Tanaman Holtikulturan

7 Keistimewaan Kelapa Wulung, Kelapa Cantik Sebagai Penetral Racun Hingga Pembersih Organ Ginjal

Keistimewaan-Kelapa-Wulung

7 Keistimewaan Kelapa Wulung, Kelapa Cantik Sebagai Penetral Racun Hingga Pembersih Organ Ginjal

Keistimewaan-Kelapa-Wulung

Keunggulan Kelapa Wulung – Di lihat dari fisik luarnya, buah kelapa wulung memiliki tampilan yang hampir sama dengan jenis kelapa biasa, namun ketika kita memotong sedikit serabutnya di bagian pangkalnya, kecantikannya akan langsung terlihat. Kelapa wulung merupakan jenis kelapa unggulan yang terkenal akan kecantikan, tidak hanya sedap di mulut namun juga sedap dipandang mata. Alih-alih warna putih atau pucat, serabut kelapa wulung mempunyai warna pink atau merah muda yang cantik layaknya pipi seorang gadis yang menampilkan kemolekannya. Selain itu, kelapa wulung juga dikenal dengan citarasanya yang tidak biasanya. Hal inilah yang membuat kelapa wulung kerap digunakan sebagai obat.

Kelapa wulung juga juga memiliki segudang kandungan nutrisi mulai dari Glukosa, Sakrosa, Protein, Karbohidrat, Serat, Tanin, Asam Amino, hingga Fruktosa. Kandungan yang ada dalam Kelapa Wulung tersebut ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh lho. Lalu apa saja sich keunggulan yang dimiliki oleh kelapa wulung ? berikut ini adalah penjelasannya.

Berikut ini adalah beberapa keistimewaan kelapa wulung yang perlu diketahui :

1.Kaya Manfaat

Kelapa wulung memiliki kandungan yang lebih banyak jika dibandingkan kelapa jenis lainnya. Kandungan yang ada dalam kelapa wulung antara lain : glukosa, protein, karbohidrat, serat, sakrosa, asam amino, tanin serta fruktosa. Bahkan kelapa wulung memiliki kandungan tanin yang lebih banyak dibandingkan kelapa biasa. Mengkonsumsi air kelapa wulung dipercaya mampu membantu untuk mengobati keracunan, menyeimbangkan pH tubuh, menurunkan kolesterol, mencegah penuaan dini, mengencangkan kulit dan menurunkan berat badan. Selain itu, air kelapa wulung juga mampu membersihkan ginjal dan melancarkan urine.

BACA JUGA :   Bibit Kelapa Wulung

2.Tampilan Buah Cantik

Berbeda dengan jenis kelapa lainnya, kelapa wulung mudah dikenali karena kecantikannya. Tidak hanya sedap di mulut namun juga sedap dipandang mata. Secara fisik kelapa wulung mempunyai tampilan yang sama persis dengan kelapa hijau. Namun, yang membedakan kelapa ini dengan kelapa hijau lainnya adalah serat bagian ujung berwarna merah muda agak keunguan layaknya pipi seorang gadis cantik yang menampilkan kemolekannya.

Keistimewaan-kelapa-Wulung

3.Citarasa Unik

Selain terkenal dengan tampilannya yang cantik, kelapa wulung ini juga dikenal mempunyai citarasa yang unik. Berbeda dengan jenis kelapa hijau lainnya yang mempunyai citarasa manis, air kelapa wulung ini mempunyai rasa yang agak sedikit pahit. Hal inilah yang membuat kelapa wulung konon dipercaya berkhasiat untuk obat.

4.Nilai Jual Tinggi

Banyaknya manfaat yang dimiliki kelapa wulung, baik secara medis maupun non-medis, ilmiah ataupun mitos, Hal ini membuat kelapa ini banyak dicari konsumen. Namun kelangkaan kelapa wulung dipasaran membuat harganya membumbung tinggi. Satu buah kelapa wulung bisa dibandrol dengan harga mencapai Rp 25.000 per butir. Hal ini tentunya dapat menjadi salah satu peluang usaha yang cukup menjanjikan untuk membudidayakan kelapa wulung.

5.Tingkat Adaptasi Tinggi

Tanaman kelapa wulung dapat tumbuh dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian maksimal 450 m dpl. Jenis tanah yang cocok untuk kelapa wulung adalah tanah gembur dan berpasir. Curah hujan yang dibutuhkan untuk pertumbuhan kelapa wulung sekitar 1300-2300 mm/tahun dengan suhu 20-27 derajat celsius. Kelapa wulung ini juga memerlukan penyinaran matahari selama 120 jam/bulan. Sedangkan utuk kelembaban udara yang sering disebut rH (relative Humidity/ kelembaban relatif, tanaman kelapa wulung menyukai PH udara rata-rata 70-80 persen.

Keistimewaan-Kelapa-Wulung

6.Sifat Genjah

Tanaman kelapa wulung termasuk jenis kelapa unggul yang terkenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Perawatan tanaman kelapa wulung ini juga tergolong mudah dan hampir sama dengan jenis perawatan kelapa pada umumnya. Dengan perawatan yang baik, panen buah kelapa wulung dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 3 hingga 5 tahun setelah penanaman.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Bertanam dan Merawat Nangka Mini Di Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Dengan Cepat

7.Kental Dengan Nuansa Mistis

Bukan hanya buahanya. Sebagian masyarakat Jawa percaya, bahwa Sapu Sodo atau Sapu Lidi yang berasal dari daun kelapa wulung ini diyakini mampu menangkal berbagai jenis bahaya secara ghoib, terutama teluh yang bersifat racun. Mampu membantu menetralisir hawa nafsu, menetralisir birahi dan membantu melupakan kedengkian. Buah dan air Kelapa wulung ini juga biasanya digunakan sebagai sarana jamasan pusaka, tolak balak, sarana inisiasi, dan untuk berbagai sarana non-medis lainnya.

Sebagai jenis kelapa unggulan, kelapa ini mempunyai segudang keunggulan sebut saja, tampilan buah cantik, citarasa unik, kaya manfaat dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. Dengan Segala keunggulan yang dimiliki kelapa wulung, kelapa wulung ini layak dibudidayakan sebagai peluang usaha yang sangat menguntungkan. tertarik untuk berkebun kelapa wulung?. sebelum berkebun kelapa wulung sebaiknya mengetahui syarat tumbuh dan cara perawatan kelapa wulung dengan benar. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Leave a Reply