5 Jenis Ikan Hias Akuarium Air Tawar Yang Cocok Untuk Pemula

Inilah 5 Jenis Ikan Hias Akuarium Air Tawar Yang Cocok diPelihara Untuk Pemula

Spec-Agro.com – Memelihara hewan peliharaan dapat menjadi salah satu cara untuk melepaskan stres di kala pandemi seperti ini. Ada banyak jenis hewan yang dapat kamu pelihara, salah satunya adalah ikan hias air tawar. Dengan melihat Akuarium ikan hias, tentu saja dapat membantu membuat kita merasa lebih baik.

Ikan Hias Air Tawar

Jenis Ikan Hias Akuarium Air Tawar Cocok Untuk Pemula

Memelihara ikan hias punya banyak manfaat bagi kesehatan, seperti dapat meningkatkan kualitas tidur, mengurangi stres dan kecemasan, serta bisa menambah fokus dan kreativitas.

Jika anda tertarik untuk memelihara ikan hias di dalam akuarium? Atau mungkin baru mencoba untuk memelihara ikan hias di rumah. Jika ya, maka artikel satu ini cocok buat kamu.

1. Ikan Mas Koki

Berikutnya adalah ikan mas koki. Ikan ini pertama kali dipelihara di daratan Tiongkok beribu tahun lalu. Selain mudah didapatkan, ikan mas koki juga tidak rewel dan mudah dipelihara selama kita menjaga kebersihan akuarium.

Ada berbagai jenis ikan mas koki, namun pemula disarankan untuk memilih ikan mas koki berbadan panjang. Ini termasuk varietas seperti komet, sarasa, dan shubunkin. Ikan mas koki juga punya warna yang beragam sehingga cocok untuk mempercantik akuarium.

Namun, perhatikan takaran makanan yang kamu berikan setiap harinya. Kalau makanan terlalu banyak, bisa menyumbat usus dan menyebabkan sembelit pada ikan karena jenis ikan ini tidak terlalu bisa mencerna protein.

Lebih baik berikan makanan khusus ikan mas yang biasanya mengandung lebih banyak karbohidrat dan lebih sedikit protein. Kamu juga bisa menambahkan variasi makanan, seperti kacang polong yang dikupas kulitnya, sayur, atau jentik nyamuk.

Tempatkan ikan mas koki dalam akuarium yang memiliki panjang 80 x 40 x 30 cm dengan kapasitas air minimal 38-55 liter per ekor.

Ikan mas kok

2. Ikan Cupang

Ikan cupang atau betta dikenal sebagai ikan hias yang mudah untuk dipelihara dan harganya terjangkau. Adapun jenis air yang cocok untuk memelihara ikan cupang adalah air tawar dari sumur, yang tak jauh berbeda dengan habitat asli ikan cupang.

Sebaiknya, tempatkan ikan seekor ikan cupang ke dalam 18 liter air dengan memakai akuarium berkapasitas 20 liter air.

Namun, ikan cupang termasuk ikan yang agresif sehingga tidak boleh menempatkan ikan ini bersama ikan hias lain. Terlebih lagi dengan sesama ikan cupang jantan karena sesama pejantan terkenal suka bertengkar dan bisa berujung kematian.

Oleh karena itu, Untuk pemula, disarankan untuk memulai dengan memelihara ikan cupang jantan di akuariumnya sendiri.

ikan cupang

3. Ikan Molly

Jika ingin memelihara lebih dari satu ikan di dalam akuarium, ikan molly adalah pilihan yang pas. Ikan ini dapat hidup di dalam komunitas, pasif, dan sangat cocok untuk hidup di lingkungan akuatik yang beragam.

Selain cocok hidup bersama jenis ikan lain, ikan hitam juga mudah beradaptasi dengan berbagai jenis air, mulai dari air asin, air tawar, bahkan air payau. Ada berbagai varian ikan molly, yang paling terkenal barangkali black molly yang berwarna hitam di sekujur tubuhnya.

Namun kini ada juga molly berwarna keemasan, putih, atau campuran. Masalah dari ikan ini hanya satu, yakni induknya suka memakan anak-anaknya jika tidak ada banyak vegetasi untuk ikan muda bersembunyi.

ikan molly

4. Ikan Guppy

Salah satu ikan hias air tawar yang direkomendasikan untuk dipelihara oleh pemula adalah ikan guppy. Ikan ini secara alami berasal dari Amerika Selatan, tetapi sudah dibiakkan di banyak tempat.

Ikan ini dikatakan sebagai ikan yang paling mudah dibiakkan karena akan berkembang biak dengan mudah sekalipun berada di dalam akuarium yang airnya tidak terlalu bersih.

Ikan Guppy dikenal memiliki ketahanan tubuh yang kuat, warna yang indah, disertai harganya yang murah. Selain itu, Ikan guppy juga termasuk jenis ikan yang sangat lincah dan mudah dirawat dan bisa disatukan dengan jenis ikan lain sehingga sangat cocok dipelihara oleh pemula.

Ikan guppy

5. Ikan Platy

Ikan platy memiliki variasi warna yang beragam sehingga sangat bagus untuk orang yang ingin akuariumnya dipenuhi ikan-ikan berwarna cerah.

Ikan ini juga dikenal dapat hidup rukun bersama dengan spesies ikan pasif lainnya, seperti molly.

Ikan Platy akan memakan sebagian besar jenis makanan, termasuk makanan ikan kering beku atau serpihan beku. Tak hanya memakan makanan ikan olahan, tetapi platy juga memakan alga di akuarium sekaligus membantu membersihkannya.

Ikan platy

Demikianlah informasi 5 jenis ikan hias akuarium yang dijamin bisa mempercantik rumah kamu. Selain mampu membuat suasana hati anda menjadi lebih damai. Akuarium juga dapat membuat suasana rumah menjado lebih adem. Nah, kalau berdasarkan feng shui, sebaiknya letakkan akuarium di bagian tenggara rumah. Titik ini dipercaya bisa membawa keberuntungan.

Namun, hindari meletakkan ikan hias akuarium di kamar, dapur, kamar mandi, atau bagian tengah rumah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *