8 JENIS JAMBU AIR UNGGULAN WARNA MERAH

Berbagai jenis jambu air menjadi salah satu buah yang paling banyak digemari di Indonesia.Buah ini memiliki rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi sehingga memberikan kesegaran saat memakannya.Jambu air termasuk ke dalam buah tropis dan banyak tumbuh di daerah Asia tenggara, khusunya di Indonesia dan Malaysia.Tanaman jambu air memiliki warna buah yang beragam antara lain berwarna merah terang, merah gelap, merah muda, hijau, hijau kekuningan sampai berwarna putih.

Adapun Beberapa jenis jambu air berwarna merah yaitu :

1. Jambu Air Kesuma Merah

Jambu air ini merupakan salah satu jambu madu air unggulan yang memiliki buah berwarna merah, Selain itu, jambu air ini memiliki daging yang tebal bahkan saking tebalnya lubang bijinya hampir tidak ada, sehingga dagingnya padat dan sangat rapuh,sehingga terkadang cukup sulit untuk memecahkan jambu ketika ingin dimakan. Tanaman buah jambu kesuma merah memiliki waktu yang lebih lama berbuahnya. Hal ini dikarenakan pohonnya yang besar dibandingkan dengan jambu madu deli hijau. Biasanya pohon jambu kesuma merah akan mulai berbuah pada usia 13-15 bulan.

2. Jambu Air Delima

Varietas ini berasal dari daerah Demak, Jawa Tengah dan menjadi unggulan di daerah asalnya. Apa yang menarik dari varietas jambu air ini adalah rasa jambu yang renyah dan mengandung cukup banyak air.  airnya, jambu air ini begitu menyegarkan saat disantap. Selain itu rasa dari jambu delima ini manis mirip dengan jambu citra.

3. Jambu Air Cincalo Merah

Jambu air cincalo merah merupakan jenis jambu air dengan warna merah yang mencolok dan cukup menggiurkan untuk disantap di siang hari. Sebagai salah satu varietas unggulan jambu air, cincalo merah memiliki buah dengan daging yang tebal dan juga padat.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam dan Merawat Kelengkeng Diamond River Dalam Pot Agar Mampu Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Untuk rasanya, jenis ini memiliki rasa manis yang menyegarkan apalagi jika disantap ketika dalam kondisi buah dingin di saat cuaca sedang panas di siang hari. Ciri khas lainnya dari buah ini adalah bentuknya. Cincalo merah memiliki bentuk yang terlihat seperti lonceng.

4. Jambu Air Kingrose

Jambu air king rose adalah salah satu jambu air unggulan Indonesia. Jambu air ini termasuk jenis jambu air unggulan dikarenakan memiliki ukuran buah yang besar, daging buah yang tebal, rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi. Ukuran buah jambu air king rose dapat dikatakan jumbo dibandingkan dengan ukuran buah jambu air lainnya.

Berat buah jambu air king rose dapat mencapai 200-350 gram per buahnya. Warna dari buah jambu air ini adalah merah legam menyerupai warna bunga mawar. Terkadang buah jambu ini tidak mempunyai biji.

5. Jambu Air Citra

Jambu air citra memiliki ukuran buah yang besar, Bobot satu buah jambu citra berkisar antara 100 sampai 200 gram. Bentuk buahnya seperti lonceng dengan warna merah kecokelatan yang solid. Daging buah jambu air merah ini sangat tebal, teksturnya renyah, dan tidak memiliki biji. Sehingga memberikan kepuasan lebih bagi orang yang menikmatinya.

Jambu air merah ini memiliki citarasa yang manis dan menyegarkan, serta sangat juicy saat digigit. Itu karena kandungan air yang terdapat dalam buah jambu citra sangat banyak. Bahkan katanya kandungan air dalam buah jambu merah ini mencapai 93% dari satu buahnya.

BACA JUGA :   Bibit Tanaman Jambu Bol Jamaika

Jika diberikan perawatan yang baik, jambu air citra sudah dapat berbuah saat berumur 2 sampai 3 tahun setelah masa tanam dengan menggunakan teknik okulasi atau cangkok. Selain itu jambu air merah ini juga memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Satu pohon dapat menghasilkan buah sekitar 80 sampai 100 kg/tahun saat berada dalam kondisi yang optimal.

6. Jambu Air Bajang Leang

Salah satu jenis pohon jambu air yang cukup terkenal dan menjadi unggulan masyarakat Indonesia adalah jambu air Bajang Leang. Merupakan varietas jambu air unggulan yang sudah banyak ditanam dan dikembangkan oleh masyarakat sejak beberapa tahun yang lalu.

Jambu air bajang leang berasal dari Taiwan. Buah jambu air ini berukuran super besar bahkan lebih besar dibanding buah jambu air king rose.Ciri khas dari buah jambu air ini adalah memiliki warna merah pada bagian bawah buah dan warna hijau pada bagian atas buah.Selain itu ambu air bajang leang juga memiliki kandungan air yang tinggi.Bajang leang memiliki rasa buah yang manis ditambah dengan tekstur daging buahnya yang padat sekaligus lembut ketika di makan.

7. Jambu Air Bol Jamaika

Jambu air bol jamaika memiliki ukuran buah sebesar genggaman tangan orang dewasa. Jenis jambu air ini juga menjadi salah satu jenis jambu air unggulan. Buah jambu bol jamaika memiliki daging buah yang tebal dengan rasa yang manis.

Kandungan air dari buah jambu air jenis bol jamaika ini juga tinggi, sehingga bisa menghilangkan rasa haus yang kamu rasakan. Tekstur dari jambu bol jamaika sendiri akan terasa lebih lembut sekaligus padat ketika disantap jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

BACA JUGA :   BUDIDAYA JAMBU AIR CITRA

8. Jambu Air Dalhari

Jambu air dalhari diambil dari nama penemu buah jambu air ini. Berasal dari kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jambu air merah ini memiliki rasa manis yang lezat yang tidak kalah dengan jambu air import. Serta rasa juicy karena kandungan air yang cukup banyak pada buahnya.

Bentuk buah jambu air dalhari mirip seperti gasing hanya saja lebih bulat dengan panjang 5 sampai 7 cm dan diameter 4,8 sampai 6,1 cm. Selain itu jambu air merah ini memiliki ukuran yang cukup besar dengan rata-rata berat mencapai 60 sampai 100 gram per buah.

Daging buah jambu air merah ini bertekstur renyah saat digigit. Selain itu kandungan air dalam buahnya yang cukup banyak membuatnya juicy. Keunggulan lain dari jambu air dalhari adalah tidak semua buahnya memiliki biji. Sehingga ketebalan jambu air dalhari akan berbeda. Buah yang memiliki biji akan memiliki ketebalan daging buah 13 sampai 18 mm. Sedangkan buah yang tidak berbiji akan memiliki ketebalan daging buah 18 sampai 22 mm.

Demikianlah informasi tentang jenis jambu air unggulan warna merah yang layak dan mudah dibudidayakan di iklim tropis indonesia. Semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan tentang  beberapa jenis tanaman buah jambu air dan agar dapat  menentukan jenis jambu air yang cocok untuk di budidayakan di daerah anda. Terima kasih

× ada yang bisa kami bantu?