6 JENIS JAMBU AIR UNGGULAN DENGAN UKURAN JUMBO

6 JENIS JAMBU AIR UNGGULAN DENGAN UKURAN JUMBO yang Wajib Anda Miliki

Jambu air adalah buah yang banyak tumbuh di negara dengan iklim tropis, terutama di kawasan Asia tenggara. Rasanya yang manis dan menyegarkan membuat buah yang satu ini semakin nikmat apabila dinikmati saat cuaca panas. Tentunya akan lebih puas jika kita bisa memakan buah jambu air yang berukuran sangat besar atau bisa disebut sebagai jambu air jumbo.

  1. Jambu air bajang leang
    Jambu air bajang leang atau disebut juga pa cang lien wu atau berarti telapak tangan adalah buah jambu air jumbo yang berasal dari Thailand. Selain buahnya yang besar jambu air ini juga memiliki rasa buah yang manis dan menyegarkan karena mengandung kadar air yang cukup banyak.
    Walaupun bentuk pohonnya sama dengan pohon jambu air pada umumnya. Penampakan buah jambu air jumbo ini sangat menarik, berbentuk lonceng gemuk dengan perpaduan tiga warna, hijau, kuning, dan merah yang sangat cantik untuk dipandang.

Jambu air jumbo ini dapat tumbuh pada kondisi tanah apapun, baik dataran rendah maupun dataran tinggi. Tapi idealnya jambu air ini ditanam pada ketinggian 100 sampai 700 meter di atas permukaan laut, agar dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan buah yang berkualitas. Tanah yang cocok untuk menanamnya adalah tanah yang subur, gembur, dan kaya akan humus dengan curah hujan yang rendah antara 500 sampai 3000 mm per tahun.
Perawatan pohonnya juga mudah, cukup memyiram air sehari dua kali setiap pagi dan sore, agar pohon jambu jumbo ini cepat berbuah. Tapi jangan sampai air merendam pohonnya karena akan membuat perakarannya busuk dan rusak bahkan dapat membuat pohon jambu ini mati.

Jika diberikan perawatan yang baik, jambu air jumbo ini dapat berbuah saat berumur 2 sampai 3 tahun setelah penanaman menggunakan teknikokulasi atau cangkok. Saat bunganya sudah menjadi buah segera tutup dengan plastik transparan agar tidak diserang hama. Selain itu cara ini lebih efektif untuk menjaga warna buah yang cantik.

  1. Jambu Air Kingrose
    King rose adalah salah satu jambu air unggulan Indonesia.

Jambu air ini termasuk jenis jambu air unggulan dikarenakan memiliki ukuran buah yang besar, daging buah yang tebal, rasa yang manis dan kandungan air yang tinggi.

Ukuran buah jambu air king rose dapat dikatakan jumbo dibandingkan dengan ukuran buah jambu air lainnya.

Berat buah jambu air king rose dapat mencapai 200-350 gram per buahnya.

Warna dari buah jambu air ini adalah merah legam menyerupai warna bunga mawar. Terkadang buah jambu ini tidak mempunyai biji.

  1. Taiwan supergreen
    Masih dari varietas madu, jambu air super green merupakan jenis buah jambu yang juga termasuk unggulan.

Super green memiliki ukuran buah yang cukup besar (bisa mencapai ukuran gelas kemasan) dengan bentuknya yang agak melonjong dan berwarna hijau muda.

Pohon dari super green sendiri juga termasuk besar. Umumnya baru akan berbuah ketika pohon berumur 1 sampai 2 tahun.

Ketika berbuah, super green menghasilkan buah yang terbilang cukup banyak meskipun tidak sebanyak jenis deli hijau.

Jika ditimbang, 4 jambu super green akan memiliki berat 1 kg. Selain ukurannya yang besar, jenis ini juga memiliki rasa yang manis yang merata dan menyegarkan.

  1. Citra
    Citra menjadi salah satu jambu air yang banyak digemari para penikmat buah ini. Memiliki rasa buah yang sangat manis.

Ukuran buah dari jambu air citra hampir sama dengan ukuran buah jambu air king rose.

Buah jambu air citra memiliki bentuk menyerupai lonceng dan tidak berlekuk. Terdapat 1-12 buah jambu air citra pada setiap tandannya.

  1. Bol Jamaika
    Jambu bol jamaika memiliki ukuran buah sebesar genggaman tangan orang dewasa. Jenis jambu air ini juga menjadi salah satu jenis jambu air unggulan.

Buah jambu bol jamaika memiliki daging buah yang tebal dengan rasa yang manis.

Kandungan air dari buah jambu air jenis bol jamaika ini juga tinggi, sehingga bisa menghilangkan rasa haus yang kamu rasakan.

Tekstur dari bol jamaika sendiri akan terasa lebih lembut sekaligus padat ketika disantap jika dibandingkan dengan jenis jambu air lainnya.

6.Dalhari
Tanaman Jambu dalhari termasuk jenis tanaman jambu air yang dikenal dengan sifat genjah atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, tanaman buah ini mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun dari penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Panen raya umumnya jatuh pada Juli sampai September.


Budidaya jambu dalhari termasuk mudah, secara umum hampir sama dengan perawatan jambu air king rose. Lakukan penyiraman secara teratur pada pagi dan sore hari tergantung situasi. Selain itu, lakukan juga pemupukan, penyiangan, dan pemangkasan yang tepat.


Pohon jambu dalhari juga terkanal akan tingkat produksi buah yang tinggi. Satu pohon jambu air dalhari mampu menghasilkan 100 – 200 kg per musim. Bahkan hebatnya lagi, seiring dengan bertambahnya umur. Untuk produksi optimal Pada saat berumur 6 -7 tahun, tanaman buah jambu dalhari mampu memproduksi buah hingga 500 – 600 kg per pohon.

Demikian beberapa Ulasan mengenai jambu air unggulan dengan ukuran jumbo yang perlu anda ketahui, selain dari keindahan bentuk, warna buah dan rasa yang dimiliki berbagai jenis jambu air unggulan. Terima kasih semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Leave A Comment

Tanya disini
Hallo, ada yang bisa dibantu?