8 Cara Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Dengan Lebat

8 Cara Menanam  Kelengkeng New Kristal Dalam Pot Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbuah Dengan Lebat

Menanam Kelengkeng New Kristal Dalam Pot – Tabulampot kelengkeng new kristal tentunya bukan lagi sesuatu yang asing lagi di kalangan penghobiis. Tampilannya yang cantik ditambak dengan buahnya dapat dipanen menjadi daya tarik tersendiri, Cukup menanam bibit buah dengan baik dan perawatan yang tepat, hasil panen buah sudah bisa kamu nikmati.

Nah, Salah satu buah yang juga bisa ditanam dalam pot adalah kelengkeng new kristal. Kelengkeng new kristal termasuk jenis kelengkeng unggulan yang dikenal mampu berbuah sepanjang tahun dengan produktifitas yang tinggi.

Jika anda berminat untuk menanam kelengkeng new kristal dalam pot di halaman rumah, ada beberapa hal yang harus anda perhatikan agar pohon kelengkeng new kristal dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah.

Cara Menanam Kelengkeng New Kristal dalam pot

Nah, bagi anda yang tertarik untuk mengoleksi kelengkeng new kristal untuk mempercantik halaman rumah anda. Tabulampot kelengkeng new kristal dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda.

Berikut ini adalah tahapan menanam kelengkeng new kristal dalam pot agar tumbuh subur dan cepat berbuah. Berikut ulasannya. 

1. Pemilihan Bibit Unggul

Dalam proses menanam kelengkeng di dalam pot, pemilihan bibit kelengkeng new kristal yang berkualitas unggul merupakan dasar agar kelengkeng dapat tumbuh dengan baik.

Bibit kelengkeng new kristal yang bagus untuk ditanam di dalam pot adalah bibit yang berasal dari hasil okulasi karena tanaman akan cepat berbuah daripada bibit dari biji. Selain itu, kualitas buah yang dihasilkan memiliki kualitas yang sama dengan induknya.

Bibit Kelengkeng New Kristal

2. Pemilihan pot

Jika memilih pot untuk tanaman hias dilihat dari nilai estetikanya, maka pot untuk tanaman kelengkeng new kristal harus dilihat dari ketahanan dan kualitasnya untuk jangka panjang. Hal ini bertujuan agar pot dapat bertahan hingga tanaman tumbuh besar.

Ada beberapa jenis pot yang bisa di gunakan, seperti drum, planter bag, atau semen cor. Untuk membuat tabulampot kelengkeng new kristal, dianjurkan menggunakan pot yang memiliki kedalaman yang cukup dan diameter yang lebih besar, minimal pot dengan diameter 60cm.

3. Pemilihan Media Tanam

Media tanam yang bisa digunakan untuk menanam kelengkeng new kristal dalam pot adalah campuran dari campuran tanah, pasir, sekam, dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1:2.

Sebaiknya gunakan pupuk kandang yang mengandung fosfor lebih banyak. Pupuk jenis ini bisa kamu dapatkan dari kotoran kambing dan domba.

Ingatlah untuk menggunakan styrofoam atau pecahan genteng yang diletakkan di dasar pot setinggi 4 hingga 5 cm untuk menghindari media tanah yang terlalu basah.

cara tanam tabulampot kelengkeng new kristal

4. Tahapan Penanaman

Menanam kelengkeng new kristal dalam pot tidak terlalu sulit. Pada tahap awal pastikan semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan sudah disiapkan terlebih dahulu. Setelah itu, langkah berikutnya adalah melakukan penanaman dengan tahapan-tahapan sebagai berikut :

  • Siapkan media tanam dan pot, media tanam yang digunakan merupakan campuran antara tanah, pasir, pupuk kandang, sekam bakar, moss dengan perbandingan tertentu. setelah itu, isi pot dengan campuran media tanam tersebut.
  • Pastikan ketinggian media tanam sekitar ½ dari ketinggian pot.
  • Ambil bibit lengkeng new kristal yang akan ditanam, kemudian lepas polybag dengan cara mengguntingnya.
  • Usahakan media tanam dalam polybag tidak tumpah atau pecah saat melepas polybag, sehingga akar dan media tanamnya masih menyatu.
  • Masukkan bibit kelengkeng new kristal ke dalam pot dengan posisi di bagian tengah.
  • Tambahkan media tanam hingga mendekati bibit pot sehingga akar dan media tanam bibit tertutup semuanya.
  • Pasang ajir agar tanaman tidak mudah roboh atau tanaman akan tumbuh tegak. Ikat ajir bersama dengan batang tanaman denga menggunaka tali rafia.
  • Untuk mencegah adanya serangan hama atau penyakit, sebaiknya taburi dengan furadan sesuai dengan dosis anjuran.
  • Siram tanaman sampai air keluar dari bagian bawah pot.
  • Tempatkan tanaman di tempat yang agak teduh. Biarkan tanaman kelengkeng new kristal berada di tempat teduh hingga tumbuh tunas baru. Setelah itu, pindahkan tabulampot ke tempat yang mendapat sinar matahari secara langsung.

5.Tahap Perawatan

– Penyiraman
Salah satu kekurangan menanam tanaman dalam pot adalah nutrisinya yang terbatas. Kamu bisa melakukan penyiraman sekali sehari jika cuaca normal dan dua kali sehari jika cuaca sangat terik. Namun jika musim hujan, cukup siram tanaman hanya saat tanah kering dan hindari media tanam yang terlalu basah.

Agar dapat melakukan fotosintesis secara maksimal, sebaiknya tanaman terpapar sinar matahari selama 5 jam dalam sehari. Lakukan juga pemupukan selama 1 bulan sekali agar tanaman kelengkeng dapat tumbuh subur.

Saat bulan pertama gunakan kotoran kambing atau domba, dan di bulan berikutnya bisa menggunakan pupuk NPK mutiara 16-16-16. Selain itu, pemupukan juga bisa dilakukan dengan menggunakan zat perangsang untuk tumbuh.

Pemangkasan
Pemangkasan pada tanaman dilakukan dengan pola 1-3-9. Cabang utama yang dipertahankan satu saja dengan panjang 75-100 cm, sedangkan cabang primer dan cabang sekunder 3 dan 9 buah.

Agar pot kelengkeng memiliki bentuk kanopi yang kokoh, cabang primer dan sekunder sebaiknya memiliki panjang 30-50 cm.

Pemangkasan pada cabang sekunder akan menghasilkan tunas-tunas baru sebagai cabang tersier yang diiringi bunga-bunga majemuk yang akan menjadi buah.

Pemangkasan juga dilakukan pada cabang-cabang yang kering atau layu agar matahari dapat masuk merata sehingga tanaman bisa melakukan fotosintesis secara menyeluruh.

– Penggantian Media
penggantian media tanam juga perlu dilakukan setiap setahun satu kali, hal ini bertujuan agar tanaman lengkeng tetap produkif karena mendapatkan nutrisi dari media tanam yang baru.

Penggantian media tanam tidak seluruhnya, akan tetapi disisakan media tanam yang sebelumnya untuk ditambah dengan media tanam yang baru.

Perlu diperhatikan juga agar meletakkan pot lengkeng merah tersebut di tempat yang terkena sinar matahari penuh, agar proses fotosintesis berlangsung sempurna.

cara tanam tabulampot kelengkeng new kristal

6. Tahap Pemupukan

Proses pemupukan menjadi salah tahapan yang penting dalam keberhasilan bertanam kelengkeng new kristal. karena pemupukan menentukan asupan nutrisi apa saja yang diterima oleh kelengkeng merah. Berikut beberapa proses pemupukan untuk kelengkeng merah

  • Setiap 1 minggu siramkan vitamin sebanyak 1 ml per liter air selama 3 minggu berturut-turut.
  • Saat tanaman berumur sebulan berikan pupuk NPK seimbang dengan perbandingan 20:20:20 dengan dosis 0,75 gram per liter air. Kemudian semprotkan rutin seminggu 2 kali hingga tanaman berumur 5-6 bulan atau tajuknya rimbun. 3. 3. 3. Pangkas tajuk agar percabangan tanaman bagus.
  • Saat tanaman berumur 6 bulan, semprotkan pupuk cair NPK yang mengandung kadar fosfor dan kalium tinggi dengan perbandingan (6:30:30) berdosis 0,7 ml per liter air.
  • Aplikasinya setiap minggu hingga tanaman kelengkeng new kristal berbunga dan calon buah muncul.
    Saat muncul calon buah, hentikan pemupukan dan lanjutkan kembali saat buah seukuran kacang tanah.
  • Buah siap dipanen bila mengeluarkan aroma khas kelengkeng.

7. Pemberian Booster

Langkah bercocok tanam kelengkeng new kristal dalam pot selanjutnya adalah pemberian booster. Booster merupakan teknik agar tanaman kelengkeng mudah berbuah. Penggunaan booster pada tanaman kelengkeng dapat merangsang tanaman agar lebih cepat dan lebuh mudah dalam berbuah.

Teknik ini bisa dikatakan perlakuan khusus dalam perawatan tanaman kelengkeng new kristal. Ada beberapa perlakuan khusus yang bisa kamu gunakan. Perlakuan secara fisik dan perlakuan secara kimia.

Perlakuan khusus secara fisik bisa dipraktekan dengan cara melukai batang kelengkeng, sedangkan perlakuan khusus kimia dapat dilakukan dengan cara pemberian bahan kimia penginduksi. Perlakuan khusus ini dapat dilakukan dengan cara penyiraman langsung ke bawah perakaran, disemprotkan ke daun, atau diinjeksi ke batang utama dan akar pohon.

Perlakuan khusus tersebut, berfungsi untuk meningktkan perubahan hormon bagian tanaman kelengkeng new kristal sehingga mengibah dari fase vegetatif ke fase generatif. Tahapan pembosteran ini difungsikan agar kelengkeng new kristal relatif mampu mengasilkan bunga yang kemudian dapat berubah menjadi buah.

8. Tahap Panen

Tabulampot kelengkeng new kristal dapat mulai berbuah, saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun setelah tanam. Cara memanen kelengkeng yang benar adalah dengan cara memotong tangkainya. Hindari memetik buahnya saja agar dapat mempertahankan buah tetap banyak.

Demikianlah informasi tentang cara tanam dan perawatan tabulampot kelengken new kristal dalam pot. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *