5 Kelebihan Alpukat Aligator, Jenis Alpukat Mentega Jumbo Sebagai Pilihan Budidaya Skala Komersial

5 Kelebihan Alpukat Aligator, Jenis Alpukat Mentega Jumbo Sebagai Pilihan Budidaya Skala Komersial

Kelebihan Alpukat Aligator – Alpukat Aligator merupakan salah satu jenis alpukat yang wajib dicoba dan sangat direkomendasikan untuk di budidayakan. Pasalnya, buah alpukat aligator termasuk salah satu jenis alpukat unggulan yang terkenal dengan bentuk yang unik dan ukuran buahnya yang jumbo. Selain itu, buah alpukat aligator mempunyai daging buah yang tebal dengan citarasa yang rasa gurih dan nikmat.

Alpukat aligator juga dikenal memiliki tingkat adaptasi yang baik dan tergolong jenis alpukat yang mudah untuk berbuah Sehingga sangat direkomendasikan untuk di budidayakan secara komersial.

Alpukat Aligator super

Alpukat aligator menjadi salah satu jenis alpukat mentega yang populer dan banyak di budidayakan oleh petani Indonesia. Hal ini bukan tanpa alasan, Pasalnya alpukat aligator ini memiliki kualitas premium mulai dari ukuran jumbo, daging tebal, citarasa legit tanpa getir dan masih banyak lagi lainnya.

Nah, bagi anda yang tertarik untuk membudidayakan alpukat aligator, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan yang dimiliki alpukat aligator ini sehingga layak dibudidayakan secara komersial?. Berikut Ulasannya.

Berikut Ini adalah 8 Kelebihan alpukat aligator yang perlu anda ketahui, Sehingga layak dibudidayakan secara Komersial :

1. Ukuran Buah Jumbo

Sesuai dengan namanya, buah alpukat aligator berbentuk bulat memanjang bagian ujung sedikit membesar sedangkan bagian pangkal berukuran lebih kecil seperti bentuk hewan aligator.

Buah alpukat aligator terkenal dengan ukuran buahnya yang jumbo, bayangkan saja, bobot satu buah alpukat ini bisa mencapai berat kira-kira 800 gram – 1.4 kg/buah. sehingga membuat buah alpukat ini kerap dijuluki sebagai “Giant Avocado”.

2. Citarasa Legit Tanpa Getir

Buah alpukat aligator juga memiliki daging buah yang tebal, berwarna kuning seperti mentega. Tektur buahnya pulen, lembut dan tidak berserat dengan biji berukuran sedang. Daging buahnya bisa dikonsumsi sebanyak 65% hingga 70% dari buah secara keseluruhan.

Untuk soal rasa? Buah alpukat aligator menawarkan citarasa yang gurih dan lezat tanpa rasa pahit. Jika kebanyakan buah alpukat memiliki rasa yang sedikit pahit, untuk jenis alpukat aligator sendiri tidak memiliki rasa pahit sedikitpun. Hal ini membuat alpukat ini makin banyak digemari.

aligator

3. Adaptif Pada Dataran Rendah

Tanaman alpukat aligator ini sudah terbukti berbuah dengan baik dengan kondisi iklim Indonesia. Tanaman alpukat aligator terbukti mampu tumbuh dengan sangat baik dan mampu berproduksi dengan sangat baik pada dataran rendah dengan ketinggian ideal berkisar antara > 100 – 400 MDPL.

Selain itu, bibit alpukat aligator dikenal memiliki bentuk percabangan yang cenderung ke atas. Artinya apabila kita bisa menata bentuk percabangan maka kita dapat mendapatkan produktifitas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain. Sehingga dalam membudidayakan alpukat tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.

4. Bentuk Percabangan Unik

Tanaman alpukat aligator dikenal memiliki bentuk percabangan yang cenderung ke atas. Artinya apabila kita bisa menata bentuk percabangan maka kita dapat mendapatkan produktifitas yang lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis alpukat yang lain. Sehingga dalam membudidayakan alpukat tidak membutuhkan lahan yang terlalu luas.

5. Cepat Berbuah

alpukat aligator termasuk jenis alpukat unggulan yang mudah berbuah atau genjah. tanaman alpukat ini mulai belajar berbuah setelah berumur 3 – 5 tahun sejak penanaman dengan bibit hasil okulasi atau tempel.

6. Produktifitas Tinggi

alpukat aligator dikenal memiliki kemampuan berbuah sepanjang tahun. Dalam satu tahun, tanaman alpukat aligator mampu dipanen sebanyak 2 sampai dengan 3 kali. Biasanya setelah masa panen selesai, selang beberapa bulan akan muncul bunga sebagai calon buah baru.

Selain itu, tanaman alpukat aligator juga dikenal memiliki tingkat produktifitas yang tinggi. Untuk satu kali panen, satu pohon alpukat aligator mampu menghasilkan buah sekitar 70 sampai dengan 100 kilogram.

Alpukat Aligator Super

7. Cocok Tabulampot

Dengan keistimewaan tingkat adaptasinya yang tinggi, Sifatnya yang genjah dengan perawatnnya yang mudah membuat alpukat aligator menjadi pilihan yang tepat untuk dibudidayakan didalam pot sebagai tabulampot. Alpukat aligator telah terbukti mampu tumbuh dan berbuah dengan baik meskipun dibudidayakan di dalam pot.

8. Nilai Jual Tinggi

Buah alpukat aligator dikenal memiliki nilai jual yang cukup tinggi dan tergolong stabil. Untuk saat ini memang Pasar dalam negeri lebih menyukai buah alpukat dengan ukuran yang jumbo dengan daging buah yang tebal. Oleh karena itu, alpukat aligator masuk dalam ketegori tersebut.

Sebagai informasi, harga dipasar tradisional buah alpukat aligator mampu menembus harga Rp. 25.000/kg. Harga ini tertunya akan berbeda saat anda berada di supermarket atau swalayan di kota-kota besar.

Demikianlah informsi tentang keunggulan yang dimiliki alpukat aligator. Dengan segala keunggulan yang dimiliki alpukat aligator ini, wajar saja jika alpukat alpukat aligator layak dibudidayakan secara komersial. Dalam artikel tersebut kita telah mengulas kelebiha alpukat aligator mulai dari ukuran jumbo, rasa legit, tingkat adaptasi baik, cepat berbuah, produktivitas tinggi dan cocok untuk tabulampot.

Untuk artikel selanjutnya kita akan membahas tentang cara menanam alpukat aligator dalam pot agar mampu berbuah dengan lebat. semoga informasi tersebut dapat menambah wawasan kita dan dapat bermanfaat untuk kita semua. terima kasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *