6 Kelebihan Alpukat Cuba, Ukuran Buah Jumbo, Tingkat Adaptasi Baik dan Produktivitas Tinggi

6 Kelebihan Alpukat Cuba, Ukuran Buah Jumbo, Tingkat Adaptasi Baik dan Produktivitas Tinggi

Kelebihan Alpukat Cuba – Alpukat Cuba merupakan salah satu jenis alpukat introduksi yang berasal dari vietnam. Alpukat jenis ini memang masih terbilang baru bagi pecinta tanaman buah. Walaupun masih terbilang baru, namun buah alpukat yang berasal dari Vietnam meyimpan memiliki banyak sekali keunggulan yang perlu diacungi jempol.

Buah alpukat cuba ini memiliki ukuran buah yang lebih besar dari alpukat jenis lainnya. Di mana berat buah alpukat cuba yang siap panen, bisa mencapai 500 – 1.000 gram per buah. Selain itu, Pohon alpukat cuba juga dikenal memiliki kemampuan adaptasinya yang tinggi.

Bahkan, dengan kualitas yang dimiliki, Buah alpukat cuba ini pernah menyabet juara 1 dalam kontes alpukat lezat di musim alpukat Dak Nong pada tahun 2018. Penasaran?, apa saja sich keunggulan yang dimiliki alpukat cuba ini sehingga mampu menjadi juara 1 kontes alpukat. Berikut ulasannya.

Berikut ini adalah 6 Kelebihan Alpukat Cuba yang perlu anda ketahui :

1. Ukuran Buah Besar

Alpukat cuba termasuk jenis alpukat jumbo yang dikenal dengan ukuran buahnya yang besar, bobot satu buahnya mampu mencapai kisaran 500-1000 gram. Buah Alpukat cuba berbentuk bulat oval, dengan bagian bawah membesar. Kulit buahnya berwarna merah saat sudah matang.

2. Citarasa Lezat

Dari segi tekstur, Buah alpukat cuba mempunyai daging yang sangat tebal dengan presentase mencapai 80% dari keseluruhan buah. Daging buahnya berwarna kuning mentega. Tekstur buhanya lembut, tanpa serat dan pulen dengan kandungan air yang juga rendah.

Untuk soal rasa?, buah alpukat cuba mempunyai citarasa yang gurih, lezat, nikmat serta memiliki aroma khas buah alpukat yang harum. Kandungan air di dalam buahnya sangat sedikit sehingga menghasilkan rasa buah yang enak.

3. Tidak Mudah Busuk

Buah alpukat cuba memiliki daya penyimpanan yang cukup lama sampai membusuk. Saat anda melakukan pemeraman saja untuk dapat matang sempurna anda butuh waktu sekitar 7 hari hingga buahnya matang.

4. Ukuran Pohon Pendek

Pohon alpukat cuba dikenal memiliki postur pohon yang terbilang pendek, jika dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Selain itu, tajuk pohon alpukat cuba juga pendek dengan kanopi pohon yang lebih pendek.

Hal ini tentunya memberikan keuntungan dalam jarak tanam sehingga saat menanam, populasi bibit alpukat cuba akan menjadi lebih banyak dari pada jenis alpukat lain.

5. Cepat Berbuah

Alpukat cuba termasuk jenis alpukat unggul yang dikenal cepat berbuah atau genjah. Dengan perawatan yang baik, bibit alpukat cuba akan mulai belajar berbuah setelah berumur 3 tahun setelah tanam. Tentunya bibit yang digunakan harus dari perbanyakan vegetatif seperti okulasi, cangkok, ataupun sambung pucuk.

6. Tingkat Produktifitas Tinggi

Tingkat produktifitas alpukat cuba juga sangat tinggi, di Vietnam satu pohon alpukat cuba mampu menghasilkan buah sebanyak 100 kg per tahun. Saat memasuki usai produktif, yakni saat berusia 5-6 tahun buah yang dihasilkan oleh pohon alpukat cuba akan jauh lebih banyak.

Demikianlah informasi tentang 6 kelebihan yang dimiliki alpukat cuba. Alpukat cuba termasuk jenis varietas alpukat baru yang telah terbukti mampu dibudidayakan dengan baik di Indonesia. Dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi, Alpukat cuba ini juga sangat rekomended untuk dibudidayakan dalam skala komersial. Terima kasih.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang cara menanam alpukat cuba dalam pot agar tumbuh optimal dan cepat berbuah mulai dari penanaman, perawatan, pemupukan dan tahap panen. Semoga artikel tersebut dapat menambah wawasan kita tentang alpukat cuba. terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *