5 Kelebihan Nangka Mini Dengan Postur Pendek, Cepat Berbuah dan Cocok Tabulampot

5 Kelebihan Nangka Mini Dengan Postur Pendek, Cepat Berbuah dan Cocok Tabulampot

Kelebihan Nangka Mini – Sepintas Nangka mini ini memiliki tampilan yang agak berbeda dengan jenis nangka pada umunya. Sosok tanaman nangka mini cenderung lebih pendek, tingginya rata-rata hanya 3 – 5 meter saja, sehingga pas untuk ditanam sebagai tanaman pot yang diletakkan di pekarangan.

Tak hanya, postur pohonnya yang pendek, nangka mini juga mempunyai buah yang yang berukuran lebih kecil. Bentuk buah bulat dan agak lonjong. Bobotnya mencapai 5—7,5 kg.

Selain itu, tanaman tanaman bernama latin Artocarpus heterophyllus ini juga terkenal dengan sifatnya yang genjah. Panen buah nangka mini sudah dapat dinikmati saat tanaman sudah berumur 2-3 tahun setelah penanaman.

Kelebihan Nangka Mini

Berikut ini adalah 5 Kelebihan keistimewaan tanaman buah nangka mini yang perlu anda ketahui

1. Ukuran Buah Mungil

Sesuai dengan namanya, buah nangka mini ini memang terkenal dengan ukuran buahnya yang mungil. buah nangka mini berbentuk bulat dan agak lonjong. Bobot satu buahnya rata-rata mencapai berat 5 – 7,5 kg. Dagingnya berwarna kuning jingga, dengan aroma harus dan rasa manis.

2. Pohon Pendek

Pohon nangka mini hanya memiliki tinggi sekitar 6 – 9 meter dengan diameter batang mencapai 15 – 25 cm. Meski memiliki ukuran yang pendek, tanaman nangka mini mempunyai tajuk yang tinggi ke atas tetapi kanopi rapat.

Hal ini tentunya memberikan keunggulan tersendiri yakni memudahkan dan meringankan pada saat proses panen, karena posisi buah amat mudah dijangkau.

3. Cepat Berbuah

Meskipun memiliki postur yang tergolong kecil, Faktanya tanaman nangka mini terkenal akan sifatnya yang genjah atau rajin berbuah. jika dirawata dengan baik, panen buah nangka mini dapat dinikmati saat tanamn sudah berumur sekitar 18 – 24 bulan dari hasil okulasi.

Keunggulan nangka mini terletak pada pembuahan yang cepat. Saat awal berbunga, tinggi tanaman nangka mini hanya sekitar 1,5 meter, diameter batangnya rata-rata 2 cm.

Kelebihan Nangka Mini

4. Produktifitas Tinggi

Selain dikenal dengan sifatnya yang genjah, pohon nangka mini juga dikenal dengan tingkat produktivitas buah yang tinggi. Bayangkan saja, dalam satu kali panen, pohon nangka mini bisa menghasilkan puluhan buah, bahkan bisa 40 buah dalam satu kali panen.

Selian itu, pohon nangka mini bisa berbuah terus-menerus sepanjang tahun, dengan musim penghasil buah terbesar jatuh pada bulan Agustus sampai September.

5. Cocok Untuk Tabulampot

Uniknya lagi dari pohon nangka mini adalah bibit nangka mini ini bisa ditanam di pot sehingga dapat ditanam di halaman rumah yang berlahan sempit. Pohonnya yang rindang dengan sifatnya yang genjah dapat menjadi daya tarik tersendiri untuk memilih tabulampot nangka mini.

Perawatan tabulampot nangka mini juga tergolong mudah, cukup lakukan penyiraman rutin agar kebutuhan air tanaman tercukupi. Tanaman sangat menyukai sinar matahari. Berikan pupuk NPK dan pupuk kandang agar unsur hara dalam tanah tetap tersedia sehingga kebutuhan tanaman dapat terpenuhi. pemberian pupuk dapat diberikan satu bulan sekali.

Demikianlah informasi tentang kelebihan nangka mini, jenis nangka unggul yang dikenal genjah dan memiliki produktifitas tinggi. Tanaman nangka mini dapat menjadi pilihan yang tepat bagi anda yang hendak mempercantik halaman rumah anda dengan tanaman tabulampot. Terima kasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *