8 Kelebihan Alpukat Miki, Jenis Alpukat Paling Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

8 Kelebihan Alpukat Miki, Jenis Alpukat Paling Cepat Berbuah dan Mampu Berbuah Sepanjang Tahun

Kelebihan Alpukat Miki – Alpukat miki merupakan Jenis buah alpukat yang satu ini, memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Alpukat Miki ini dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-Buahan Tropika. Buah alpukat miki dikenal memiliki tampilan yang imut ini memang memiliki citarasa yang istimewa.

Alpukat miki yang satu ini dikenal memiliki beberapa keunggulan dibandingkan jenis Alpukat lain. Salah satunya adalah ketahanan buahnya terhadap hama ulat. Hal itu dikarenakan Alpukat Miki memiliki kulit yang tebal sehingga cukup sulit bagi ulat untuk menembusnya.

keunggulan alpukat miki

Alpukat miki dapat menjadi pilihan yang tebap bagi anda yang ingin bertanam alpukat. Namun Sebelum bertanam alpukat miki, alangkah baiknya mengetahui beberapa keunggulan alpukat miki sehingga layak untuk dikoleksi?, berikut ulasannya.

Berikut ini adalah 8 Kelebihan alpukat miki yang perlu anda kehati sehingga lauak di koleksi : 

1. Bentuk Buah Mungil

Buah alpukat miki dikenal dengan bentuk buahnya yang imut. buah alpukat miki berbentuk bulat dan berwarna hijau mengkilap saat sudah matang.

Buah alpukat miki mempunyai ukuran yang tergolong sedang, bobot satu buahnya rata-rata mencapai berat sekitar 350 hingga 600 gram/buah. Hal ini membuat alpukat miki sangat cocok untuk konsumsi karena dapat habis dalam satu kali makan.

2. Citarasa Gurih Tanpa Getir

Dari segi tekstur?, Buah alpukat miki mempunyai daging buah yang cukup tebal, berwarna kuning mentega. Tekstur buahnya lembut dengan biji berukuran sedang. Selain itu, buah alpukat miki juga mempunyai kulit yang sangat tipis sehingga alpukat ini sangat mudah untuk dikupas.

Untuk soal rasa?, buah alpukat miki mempunyai citarasa gurih dan legit, serta sedikit manis tanpa rasa getir di lidah. Hal ini yang membuat si cantik miki ini semakin menggemaskan dan selalu diburu oleh para penggemarnya.

3. Anti Hama Ulat

Tanaman buah alpukat Miki termasuk jenis alpukat yang tidak disukai oleh haman ulat, pasalnya tanaman alpukat miki mampu menghasilkan enzim antiprotease, dimana enzim tersebut ini mampu membunuh hama ulat.

Keunggulan alpukat miki

4. Spesialis Dataran Rendah

Alpukat miki merupakan alpukat unggulan yang yang telah dikembangkan oleh Pusat Kajian Buah-buahan Tropika IPB. Alpukat miki adalah jenis alpukat unggulan spesialis dataran rendah. Artinya Tanaman alpukat miki dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah.

Namun alpukat miki ini juga mampu tumbuh dengan baik pada dataran dengan ketinggian ideal berkisar antara 10 sampai dengan 600 meter di atas permukaan laut.

5. Cepat Berbuah

Alpukat miki termasuk jenis alpukat unggulan yang memiliki sifat genjah atau mudah berbuah. Tanaman alpukat miki mulai berbuah pada saat usia 2 – 3 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hail okulasi atau cangkok.

6. Berbuah Sepanjang Tahun

Keistimewaan yang dimiliki alpukat miki adalah kemampuan berbuah sepanjang Tahun, Dalam satu tahun, tanaman alpukat Miki dapat dipanen sebanyak 2 – 3 kali.

Dalam setiap pohon alpukat miki, ada saja ranting pohon yang sedang mengeluarkan bunga, menghasilkan pentil, buah muda hingga buah yang siap petik. Sehingga setelah proses pemanenan pertama, tak berselang lama akan ada buah alpukat miki yang siap untuk dipanen lagi.

Keunggulan alpukat miki

7. Tingkat Produktifitas Tinggi

Alpukat miki juga dikenal dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi, Musababnya bunga jantan dan betina matang bersamaan. Bayangkan saja, Saat usia produktif, satu pohon alpukat miki mampu berproduksi buah hingga mencapai 300 sampai dengan 500 kilogram dalam satu kali panen.

8. Cocok Tabulampot

Selain dibudidayakan dalam skala komersial. tanaman Alpukat miki juga dapat ditanam dalam pot sebagai tanaman hias untuk mempercantik halaman rumah. Meskipun ditanam dalam pot, pohon alpukat miki ini mampu tumbuh dan berbuah dengan optimal. perawatan dari tabulampot alpukat miki ini juga tergolong mudah dan tidak rewel.

Demikianlah informasi tentang Keunggulan yang dimiliki tanaman buah alpukat miki, Alpukat miki termasuk jenis alpukat unggulan yang dikenal sangat genjah dan memiliki kualitas buah yang tidak perlu diragukan lagi. Sehingga tak heran jika, Alpukat miki ini sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala komersial. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *