalam rahim.

Demikianlah informasi tentang alpukat aligator, Alpukat aligator termasuk jenis alpukat yang cukup populer dikalangan pecinta tanaman buah dan para petani. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih. 

 

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*