7 Manfaat Buah Srikaya Merah, Ternyata Mampu Menjaga Daya Tahan Tubuh

7 Manfaat Buah Srikaya Merah, Ternyata Mampu Menjaga Daya Tahan Tubuh

Manfaat Srikaya Merah – Buah Srikaya merah termasuk jenis buah introduksi yang mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia. Tanaman tropis dari australia ini memang terkenal dengan Warnanya yang cantik, aroma harum, serta rasa buah yang lebih manis dari buah srikaya pada umumnya.

Ternyata,Tanaman tropis yang memiliki tampilan merah merona ini memiliki banyak sisi fungsional bagi kesehatan tubuh manusia lho.

Data dari Kemenkes RI menunjukkan bahwa setiap 100 gram srikaya merah mempunyai 127 mg kalsium, 83.4 gram air, 2.7 mg zat besi, 2.1 gram serat.

Nah, bagi anda yang tertarik ingin mengkonsumsi buah srikaya merah. Ternyata srikaya merah mempunyai aktivitas antioksidan lebih tinggi dibandingkan sari srikaya putih.

buah srikaya merah

Berikut ini adalah beberapa manfaat buah srikaya merah yang perlu anda ketahui :

1. Melancarkan Sistem Peredaran Darah

Buah Srikaya merah dikenal memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, Kandungan serat di dalamnya juga mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan menjamin kestabilan gula darah.

Kandungan air dan kalsiumnya yang cukup tinggi yang terdapat pada buah srikaya merah juga mampu mencegah hipertensi, menjaga tingkat keasaman darah, dan mencegah penyakit di pembuluh darah, dan mengatasi stroke.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Seluruh kegiatan ataupun aktivitas keseharian akan berjalan lancar jika kesehatan tulang terjaga. Srikaya merah mengandung kalsium yang cukup banyak, sehingga bisa membantu memenuhi kebutuhan kalsium harianmu.

Dengan begitu, berbagai risiko terkait kesehatan tulang, seperti sakit pinggang, peradangan sendi, maupun osteoporosis dapat diminimlkan.

Buah srikaya Merah

3. Menjaga Kekebalan Tubuh

Srikaya merah yang kaya akan vitamin C dan zat antioksidan tubuh kamu menjadi lebih tahan terhadap infeksi, sehingga membuat badan mudah sakit.

Kandungan airnya yang tinggi juga bisa membuat anda terhindar dari dehidrasi. Selain itu, kandungan serat yang bisa mendukung pertumbuhan bakteri baik di dalam usus yang seringkali dikaitkan dengan sistem imun.

4. Baik untuk Sistem Reproduksi dan Kesehatan Janin

Srikaya merah ternyata juga baik untuk kesehatan sistem reproduksi dan janin. Kandungan kalsium dari srikaya merah mampu meredakan nyeri haid, mencegah risiko pre-eklampsia pada ibu hamil, meminimalisasi risiko penyusutan tulang selama kehamilan dan menyusui.

Selain itu, buah srikaya merah juga mampu mengatasi dan meminimalisasi keluhan saat menopause, dan mencegah gejala premenstrual syndrome (PMS). Zat besi di dalamnya juga menunjang kesehatan ibu hamil dan tumbuh kembangan janin.

5. Baik untuk Kesehatan Gigi

Buah srikaya merah memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Selain baik buat kesehatan tulang, kalsium juga sangat baik buat kesehatan gigi.

Terpenuhinya kebutuhan kalsium mampu membuat gigi lebih kuat, membantu mineralisasi gigi, mencegah pendarahan akar gigi, dan sangat baik mendukung pertumbuhan gigi.

6. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Buah dan biji srikaya merah memiliki manfaat sebagai obat tradisional untuk mengatasi gangguan pencernaan, seperti diare dan disentri. Ini karena buah srikaya memiliki sifat sebagai astringen yang membantu mengurangi kandungan air pada feses dan dapat menurunkan frekuensi buang air besar.

7. Mengurangi Risiko Anemia

Srikaya merah bermanfaat mengurangi risiko anemia dan menstabilkan produksi hemoglobin karena kandungan zat besinya yang tinggi.

Demikianlah informasi tentang manfaat buah srikaya merah untuk kesehatan. Kalau belum pernah mencobanya, Anda bisa nih menjadikan buah ini sebagai referensi dalam memenuhi kebutuhan gizi harian. Semoga bermanfaat!.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *