8 Kelebihan Kelapa Pandan Wangi, Kelapa Premium Dengan Citarasa Manis dan Punya Prospek Bisnis Sangat Menjanjikan

8 Kelebihan Kelapa Pandan Wangi, Kelapa Premium Dengan Citarasa Manis dan Punya Prospek Bisnis Sangat Menjanjikan

Kelebihan Kelapa Pandan Wangi – Kelapa Pandan Wangi merupakan jenis kelapa premium yang memiliki karakter spesifik buah yang istimewa. Aroma pandan yang khas dan citarasanya yang manis pada air dan daging buahnya membuat setiap orang langsung jatuh hati setelah menikmatinya. Kelapa pandan wangi mempunyai aroma pandan yang khas, bahkan aroma ini bisa langsung tercium ketika serabut mulai dibuka. Kelapa pandan wangi ini juga mempunyai mempunyai citarasa yang manis yang kuat. Bahkan, saking manisnya kita tidak perlu menambahkan gula atau sirup saat menikmatinya. Untuk soal harganya pun jenis kelapa pandan wangi berbeda dengan jenis kelapa biasa, untuk sebutir kelapa pandan wangi harganya bisa mencapai 10 kali lebih mahal dari kelapa biasa.
Keunggulan kelapa Pandan Wangi
Kelapa pandan wangi merupakan salah satu jenis kelapa unggulan yang berasal dari Negera Thailand. di Negara asalnya, kelapa ini dikenal dengang nama ‘Aromatic Nam Hom Coconuts`. Kelapa pandan wangi ini sudah cukup lama dikembangkan di Sumatera Utara, dengan tanaman tertua sudah berumur kurang lebih 30 tahun dengan jumlah pohon terbatas.
Namun, pengembangan budidaya kelapa pandan wangi dalam jumlah besar baru dimulai pada tahun 2003 lalu. Salah satu populasi yang saat ini berumur 15 dan 8 tahun berada di Lokasi Pantai Cermin, Kabupaten Langkat Seluas 120 ha, dan di Binjai Sebanyak 40 pohon.
Walaupun masih terbilang varietas kelapa pendatang baru, namun Kelapa pandan wangi memiliki segudang keunggulan yang membuatnya menjadi primadona baru.
Berikut ini adalah Kelebihan kelapa pandan wangi khas Thailand yang perlu anda ketahui :  

1.Memiliki Rasa & Aroma Khas

Kelapa pandan wangi terkenal dengan citarasanya yang manis, Selain itu, daging buahnya mempunyai tekstur yang lembut saat dikunyah. Yang paling istimewa adalah buah kelapa pandan wangi mempunyai aroma pandan yang khas. Hal ini juga yang menjadi ciri khas dari buah kelapa ini, keeksotisan kelapa pandan wangi susah di tandingi oleh jenis kelapa lainnya. Buah kelapa pandan wangi berwarna hijau. Walaupun warnanya masih hijau seperti kelapa muda, namun sebenarnya sudah tua.

2.Kadar Kemanisan Tinggi

Selain memiliki aroma pandan yang khas, air kelapa pandan wangi juga mempunyai rasa manis yang kuat, sehingga saat kita meminumnya, kita tidak perlu lagi menambahkan gula atau madu. Air kelapa pandan wangi juga mengandung elektrolit yang cukup tinggi, sehingga dapat menjadi pengganti cairan tubuh alami. Hal ini membuat kelapa ini banyak diburu masyarakat untuk diminum secara langsung untuk menghilangkan dahaga.
Kelapa Pandan Wangi

3.Sifat Genjah

Keunggulan lain yang dimiliki pohon kelapa pandan wangi adalah sifatnya yang genah, tanaman kelapa pandan wangi mampu berbuah lebih awal jika dibandingkan jenis kalapa lainnya yakni sekitar 3 – 5 tahun setelah tanam. Kelapa Pandan Wangi memiliki buah berwarna hijau. Buahnya kecil berbentuk bulat berbiku tiga dengan kandungan air kelapa pandan sekitar 330 milli liter (ml). Tanaman kelapa pandan wangi rata-rata memiliki umur produktif hingga 15 tahun.

4.Postur Tubuh Pendek

Kelapa pandan wangi termasuk jenis kelapa yang memiliki postur yang tergolong pendek. Pohon kelapa pandan wangi rata-rata mampu tumbuh maksimal hingga mencapai ketinggian 2-6 meter saja. Berdasarkan ukuran jarak antar bekas daun yang sempit, yaitu hanya 32,50 cm, menunjukkan bahwa pertambahan tinggi tanaman kelapa pandan wangi hanya 48,75 cm setahun. dengan asumsi jumlah daun yang dihasilkan pertahun sebanyak 15 helai, dibanding pada kelapa Genjah Kuning Nias dengan jarak antarnodus 5,50 cm, berarti pertambahan tinggi pertahun sepanjang 82,5 cm.

5.Adaptasi Tinggi

Pohon Kelapa pandan wangi dapat tumbuhdengan optimal di dataran rendah hingga ketinggian 450 mdpl. Selain itu, tanaman kelapa pandan wangi dapat tumbuh dengan baik pada jenis tanah apapun, baik vulkanik, berpasir, tanah liat, berbatu, atau aluvial. Adapun Proses perawatan dalam budidaya kelapa pandan wangi ini tergolong mudah dan tidak perlu memerlukan biaya yang mahal. secara umum, perawatan kelapa pandan wangi hampir sama dengan jenis kelapa hibrida dan kelapa genjah entok. Keunggulan lainnya adalah bibit kelapa panda wangi sangat mudah tumbuh dan berkembang sehingga kemungkinan proses penyulaman cukup sedikit.
Kelapa Pandan Wangi

6.Produksi Tinggi

Pohon kelapa pandan wangi juga dikenal mempunyai tingkat Produktivitas yang cukup tinggi. Setiap pohon kelapa pandan wangi mampu menghasilkan sekitar 10 – 13 tandan dan setiap tandan menghasilkan 8-10 butir buah. maka pohon kelapa pandan wangi mampu menghasilkan buah sekitar 130 butir perpohonan pertahun. Setiap pohon kelapa pandan wangi rata-rata mempunyai umur produktif mencapai 15 tahun.

7.Nilai Ekonomis Tinggi

Buah kelapa pandan wangi mempunyai nilai jual yang tinggi. Bayangkan saja, harga satu buah kelapa pandan wangi berkisar antara Rp 15.000 – Rp 20.000 dari petani. Jika kita membeli di supermarket atau swalayan bisa dipastikan harganya lebih mahal lagi. Permintaan yang tinggi akan buah kelapa pandan wangi, membuat harga bibit kelapa pandan wangi ikut naik, harga satu bibit kelapa pandan wangi berkisar antara Rp. 150.000 0 Rp. 200.000,-

8.Prospek Bisnis Menjanjikan

Budidaya kelapa pandan wangi menjadi salah satu peluang usaha yang sangat menjanjikan. Jika setiap pohon kelapa menghasilkan 13 tandan setahun dan satu tandan menghasilkan minimal 10 butir, maka buah kelapa yang dihasilkan 130 butir perpohonan pertahunan. Pada lahan 1 ha dengan jarak tanam 7 X 7 m maka akan terdapat 200 tanaman kelapa pandan wangi. Dengan demikian akan diperoleh buah kelapa muda sebanyak 200 tanaman X 130 butir = 26.000 butir. jika dijual sebagai kelapa muda dengan harga saat ini Rp 10.000 maka akan diperoleh pendapatan sebesar Rp. 260.000.000 juta per hektar pertahun. Demikianlah informasi tentang keunggulan yang dimiliki kelapa pandan wangi yang perlu anda ketahui. Sebagai jenis kelapa premium wajar saja jika kelapa ini mempunyia segudang keunggulan sebut saja, citarasa manis dengan aroma pandan yang khas, memiliki tigkat kemanisan tinggi. bersifat genjah, produktifitas tinggi dan nilai ekonomis yang tingi. Untuk informasi selanjutnya kita akan membahas tentang budidaya kelapa pandan wangi yang meliputi tahap penanaman, tahap perawatan hingga tahap panen. Dengan Segala keunggulan yang dimiliki kelapa pandan wangi, budidaya kelapa pandan wangi menjadi salah satu peluang yang sangat menguntungkan. Semoga bermanfaat. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *