Tanaman Holtikulturan

6 Cara Mudah Menanam Tomat Dalam Polybag

Tips-Menanam-Tomat

Inilah 6 Cara Mudah Menanam Sayuran Tomat Dalam Polybag

Tips Menanam Tomat Polybag – Tomat merupakan jenis tanaman yang tergolong dalam golongan sayuran. Tomat termasuk jenis sayuran yang cukup banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Sayuran ini sering dimanfatkan menjadi berbagai macam masakan dan minuman, mulai dari jus, saus tomat, pelengkap garang asem hingga pelengkap berbagai masakan lainnya. Selain itu, Sayuran yang identik dengan bentuknya yang bulat dan warnanya yang merah ini juga dikenal memiliki banyak kandungan vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata dan memiliki khasiat yang bagus untuk merawat kulit wajah.

Tanaman tomat kini banyak dibudidayakan oleh para petani di Indonesia. Tanaman tomat bisa tumbuh baik didataran rendah maupun tinggi mulai dari 0-1500 meter dpl. Selain itu, tanaman tomat termasuk jenis tanaman yang dapat tumbuh di segala media, mulai dari ditanam di lahan sawah, lahan tegal, lahan pekarangan, bahkan untuk kepemilikan lahan yang terbatas.

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

Untuk memulai menanam tomat, tidak perlu memiliki lahan yang luas. Saat ini, kalian bisa menanamnya di pekarangan rumah masing-masing dengan memanfaatkan polybag. Perawatannya juga tidaklah terlalu susah dan mudah untuk dilakukan. Selain dapat menjadi penghias untuk teras rumah, menanam tomat dalam polybag juga sangat menyenangkan saat merawat hingga memanen buahnya.

1.Pemilihan Benih Unggul

Tahapan pertama dalam menanam tomat dalam polybag adalah memilih benih tomat kualitas unggu. Dalam memilih benuh tomat usahakan memilih benih tomat yang tepat dan sesuai agar nantinya dapat tumbuh menjadi tanaman tomat yang sehat dan bisa menghasilkan tomat yang baik. Untuk mendapatkan benih tomat dapat membeli di toko pertanian terpercaya.

BACA JUGA :   13 Sayuran Menguntungkan & Mudah Perawatan

2.Penyemaian Benih

Proses penyemaian benih tomat bertujuan untuk mendapatkan tunas tomat yang berkualitas unggul. Adapun proses penyemaian benih tomat antara lain :

  • Rendam benih tomat dalam air hangat selama 3-6 jam.
  • Benih tomat yang dipilih adalah benih yang tenggelam atau tidak mengapung selama direndam.
  • Siapkan media semai dengan campuran antara tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1
  • Buat lubang di dalam media semai dengan mengguanakn jari dengan kedalaman kurang lebih 2 sampai 3 cm.
  • Masukan bibit tomat kedalam lubang, dan tutup kembali dengan tanah.
  • Lakukan penyiraman air setiap pagi dan sore hari.

Usahakan menempatkan media semai pada tempat yang teduh atau tempat yang tidak terkena sinar matahari dan hujan secara langsung. Siram media semai secara teratur agar tetap dalam kondisi lembab. Dengan demikian benih akan cepat tumbuh. Setelah 7 hari, biasanya sudah mulai tumbuh kecambah. Bibit tomat baru siap ditanam ketika usianya sudah mencapai 1 bulan.

3.Persiapan Media Tanam

Untuk bertanam tomat dalam polybag, anda bisa menggunaka polybag dengan ukuran sedang yakni ukuran 40×50 cm. Sedangkan untuk media tanam yang digunakan merupakan campuran dari tanah, sekan dan pupuk kandang atau pupuk kompos dengan perbandingan (1 : 1 : 1).
Masukkan campuran tanah ke dalam polybag atau pot hingga hampir penuh. Letakkan polybag di tempat yang teduh yang tidak terkena cahaya matahari langsung, dan biarkan selama dua hari sebelum ditanami bibit tomat.

4.Penanaman Bibit

Bibit tomat yang telah berumur lebih dari 20 hari setelah semai sudah siap untuk dipindahkan ke media tanam polybag. Cara menanam tomat yang baik saat penanaman harus dilakukan dengan hati-hati dan perlahan agar kita tidak merusak akar dari bibit tomat tersebut. Pindahkan bibit kedalam pot atau polybag dengan akar yang masih untuh bersama tanah yang masih menempel dibibit tomat.

  • Lakukan penyiraman terlebih dahulu pada media semai sebelum bibit tomat dicabut
  • Cabut bibit tomat secara perlahan dan hati-hati agar tidak merusak akarnya
  • Buat lubang tanam pada polybag menggunakan jari atau tongkat kayu kurang lebih sedalam 5-10 cm
  • Masukkan bibit tomat yang sudah disemai ke dalam lubang tersebut. Usahakan tiap polybag hanya diisi dengan satu bibit tomat
  • Lakukan penyiraman setelah bibit dimasukkan dalam lubang tanam. Sebaiknya proses penanaman dilakukan di sore hari agar tidak terlalu panas
BACA JUGA :   5 Keistimewaan Kelapa Kopyor, Kelapa Ubnormal Dengan Citarasa Lebih Segar Dan Aroma Yang Khas

5.Perawatan Bibit Tomat

Untuk perawatan tanaman tomat dalam polybag tergolong mudah karena sedikit kemungkinan akan terjangkit penyakit yang penyebarannya melalui akar. Yang penting tanaman tomat harus dijaga agar selalu tetap basah.

  • Penyiraman : Setidaknya tanaman tomat harus disiram sekitar 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore. Jangan pula terlalu basah untuk menghidari penyakit busuk akar.
  • Penyiangan : Bersihkan juga dari gulma dan tanaman liar secara berkala dan juga cabut tanaman yang mati atau layu.
  • Pemupukan : Pupuk tanaman setelah satu minggu dengan kompos sebanyak satu genggam untuk setiap polybag. Lakukan penambahan pupuk kompos setiap bulan, atau bila terlihat tanaman kurang subur. Bila tanaman akan berbuah bisa ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.
  • Hama & Penyakit : Hama dan peyakit tanaman tomat lumayan banyak. Bila terlihat ada serangan hama, ambil hama tersebut secara manual. Buang daun atau batang yang rusak terkena hama. Penyemprotan hendaknya dilakukan apabila benar-benar diperlukan. Agar lebih aman untuk kesehatan dan lingkungan gunakan pestisida organik yang lebih alami.

Adapun Perawatan lain yang diperlukan dalam bertanam tomat dalam polybag adalah pemangkasan tunas dan pemberian ajir sebagai penopang tanaman.

6.Masa Panen

Masa panen tomat terbilang cukup cepat, tanaman tomat sudah dapat dipanen perdana setelah berumur 3 bulan setelah tanam. Ciri tomat siap dipanen adalah perubahan warnanya yang awalnya hijau menjadi agak kekuning-kuningan. Buah tomat tidak matang secara serentak. Sebaiknya Pemetikan buah tomat dilakukan pada buah yang telah matang saja. Lakukan pemetikan setiap 2-3 hari sekali, jangan terlalu rapat untuk menghindari kerusakan tanaman. Waktu pemetikan yang paling baik pagi dan sore hari, ketika sinar matahari tidak terlalu terik.

BACA JUGA :   Durian MusangKing, Durian Unggul Yang Mendapat Gelar Raja Durian Dari Malaysia

Menanam tomat dalam polybag menjadi lebih efektif karena mudah perawatannya serta tidak memerlukan lahan yang luas dan tidak menyita banyak waktu untuk perawatannya. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply