6 Cara Mananam Jambu Dalhari Dalam Pot Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

6 Cara Mananam Jambu Dalhari Dalam Pot Agar Tumbuh Subur dan Cepat Berbuah

Menanam Jambu Dalhari Dalam Pot – Jambu air dalhari mempunyai daya adaptasi yang cukup tinggi terhadap lingkungan tumbuh di daerah tropis dan toleran terhadap jenis tanah, jambu ini dapat tumbuh dan berproduksi baik mulai dari dataran rendah hingga dataran tinggi. Jambu dalhari termasuk jenis tanaman jambu air yang dikenal dengan sifat genjah atau mudah berbuah. Dengan perawatan yang baik, tanaman buah ini mulai belajar berbuah setelah berumur 2-3 tahun dari penanaman dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Panen raya umumnya jatuh pada Juli sampai September. Tanaman jambu air dalhari dapat tumbuh dengan baik didataran rendah atau dataran tinggi dengan ketinggian mencapai 700 m dpl. Tanah yang cocok bagi tanaman jambu air dalhari adalah subur, gembur, dan banyak mengandung bahan organik. Tanaman ini sangat cocok tumbuh pada tanah datar.Adapun Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok sebagai media tanam jambu air king rose berkisar antara 5,5 – 7,5. Kelembapan udara yang diinginkan oleh tanaman jambu air dalhari antara 50-80%. Sementara intensitas cahaya matahari yang ideal dalam pertumbuhan jambu air adalah 40-80%.
Menanam Jambu Dalhari dalam Pot
Berikut ini adalah panduan mudah dalam membudidayakan tanaman jambu air dalhari :

1. Pemilihan Bibit

Hal pertama yang harus diperhatikan dalam bertanam jambu air dalhari adalah pemilihan bibit jambu air dalhari unggul. Bibit jambu yang berkualitas unggul nantinya akan berpengaruh terhadap buah yang dihasilkan. Sehingga diperlukan kejelian ketika memilih bibit jambu air dalhari Bebepara hal yang bisa dijadikan patokan ketika memilih bibit sebagai berikut.
  • Usahakan bibit jambu dalhari berasal dari hasil penempelan (okulasi) atau penyambungn ditandai dengan adanya bekas okulasi atau sambung 20 – 30 cm dari leher akar.
  • Sebaiknya umur bibit jambu air dalhari minimal telah mencapai empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun.
  • Sebaiknya bibit jambu air dalhari bebas dari serangan hama dan penyakit, ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.

2. Penanaman di Pot

Siapkan pot berukuran cukup besar dengan diameter sekitar 60 cm. Siapkan pula media tanam berupa campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1, lalu campurkan ketiga bahan tersebut hingga rata. Biarkan selama sekitar 3 hari agar media tanam kembali bersifat normal. Berikut tahap penanaman bibit mangga chokanan di dalam pot :
  • Masukkkan potongan batu bata ke dasar pot agar media tanam tidak terbawa bersama air siraman. kemudian masukan campuran media tanam yang telah dipersiapkan hingga mendekati bibir pot.
  • Lepas polibag dengan menggunting dan tarik perlahan lahan agar tidak merusak tanaman. Tanah yang menempel pada akar tetap dibiarkan ikut masuk ke dalam pot.
  • Masukkan bibit jambu dalhari ke dalam pot, atur posisinya hingga tepat.
  • Urug bagian yang kosong dengan campuran media tanam hingga mendekati bibit jambu dalhari pot.
  • Lakukan penyiraman media sehingga memadat secara alami.
  • Biarkan tabulampot bibit jambu dalhari berada ditempat yang teduh hingga muncul tunas-tunas baru, kemudian pindahkan kebagian halaman yang terpapar sinar matahari.

3. Pemupukan

Waktu untuk pemberian pupuk disesuaikan dengan fase pertumbuhan tanaman yaitu:
  • Saat tanaman jambu air dalhari belum menghasilkan, dipupuk sesaat setelah bibit ditanam dan diulang tiap 4-6 bulan hingga menjelang tanaman berbunga (1,5 – 3 tahun).
  • Saat tanaman sudah menghasilkan dipupuk 2 kali setahun yaitu pada awal musim hujan dan akhir musim hujan.
  • Dosis pupuk kompos per pohon menurut Umur tanaman : 4 bulan setelah tanam 10 – 20 kg, umur 1 – 3 tahun setelah tanam 20 – 30 kg dan umur lebih dari 3 tahun setelah tanam 40 – 60 kg.
Menaburkan pupuk sesuai dosis secara merata dalam lubang, tutup dengan tanah dan siram air secukupnya.  apabila tanaman sudah besar dan terletak pada pekarangan rumah yang terbatas, maka pemupukan dilakukan dengan membuat lubang atau memberi pralon/bambu. Selanjutnya pupuk yang akan diberikan dimasukkan kedalam lubang pupuk atau pipa pralon/bambu kemudian disiram dengan air.

4. Penyiraman

penyiraman dilakukan sesuai kebutuhan tanaman dan iklim. Pada musim kemarau penyiraman dilakukan pada sore hari dengan interval 4-5hari. Bila terjadi gejala kekurangan air pada tanaman jambu dalhari seperti helaian daun kering dan berwarna coklat perlu segera tindakan penyiraman.

5. Pemangkasan Tajuk

Kegiatan pemotongan dahan/ranting untuk membentuk tajuk, merangsang pembungaan dan memudahkan pengelolaan tanaman serta panen. Tujuan pemangkasan untuk membentuk tajuk, mempertahankan ketinggian tanaman, untuk merangsang timbulnya bunga, menghilangkan bagian tanaman yang terserang OPT (organisme pengganggu tanaman) dan memelihara produktivitas tanaman serta memudahkan pengelolaan saat panen buah. Pangkas tunas air (bahasa jawa: cabang maling). Pemangkasan pemeliharaan dilakukan terhadap cabang yang tidak menghasilkan buah, cabang terserang OPT, cabang sedikit terkena sinar matahari, cabang utama atau anak cabang sekunder yang pertumbuhanya cabang keatas untuk mempertahankan ketinggian tanaman 2 – 2,5 m.

6. Tahap Panen

Pohon jambu dalhari akan mulai belajar berbuah saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun setelah tanam. dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Buah telah mencapai umur 35 – 40 hari sejak pembungkusan calon buah sesuai permintaan konsumen. Kegiatan pengambilan buah dari pohon berdasarkan kematangan buah. Panen jambu dalhari dilakukan buah yang telah mencapai kematangan optimal ditandai dengan : perubahan warna buah dari hijau kemerahan kea rah merah tua dengan warna kulit buah mengkilat, daging dan jambu air dalhari terlihat berisi/penuh. Hasil panen selanjutnya dilakukan pengumpulan, pembersihan buah jambu dalhari dari kotoran dan serangga, sortasi (memisahkan buah yang baik dan tidak baik), grading (menggolongkan sesuai standar mutu) dan pengemasan (packing) sampai pengiriman. Demikianlah informasi tentang tata cara membudidayakan jambu air dalhari yang baik dan benar. Agar tanaman jambu air dalhari mampu tumbuh dengan optimal dan cepat berbuah ada beberapa hal yang perlumaka perluada beberapa hal yang harus diperhatikan dari pemilihan bibit unggul, pengolahan lahan, penanaman bibit, perawatan tanaman hingga tahap panen.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *