5 Kelebihan Durian Musang King yang Terkenal Punya Citarasa Juara dan Nilai Jual Tinggi

5 Kelebihan Durian Musang King yang Terkenal Punya Citarasa Juara dan Nilai Jual Tinggi

Kelebihan Durian Musang king – Durian musang king merupakan salah satu jenis durian yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta buah durian. Durian musang king merupakan, salah satu jenis durian yang terkenal di Malaysia.

Kelebihan durian musang king yang paling menonjol adalah warna daging buahnya yang cantik, yakni berwarna kuning kunyit. daging buahnya juga sangat lembut dan legit.

Durian musang king juga, mempunyai rasa manis dengan sedikit rasa pahit yang tidak biasa. Dengan keunikan rasa inilah, gak heran banyak orang menyukai durian yang memiliki warna kuning pekat ini.

Bahkan, Keberadaan durian musang king ini digadang-gadang akan mengalahkan durian montong dari Thailand.  Lantas apa saja sich kelebihan yang dimiliki durian musang king ini.

Berikut ini adalah 5 Kelebihan durian musang king yang perlu anda ketahui : 

1. Citarasa Juara

Durian musang king disebut sebagai salah satu varietas durian terbaik di dunia, karena terkenal akan citarasanya yang juara dan istimewa.

Buah Durian dengan citarasa manis dan legit memang sudah biasa. Tapi, apa jadinya, jika durian dengan rasa manis, legit bercampur dengan sedikit rasa pahit? Nah, perpaduan rasa inilah yang menjadi daya tarik durian musang king.

Durian musang king, mempunyai tekstur daging yang lembut dan langsung lumer dimulut, layaknya menikmati mentega, kemudian dipadukan dengan balutan rasa manis elegan dengan sedikit rasa pahit yang membuatnya semakin mantap!.

Keistimewaan lain adalah, saat dicium, buah durian musang king ini, mempunyai Aroma harum khas yang sangat berbeda apabila dengan jenis durian lainnya.

2. Daging Warna Kunyit, Tekstur Lembut

Meskipun durian musang king memiliki ukuran yang tergolong kecil, yaitu maksimal hanya sekitar 3 kg saja. Namun, buah yang berasal dari Malaysia ini, terkenal akan daging buahnya berwarna kuning keemasan.

Berkat keunikan inilah, oleh warga setempat, durian ini kerap disebut sebagai Raja Kunyit, karena warna daging buahnya memang lebih mencolok dibanding daging buah durian pada umumnya.

Dari segi tekstur, buah durian musang king, mempunyai daging yang tebal dengan tekstur yang lembut dan lumer dimulut. Selain itu, durian musang king mempunyai biji yang berukuran kecil dan cenderung kempet.

3. Tingkat Adaptasi Baik

Ini menjadi salah satu keunggulan dari durian musang king, karena pohonnya bisa hidup dan tumbuh di dataran tinggi.

Biasanya pohon durian musang king mampu tumbuh ideal pada daerah dengan ketinggian 400 sampai dengan 600 meter diatas permukaan air laut.

Namun di daerah seperti Malang, pohon musang king ini, juga dapat tumbuh sampai ketinggian hampir 1000 meter diatas permukaan air laut.

Tanaman durian musang king yang ditanam di dataran tinggi memiliki warna daging buah yang lebih pucat dibandingkan musang king yang ditanam di dataran rendah.

Walaupun demikian, dari segi rasa, buah durian musangking tetap memiliki rasa yang istimewa. Daging buahnya tebal, tekstur lengket, gurih, kombinasi manis dan pahitnya lebih seimbang.

Kelemahan pohon musang king yang ditanam di dataran tinggi adalah, memiliki pertumbuhan dan fase pembuahan yang lebih lambat jika dibandingkan durian musang king yang ditanam pada dataran rendah.

Kelebihan Durian Musang King

4. Cepat Berbuah

Pohon durian musang king termasuk jenis durian unggulan yang dikenal akan sifatnya yang cepat berbuah atau genjah. Bayangkan saja, dengan perawatan yang baik, bibit duriang musang king ini, akan mulai belajar berbuah setelah berumur 3 sampai 4 tahun setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi.

ini tentunya jauh lebih cepat, jika dibandingkan dengan durian lokal lainnya, yang mulai berbuah setelah berumur 5 sampai 6 tahun setelah tanam.

Hal ini tentunya juga memberikan keunggulan tersendiri bagi petani yang hendak membudidayakan durian musang king, karena memiliki masa panen yang tergolong cepat.

5. Nilai Jual Tinggi

Nah, inilah yang paling spesial dari durian musang king yang membuatnya menjadi primadona bagi para pedagang. Yaitu nilai jual musang king bisa mencapai Rp 200.000 per kg. Bahkan di kota-kota besar seperti Surabaya, buah durian musang king dijual per kg buah utuh segarnya seharga Rp 250.000 per kg.

Di tingkat pekebun atau produsen, buah durian Musang king dijual per butir. Dengan harga per butirnya dipatok antara Rp 100.000 sampai Rp 150.000. Bandingkan dengan harga jual durian lokal yang hanya rata-rata mencapai kisaran Rp 30.000 atau paling mahal Rp 50.000 saja per butirnya di tingkat pekebun.

Demikianlah, informasi tentang fakta unik seputar durian musang king yang perlu anda ketahui. Jadi, gimana?, Sudah ngiler untuk punya kebun durian musang king sendiri belum?, Setelah lihat keunggulan dan nilai harga jualnya sudah dipastikan keuntungan yang kita dapat banyak sekali.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *