5 Tanda Anggrek Tidak Sehat Yang Perlu Kamu Waspadai dan Cara Mengatasinya

5 Tanda Anggrek Tidak Sehat Yang Perlu Kamu Waspadai dan Cara Mengatasinya

Tanda Anggrek Tidak Sehat – Bunga anggrek memang tidak memerlukan perhatian khusus. Akan tetapi, begitu tanaman anggrek kesayangan anda terserang penyakit atau keadaan buruk yang lain, maka dalam waktu yang singkat, tanaman anggrek kamu akan layu dan mati.

Untuk mengantisipasi tanaman anggrek tidak sehat, daun layu, bahkan mungkin akan mati.Tentunya anda juga harus mengetahui terlebih dahulu kondisi tidak sehat pada tanaman anggrek.

Nah, Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas, 5 tanda-tanda yang tampak bahwa tanaman anggrek dalam kondisi tidak sehat.

Tanda Anggrek Tidak Sehat

Berikut ini adalah 5 Tanda tanama angrek tampak tidak sehat yang perlu anda ketahui :

1. Warna Daun

Warna daun bisa menjadi indikator untuk anda memeriksa apakah anggrek tidak sehat atau baik-baik saja. Bagi seseorang yang ahli, membedakan dan mencari tahu ketika bunga anggrek bermasalah adalah dengan melihat kondisi daun dan akar.

Untuk suatu kasus di masa lalu, ketika kami memeriksa anggrek kami, bunga anggrek kami terlihat baik-baik saja; masih hidup dan hijau, tetapi tanpa bunga dan daunnya semakin gelap.

Kami berpikir pasti ada yang tidak beres dengan anggrek satu ini. Kemudian kami tahu bahwasanya daun anggrek yang terlihat hijau kehitaman mempertandakan bahwa ia kekurangan menerima cahaya.

Cara terbaik untuk mengatasinya adalah memindahkan tempat anggrek ke lokasi lain yang terpapar sinar matahari, tetapi dalam frekuensi yang tidak sering.

Mungkin tempat dimana paparan sinar matahari hanya menjangkau ketika pagi hari. Selebihnya ketika siang hari atau sore hari tidak terpapar secara langsung. Tempat ini adalah habitat yang tepat untuk meletakkan tanaman anggrek kamu.

2. Pertumbuhan Akar

Pertumbuhan akar juga menjadi salah satu objek indikator yang baik untuk memeriksa apakah tanaman anggrek tidak sehat atau bunga anggrek kamu baik-baik saja.

Apabila akar tanaman anggrek terlihat mekar dari pangkal maupun sela-sela daun, maka anggrek kamu dapat dikatakan keadaan sehat. Cara paling mudah untuk mengetahui tanda anggrek tidak sehat adalah melihat akar yang tidak lunak atau coklat.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika pertumbuhan akar tanaman anggrek tampak lesu dan terlihat lunak. Biasanya, tanaman anggrek yang sehat memiliki serat kuat yang menyusun akar-akarnya. Jika menjumpai hal semacam akar anggrek seperti membusuk, maka yang perlu mewaspadai bahwa tanaman anggrek dalam kondisi buruk.

Cara mengatasinya adalah mengangkat tanaman anggrek dari media tanamnya, potong bagian yang lunak dengan gunting steril sebelum merebak ke akar-akar yang lain. Setelah itu, seprotkan pestisida yang sesuai untuk mengantisipasi keberadaan mikroorganisme.

3. Bunga Anggrek

Melihat indikator anggrek tidak sehat lainnya adalah Bunga Anggrek. tanaman anggrek kamu yang berbunga menandakan bahwa tanaman kamu baik-baik saja.

Yang perlu diwaspadai hanya ketika bunga anggrek sudah memiliki kuncup, tetapi tidak mekar sama sekali.

Maka yang perlu dierhatikan adalah mengecek daun dan akarnya. Bunga ini cukup menjadi indikator apakah tanaman anggrek baik-baik saja atau tidak.

Sedikit tips, Setelah bunga mekar dan mengering, meninggalkan tangkainya, potongnya duri-duri yang berada di ujung pangkal tanaman anggrek kamu. Hal ini bisa membantu tanaman anggrek kamu untuk berbunga lebih banyak.

4. Akar Membusuk

Kondisi akar adalah indikator yang paling menentukan apakah tanaman anggrek tidak sehat atau memang baik-baik saja.

Hal yang paling rentan membuat akar anggrek membusuk adalah tanah atau media tanam anggrek yang terlalu basah. Kebanyakan pemula yang menanam anggrek mungkin tidak mengetahui hal ini.

Mereka menyiram anggrek hingga tanah atau media tanam anggrek benar-benar sangat basah. Media tanam anggrek yang selalu basah bisa menyebabkan akar anggrek membusuk.

Sejatinya, tanaman anggrek tidak membutuhkan banyak air. anda hanya perlu untuk menyemprot tanaman kamu, tidak perlu untuk menyiramnya.

Namun, apabila media tanam yang digunakan adalah sabut kelapa dan pot gantung. Anda dapat menyiramnya setiap hari karena air tidak menggenangi media tanam dan mengalir ke bawah.

5. Anggrek menjadi kering dan layu

Salah satu tanda anggrek tidak sehat adalah anggrek menjadi kering dan layu. Indikator ini menjadi tanda yang paling umum dan mudah diamati saat tanaman anggrek tidak sehat dan kondisinya memburuk, bahkan mungkin bisa mati.

Tips lain dalam menanam anggrek adalah Tanah tidak baik untuk media tanam anggrek. Untuk menanam anggrek, tidak memerlukan tanah. Jika demikian, maka anggrek akan menjadi kering, layu, bahkan kemudian bisa mati. Mungkin pengecualian untuk anggrek tanah.

Demikianlah informasi tentang tanda-tanda tanaman anggrek tampak tidak sehat. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua.

 

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *