Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Tanaman Hias » 6 Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbunga
click image to preview activate zoom

6 Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbunga

Stok
Kategori Tanaman Hias
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

6 Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbunga

6 Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbunga

Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting – Anggrek dendrobium keriting merupakan spesies dendrobium asli Australia, Papua New Guinea, dan Indonesia. Anggrek dendrobium keriting dikenal memiliki ciri yakni mempunyai dua warna yang berbeda yang mana mendominasi mahkota bunga.

Anggrek dendrobium keriting sering disebut Dendrobium discolor atau juga disebut sebagai anggrek tanduk. Hal ini dikarenakan anggrek dendrobium keriting memiliki ukuran batang anggrek beserta bunganya yang terkesan ‘jumbo’.

Di habitat aslinya, anggrek dendrobium keriting umumnya tumbuh di wilayah pantai hutan bakau dan di sepanjang bukit berpasir. Ia juga dapat tumbuh di bukit dengan kadar garam tinggi serta bebatuan dengan ketinggian 550m.

Adapun Sifat alamiah yang dimiliki anggrek dendrobium keriting adalah ia menyukai lingkungan hidup yang kering. Anggrek dendrobium juga tidak terlalu menyukai tempat hidup yang terlalu lembap.

Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting

Nah, bagi sobat agro mania yang tertarik untuk mengoleksi jenis anggrek dendrobium keriting ini, pada kesempatan kali ini kami akan memaparkan cara mudah dalam merawat tanaman anggrek dendrobium keriting mulai dari penyiraman dan pemupukan serta perlakuan lainnya.

BACA JUGA :   5 Media Tanam Anggrek Terbaik Agar Tumbuh Dengan Optimal

Berikut ini adalah cara merawat anggrek dendrobium keriting agar tumbuh subur dan cepat berbuah

1. Penyiraman

Saat memasuki musim kemarau, bunga anggrek dendrobium keriting lebih sering jika dibandingkan saat musim hujan. Siramlah bunga anggrek saat media tanam bunga sudah menunjukkan kekeringan.

Caranya cukup mudah yakni anda bisa memasukkan jari satu inci dalam media tanam. anda dapat menyiramnya saat kulit jarimu tidak menyisakan air atau struktur media tanam yang basah.

Normalnya, penyiraman anggrek dendrobium keriting dilakukan dua kali seminggu. Namun, hal ini bergantung pada tempat dan lokasi kamu menanam anggrek.

2. Pemupukan

Dianjurkan untuk menggunakan pupuk anggrek dengan dosis 1/4 hingga 1/2 setiap minggu. anda dapat mengencerkan konsentrasi pupuk dengan air sebelum memberikannya pada anggrek.

Gunakan pupuk secara seimbang sepanjang tahun atau dari musim penyemaian bunga hingga pertengahan musim kemarau menggunakan pupuk nitrogen tinggi. Kemudian mendekati akhir Desember, anda dapat menggunakan pupuk fosfat tinggi untuk merangsang pembungaan.

Sebagai informasi bagi sobat agro mania. Sebaiknya jangan memberikan pupuk apapun saat tanaman Anggrek Dendrobium Keriting dalam kondisi mekar sempurna.

3. Cahaya

Anggrek Dendrobium discolor dapat hidup dengan baik di bawah sinar matahari penuh (25000-50000 lux), Sebaiknya taruhlah bunga anggrek Dendrobium didekat dengan kaca jendela atau dirawat dalam rumah kaca jika diperlukan. Selain cahaya alami, anda juga dapat menggunakan cahaya dari lampu buatan.

BACA JUGA :   5 Cara Merawat Anggrek Agar Tetap Subur dan Tahan Lama, Cocok Untuk Pemula

4. Suhu

Anggrek dendrobium keriting menghendaski ruangan dengan suhu rata-rata siang hari di musim kemarau adalah 25-26 °C, sedangkan di malam harinya adalah 21 °C. Hal ini memberikan perbedaan suhu harian 4-6 °C.

Sedangkan saat musim hujan, suhu rata-rata siang hari adalah 27-30 °C, sedangkan pada malam hari adalah 16-17 °C . Hal ini memberikan perbedaan suhu harian sebesar 13 °C.

Pada Umumnya, Anggrek dendrobium keriting menyukai suhu yang tidak terlalu lembap atau terlalu basah.

5. Kelembapan

Anggrek dendrobium keriting membutuhkan kelembapan 80-90% selama masa pertumbuhan (yaitu dari saat tunas pertama muncul hingga pseudobulb terakhir telah tumbuh secara maksimal).

Di musim hujan, kelembapan dapat turun hingga 65%. Udara yang terlalu kering berdampak negatif pada perkembangan tanaman, seperti pertumbuhannya terhambat, dan daun mulai menguning atau mengering.

Semakin tinggi suhu, semakin tinggi kelembapannya, dan semakin tinggi kelembapannya, semakin sering dan lama pertumbuhannya.

Oleh karena itu, jika suhu terlalu tinggi atau terlalu rendah, maka diperlukan ventilasi ruangan di tempat tanaman berada. Jika tidak ada, maka kemungkinan besar anggrek dapat membusuk dan dihinggapi berbagai jenis penyakit jamur.

6. Media Tanam dan Repotting

Dendrobium discolor tumbuh paling baik dalam pot dengan media tanam dari pecahan barang-barang tembikar dan arang di bagian bawah pot.

BACA JUGA :   5 Jenis Anggrek Mini Dengan Tampilan Cantik dan Cocok Untuk Di Tanam Dalam Rumah

Setelah menanam, letakkan tanaman di tempat yang sejuk dan teduh selama beberapa hari sebelum menempatkannya pada tempat teduh yang langsung terpapar sinar matahari.

Sebaiknya gunakan pot terkecil yang bisa menampung tanaman dan tidak perlu terlalu sering mengganti pot (repotting).

Adapun Repotting paling baik adalah dilakukan segera setelah berbunga ketika akar baru dan pertumbuhan baru mulai tumbuh.

Demikianlah informasi cara merawat anggek dendrobium keriting yang perlu anda ketahui. Dengana perawatan yang baik, tentunya akan menghasilkan anggrek dendrobium keriting yang cantik dan indah. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , , , , , ,

6 Cara Merawat Anggrek Dendrobium Keriting Agar Tumbuh Optimal dan Cepat Berbunga

Berat 250 gram
Kondisi Baru
Dilihat 5 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: