7 Kelebihan Alpukat Bullfrog, Alpukat Lokal Yang Rekomended Budidaya Skala Komersial

7 Kelebihan Alpukat Bullfrog, Alpukat Lokal Yang Rekomended Budidaya Skala Komersial

Kelebihan Alpukat Bullfrog – Alpukat Bullfrog adalah salah satu jenis alpukat lokal unggulan yang berasal dari daerah Gonoharjo, Kendal. Alpukat bullfrog jug sudah terbukti mampu tumbuh dan berbuah dengan baik di iklim Indonesia. Alpukat Bullfrog memiliki kulitnya mirip Katak sehingga di artikan dalam bahasa inggris BullFrog.

Meskipun berlabel alpukat lokal, namun faktanya alpukat bullfrog ini memiliki banyak sekali keunggulan. Alpukat bullfrog juga termasuk salah satu alpukat genjah dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Penasaran, apa saja kelebihan yang dimiliki alpukat bullfrog?, berikut ulasannya.

keunggulan alpukat bullfrog

Berikut ini adalah 7 kelebihan yang dimiliki tanaman alpukat bullfrog yang perlu anda ketahui :

1. Citarasa Nikmat

Buah alpukat bullfrog dikenal mempunyai ukuran yang besar. Bobot satu buah alpukat bullfrog dapat mencapai kisaran 700-850 gram/buah. Bentuk buahnya berbentuk bulat lonjong dengan ujung dan pangkal buahnya memiliki ukuran simestris dan sama.

Buah alpukat bullfrog mempunyai daging buah cukup tebal dengan tekstur yang pulen, tidak berserat dengan kandungan air yang sedikit. Selain itu, Buah alpukat bullfrog mempunyai rasa yang gurih, lezat serta memiliki ukuran biji yang cenderung kecil.

2. Daya Simpan Lama

Buah alpukat bullfrog mempunyai Kulit buah yang tergolong cukup tebal, Hal ini tentunya membuat buah alpukat bulfrog ini tidak mudah busuk alias lebih tahan lama dan terjamin terjaga kesegaran buahnya, serta tidak mudah diserang oleh hama dan penyakit.

3. Nilai Jual Tinggi

Walupun notabenya sebagai alpukat lokal, namun faktanya, buah alpukat bullfrog ini memiliki nilai jual yang tinggi lho. Saat ini, Harga jual buah alpukat bullfrog mampu menembus harga Rp. 65.000 per kilogramnya.

Hal ini tentunya memberikan keuntungan tersendiri bagi para petani yang hendak bertanam alpukat. alpukat bullfrog dapat menjadi pilihan yang tepat untuk budidaya.

keunggulan alpukat bullfrog

4. Pertumbuhan Cepat

Alpukat Bullfrog merupakan jenis alpukat lokal yang berasal dari kendal. Tanaman Alpukat bullfrog dikenal memiliki pertumbuhan yang cepat dan cenderung bongsor jika dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya.

Hal ini tentunya memberikan keunggulan bagi para penghobiis hingga petani yang hendak bertanam alpukat karena dapat melihat tanaman alpukat tumbuh dengan cepat dan cepat rimbun.

5. Tingkat Adaptasi Baik

Selain memiliki pertumbuhan yang cepat, Alpukat Bullfrog juga dikenal memiliki tingkat adaptasi yang baik. bibit alpukat bullfrog dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingga dataran tinggi.

Selain itu, Tanaman tumbuh kuat, secara eksperimental ditanam di daerah lain dengan hasil yang sangat positif serta sangat adaptif. Alpukat bullfrog memiliki kemampuan pertumbuhan yang baik, bukan tipe tanman yang suka pada area tanam atau tanah yang pilih-pilih.

6. Cepat Berbuah

Tanaman alpukat bullfrog termasuk jenis alpukat yang dikenal dengan sifatnya yang cepat berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, bibit alpukat bullfrog akan mulai belajar berbuah saat tanaman sudah berumur 3-4 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil sambung pucuk.

Adapun masa pematangan buah alpukat bullfrog hampir sama dengan jenis alpukat aligator yakni berkisar antara 5-6 bulan terhitung setelah muncul bunga.

7. Tingkat Produktifitas Tinggi

Selain cepat berbuah, tanaman alpukat bullfrog juga dikenal memiliki tingkat produktivitas yang tinggi. Saat memasuki usia produktif, pohon alpukat bullfrog mampu menghasilkan buah hingga mencapai 1,3 ton per tahunnya.

keungglan alpukat bullfrog

Demikianlah informasi tentang keunggulan yang dimiliki tanaman alpukat bullfrog. Sebagai alpukat lokal unggulan, alpukat bullfrog dikenal mempunyai sifat yang genjah dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. tak heran jika alpukat ini sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala komersial.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang cara menanam alpukat bullfrog dalam pot agar tumbuh subur dan cepat berbuah mulai dari perawatan, penanaman, pemupukan dan tahap panen. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *