5 Media Tanam Anggrek Terbaik Agar Tumbuh Dengan Optimal

5 Media Tanam Anggrek Terbaik Agar Tumbuh Dengan Optimal

Media Tanam Anggrek – Media tanam anggrek memiliki peran yang sangat penting untuk pertumbuhan tanaman itu sendiri. Sebagai pemilik anggrek kita tidak bisa asal memilih media tanam, karena semua jenis anggrek memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Misalnya ada anggrek yang suka dengan media lembab dan tidak perlu setiap hari disiram dan ada juga anggrek yang perlu kita berikan air hampir setiap hari.

Bagi para pemula yang baru saja memiliki tanaman anggrek adalah hal yang wajar apabila mencari-cari informasi yang terkait dengan media tanam yang cocok untuk anggrek.

Media Tanam Anggrek

Dalam artikel ini kami akan mengulas sekaligus memberitahukan 5 media tanam yang cocok untuk tanaman anggrek. Berikut ulasannya.

1. Moss (Serabut Kelapa) / Cocopeat

Sabut atau serabut kelapa memiliki kandungan yang sangat baik untuk media tanaman khususnya anggrek. Serabut kelapa dapat menampung banyak air dan bagus untuk perkembangan tanaman.  Serabut kelapa dapat menghemat pupuk hingga lima puluh persen karena didalamya terdapat unsur kalium yang fungsinya yaitu sebagai pengganti pupuk Kcl.

Kelebihan lain dari serabut kelapa atau cocopeat aman bagi lingkungan karena berasal dari alam, teksturnya yang dapat menyuburkan tanaman anggrek, bersifat awet (bisa digunakan dalam jangka waktu lama), dan berfungsi sebagai anti jamur dan bakteri.

Media tanam serabut kelapa

2. Pakis

Media tanam yang satu ini erat sekali dengan anggrek. Banyak dari pemilik anggrek yang memakai pakis sebagai media tanamnya. Ada beberapa keistimewaan mengapa pakis sangat cocok untuk dijadikan sebagai media tanam untuk anggrek yaitu, pakis bisa berfungsi sebagai pelindung hama tumbuhan, memiliki rongga-rongga untuk proses aerasi dan draenase.

Media pakis dikenal memiliki daya lapuk pakis relatif lama dan banyak memiliki unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh anggrek, dan juga pakis memiliki tekstur yang lunak sehingga membuat tanaman tumbuh jauh lebih baik dan leluasa ketika proses pertumbuhannya.

Media tanam pakis

3. Arang

Mungkin tidak banyak yang mengetahui bahwa arang bisa dijadikan media tanam untuk anggrek. Padahal arang juga cocok untuk tanaman anggrek, arang memiliki beberapa manfaat bagi tanaman diantaranya: arang memiliki fentilasi udara sehingga udara dapat keluar masuk secara bebas karena arang memiliki rongga yang halus disetiap bagiannya,

arang dapat menjadi tempat mikroorganisme, bisa menetralisir kadar air dalam tanah, salah satu media tanam yang tidak mudah lapuk.

Media tanam arang

4. Pecahan Batu bata

Pecahan batubata adalah salah satu media tanam alternatif yang juga kadangkala dipakai pada anggrek. Pemakaian pecahan batubata biasanya dipakai sebagai media tanam sementara apabila media tanam seperti moss, pakis dan arang belum dimiliki.

Pecahan batubata juga memiliki manfaat bagi anggrek, diantaranya; memiliki ruang pori yang banyak, pengaturan kelembaban yang baik, tidak mudah lapuk, dan memiliki daya simpan air yang cukup baik.

Media tanam batu bata

5. Serbuk Kayu

Serutan kayu/serbuk kayu biasa dipakai pada media tanam/bunga anggrek tanah. Kelebihan daripada serutan kayu adalah bahwa media tanam ini memiliki sistem aerasi dan draenasi yang baik sehingga menjadikan tanaman anggrek menjadi subur, teksturnya ringan sehingga akar anggrek lebih cepat tumbuh.

Media tanam serbuk kayu

Nah itulah kira-kira media tanam yang sering dipakai pada tanaman anggrek . Kira-kira Bapak/ibu lebih sering memakai media tanam yang mana?.

Adapun media tanamnya, dalam budidaya anggrek harus selalu di barengi dengan perawatan dan pemeliharaan anggrek dengan baik, Hal ini tentunya bertujuan agar menghasilkan anggrek yang berkualitas dan sedap dipandang.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *