Tanaman Holtikulturan

6 Keistimewaan Kelapa Genjah Entok, Kelapa Unggulan Dengan Postur Tubuh Cebol dan Mampu Berbuah Lebat

Keistimewaan-kelapa-genjah-entok

6 Keistimewaan Kelapa Genjah Entok, Kelapa Unggulan Dengan Postur Tubuh Cebol dan Mampu Berbuah Lebat

Keunggulan Kelapa Genjah Entok – Kelapa genjah entok adalah jenis kelapa yang berasal dari Kebumen. kelapa genjah entok menjadi salah satu jenis kelapa unggulan yang mulai banyak dibudidayakan secara komersil. Kelapa yang satu ini banyak dibudidayakan di daerah Yogyakarta. Kelapa genjah entok ini dikenal dengan karakter postur tubuhnya yang cebol alias pendek. Bentuk batangnya lurus dan tinggi batang yang relatif pendek, pohon kelapa jenis ini hanya mampu tumbuh tinggi sekitar 3 – 4 meter saja. Dengan postur tubuhnya yang pendek, membuat kelapa genjah entok ini dapat ditanam pada area yang relatif sempit termasuk dipekarangan rumah.

Selain postur tubuhnya yang pendek, kelapa genjah entok juga dikenal dengan sifatnya yang genjah atau mudah berbuah. Selain itu, Kelapa genjah entok juga dikenal dengan tingkat prodktifitasnya yang sangat tinggi. Lalu apa saja sich keunggulan yang dimiliki oleh kelapa genjah entok ini? berikut ulasannya.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan kelapa genjah entok yang perlu diketahui :

1.Kualitas Buah Bagus

Secara fisik, tampilan buah kelapa genjah entok memiliki bentuk dan ukuran yang hampir sama dengan jenis kelapa hijau lainnya. Namun, kelapa genjah entok ini memiliki keunggulan dengan daging buah yang bertekstur lebih lembut dan mempunyai kandungan air cukup banyak. Sehingga sangat cocok sekali dijadikan minuman kelapa muda dengan kandungan isotoniknya.

2.Postur Tubuh Pendek

Kelapa genjah entok terkenal dengan postur tubuhnya yang terbilang pendek. Rata-rata tinggi pohon kelapa yang banyak tumbuh memiliki ketinggian hingga 7 meter. Namun, berbeda kelapa genjah entok, pohon kelapa ini hanya memiliki tinggi rata-rata antara 3-4 meteran saja. Hal ini juga yang menjadi ciri khas Kelapa genjah entok dengan buah kelapa berwarna hijau, pohon cebol dan berbuah lebat. Meskipun mempunyai batang yang pendek, kelapa genjah terkenal kokoh. Hal ini dikarenakan bentuk batang pohon yang sama besar mulai dari pangkal sampai ujung. Pohon kelapa ganjah entok ini juga cocok ditanam dipekarangan rumah sebab cukup sedap dipandang mata.

BACA JUGA :   Durian Merah, Durian Lokal Unggulan Yang Sedap Dipandang dan Mempunyai Rasa Yang Unik Kebanggaan Masyarakat Banyuwangi

3.Tingkat Adapatasi Tinggi

Kelapa ini juga dapat tumbuh dimana saja, asalkan tempat tersebut terkena sinar matahari dan memiliki air yang cukup. Kelapa genjah entok dapat tumbuh baik pada berbagai macam tekstur tanah mulai dari lahan berpasir sampai berlempung asal memiliki draenase dan aerasi yang baik, pH tanah yang dikehendaki oleh tanaman kelapa genjah entog normal atau 5,5 – 7,5. Tinggi tempat yang cocok untuk tanaman kelapa genjah entog adalah di bawah 500 m dpl. Dengan temperature udara sekitar 27°C – 28°C, curah hujan 1.200 – 2.500 mm/tahun dengan penyinaran. Penyinaran matahari minimal 2.000 jam/tahun atau 180 jam per bulan dan kelembaban udara 80 – 90 %.

4.Bersifat Genjah

Kelapa genjah entok merupakan kelapa unggul yang dikenal mempunyai sifat genjah atau mudah berbuah. Apabila agroklimat pertumbuhan tanaman kelapa genjah entog sesuai dan perawatan yang baik maka tanaman kelapa genjah entok dapat mulai berbuah saat tanaman sudah berumur 3 – 4 tahun setelah tanam. Kelapa genjah entok memiliki ciri khas buah kelapa berwarna hijau dengan pohon cebol dan berbuah lebat.

5.Produktifitas Tinggi

Selain sifatnya yang genjah, pohon kelapa genjah entok juga dikenal mempunyai tingkat produktifitas yang tergolong tinggi. Pohon kelapa genjah entok mampu menghasilkan buah yang lebat dalam satu tandan. Satu tandan bisa berisi 7-12 butir. Pada usia dewasa pohon kelapa genjah entok mampu menghasilkan buah hingga 140 butir/pohon/tahun. Selain itu, dengan postur tubuhnya yang pendek yakni hanya sekitar 3-4 meter. Hal ini tentunya menjadi keunggulan tersendiri pada saat proses pemanenan dan mengurangi resiko kecelakaan bagi pemetik buah kelapa.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Bertanam dan Merawat Nangka Mini Di Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Dengan Cepat

6.Peluang Bisnis Menjanjikan

Dengan segala keunggulan yang dimiliki kelapa genjah entok mulai dari sifatnya yang genjah, produktifitas tinggi dan perawatannya yang mudah. ditambah lagi dengan tingkat produktifitasnya yang tinggi. maka kelapa genjah entok sangat rekomende untuk dijadikan sebagai salah satu peluang bisnis yang menguntungkan.

Kelapa genjah entok memiliki banyak keunggulan mulai dari kualitas buah, postur tubuh yang pendek, sifatnya yang genjah hingga tingkat produktifitasnya yang tinggi. Tak heran jika banyak orang yang mencari bibit kelapa genjah entok untuk ditanam di pekarangan atau dibudidayakan dalam skala besar. Tertarik untuk mencoba menanam kelapa genjah entok, namun belum tahu caranya?. kami akan memberikan ulasan tentang panduna budidaya kelapa genjah entok yang meliputi tahap penanaman, tahap perawatan hingga tahap panen. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Leave a Reply

Theme by Anders Norén