Tanaman Holtikulturan

6 Cara Mudah Menanam Wortel di Polybag

Cara-menanam-Wortel-polybag

Inilah 6 Cara Mudah Menanam Wortel di Polybag

Menanam Wortel Polybag – Wortel merupakan salah satu sayuran yang terkenal diseluruh dunia, Yups, sayuran wortel dikenal akan kandungan vitamin A yang tinggi. Selain mempunyai harga yang cukup ekonomis, wortel juga termasuk salah satu sayuran yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Sayuran wortel banyak dimanfaatkan sebagai bagian dari kuliner mulai dari capcay, soup, tumis dan pecel. Wortel juga banyak dikonsumsi dalam bentuk segar atau di buat jus.

Banyak yang berasumsi bahwa menanam wortel sangatlah sulit, karena harus di dataran tinggi. Menanam wortel dalam polybag dapat menjadi salah satu alternatif yang bisa digunakan dengan lahan yang terbatas. Penanaman juga dapat dilakukan secara mandiri di rumah dengan nutrisi organik yang sangat sehat untuk kebutuhan sayur harian. Proses perawatannya juga tergolong mudah. Tertarik untuk mencoba menanam wortel dalam polybag? simak ulasan berikut ini.

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam menanam sayuran wortel dalam polybag :

1.Pemilihan Benih

Dalam menanam wortel pemilihan benih menjadi salah satu aspek yang penting. Hal ini karena akan menentukan baik tidaknya wortel yang akan dihasilkan. Benih wortel dapat ditemukan di toko – toko pertanian terdekat maupun secara online.

Sebaiknya memilih benih wortel berupa kemasan di toko pertanian yang sudah terdaftar atau sudah memiliki bermerk. Hal ini karena mutu dapat diketahui dengan mudah dan sudah pasti terjamin kualitasnya. Selain itu,pemilihan benih wortel juga memperhatikan jenis varietas yang sesuai dengan iklim dan lingkungan.

2.Penyemaian Benih

Penyemaian benih wortel lebih baik dilakukan pada media semai yang terpisah. Gunakan media dengan komposisi tanah yang banyak mengandung berbagai unsur hara lengkap. Padatkan tanah di dalam tempat pembenihan, lalu diamkan tanah selama beberapa hari.

  • Benih wortel direndam ke dalam air hangat kurang lebih 15 menit.
  • Benih yang dipilih hanya benih yang tenggelam dalam air. Benih yang mengapung menunjukkan kualitas benih tidak baik.
  • Lubangi tempat semai dengan kedalaman 2—3 cm. Masukkan benih wortel ke dalam media semai
  • Penyiraman kemudian dilakukan secara teratur selama 1 minggu hingga 2 minggu.
  • Tanaman wortel yang siap untuk dipindahkan adalah tanaman yang sudah dilengkapi dengan 3—4 daun.
BACA JUGA :   Durian Duri Hitam, Durian Unggul Dengan Gelar Sang Jawara Durian dari Negeri Jiran, Malaysia

3.Persiapan Polybag

Siapkan media tanam. Hal ini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini karena media tanam akan menjadi bibit wortel yang sudah disemai agar tumbuh dengan baik. Tahapan yang perlu dilakukan adalah:

  • Siapkan polybag dengan ukuran sedang, yaitu 40×50 cm
  • Campur tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 2:1 :1 (3 tanah : 1 pupuk kandang : 1 sekam)
  • Polybag diisi dengan campuran tanah hingga hampir penuh, dan sisakan sekitar 10 cm pada bagian atas
  • Letakkan polybag di area teduh yang tidak terkena cahaya matahari langsung
  • Diamkan campuran ini selama 3 hari. Tujuannya, agar pencampuran merata dan semakin baik hasil penanamannya.

4.Penanaman Bibit

Setelah bibit wortel yang telah disemai sudah memiliki 4-5 helai daun, maka bibit wortel sudah siap untuk dipindahkan ke dalam polybag yang lebih besar. Adapan cara pemindahan bibit wortel sebagai berikut:

  • Lakukan penyiraman terlebih dahulu pada medai semai sebelum bibit wortel dicabut
  • Cabut bibit wortel secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akarnya
  • Buat lubang tanam pada polybag menggunakan jari atau tongkat kayu kurang lebih sedalam 5-10 cm
  • Masukkan bibit wortel yang sudah disemai ke dalam lubang tersebut.
  • Sebaiknya proses penanaman dilakukan di sore hari agar tidak terlalu panas

5.Tahap Perawatan

Proses perawatan tanaman wortel juga menjadi hal yang sangat penting. Hal ini bertujuan agar bibit wortel tumbuh dengan optimal dan dapat menghasilkan wortel yang sehat dan berkualitas. Cara perawatan wortel dalam polybag adalah dengan melakukan beberapa hal serikut secara rutin:

  • Penyiraman : Jagalah agar media tanam tetap basah. usahakan melakukan penyiramian sebanyak dua kali dalam sehari ketika cuaca sedang panas dan terik. Jangan biarkan media tanam tetap kering dalam jangka waktu yang lama.
  • Penyiangan : Pangkas bibit wortel setelah muncul tunas hijau setinggi 3 cm. Potong tunas hijau tersebut sejajar dengan tanah menggunakan gunting sampai hanya ada satu bibit yang tersisa di setiap lubang. Jangan menarik bibitnya. Mencabut bibit tanaman dapat mengacaukan media tanam dan merusak akar tanaman yang tersisa.
  • Pemupukan : Sebaiknya lakukan secara rutin setiap minggu untuk menghasilkan tanaman wortel yang unggul. Lakukan Pemupukan dengan menggunakan kotoran hewan dan pupuk organik lainnya.
  • Sesekali berikan pupuk cair untuk menambah nutrisi pada tanaman wortel dalam polybag.
  • Hama & Penyakit :Tanaman wortel memang sangat rentan dengan adanya serangan jamur yang mengganggu. Apabila tanaman wortel terserang jamur, dapat mengatasinya dengan menggunakan cairan anti jamur yang berupa belerang atau dapat juga dengan menggunakan serbuk kayu manis.
BACA JUGA :   5 Cara Menanam dan Merawat Kelengkeng Diamond River Dalam Pot Agar Mampu Tumbuh Subur dan Berbuah Lebat

Perawatan lainnya yang perlu diperhatikan antara lain : Tambahkan media tanam di sekitar tunas hijau yang terlihat bengkok. Apabila batangnya bengkok, akar tanaman tidak akan terbentuk dengan baik. Selain itu, tutupi akar dengan tambahan media tanam apabila terlihat menyembul keluar dari tanah. Jika akar wortel terkena paparan sinar matahari, akar tersebut akan berubah menjadi hijau, dan tidak dapat dimakan.

6.Tahap Panen

Tanaman wortel dapat dipanen ketika usianya sudah mencapai 2 – 2,5 bulan. Rasa manis yang didapat dari wortel juga dapat Anda temukan ketika Anda melakukan panen secara cepat. Semakin awal memanen, maka semakin manis rasa wortel yang dihasilkan.Hindarilah keterlambatan memanen karena apabila hal ini terjadi maka wortel akan berubah menjadi lebih keras. Pegang batang tanaman yang ada di atas akar, kemudian goyangkan dan keluarkan umbi wortel dengan lembut.

Demikianlah Informasi tentang panduan cara mudah menanam sayuran wortel dalam polybag. Menanam wortel di didalam polybag juga dapat dijadikan sebagai hiasan untuk mempercantik rumah karena daunnya yang segar sangat nyaman dipandang. Menanam wortel dalam pot jauh lebih mudah dibandinkan dengan menanam dalam tanah. Jangan lupa untuk memilih bibit berkualitas unggul agar hasil panen yang diinginkan sesuai dengan harapan. Selamat mencoba.

BACA JUGA :   Inilah 5 Cara Praktis Teknik Sambung Sisip Pada Tanaman Secara Baik dan Benar Agar Mampu Menghasilkan Bibit Yang Berkualitas


kata terkait,
wortel, sayuran wortel, bibit wortel, wortel dalam polybag, cara tanam wortel dalam polybag, menanam wortel dalam polybag, menanam wortel dipot, tips menanam wortel polybag, perawatan wortel polybag,

Leave a Reply