Beranda » Pertanian » 5 Jenis Alpukat Unggulan Dataran Tinggi dan Memiliki Prospek Bisnis Yang Manjanjikan
click image to preview activate zoom

5 Jenis Alpukat Unggulan Dataran Tinggi dan Memiliki Prospek Bisnis Yang Manjanjikan

Stok
Kategori Pertanian, Tanaman Buah
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

5 Jenis Alpukat Unggulan Dataran Tinggi dan Memiliki Prospek Bisnis Yang Manjanjikan

Inilah 5 Jenis Alpukat Kualitas Unggulan Dataran Tinggi dan Memiliki Prospek Bisnis Yang Manjanjikan

RawaBibit.com – Alpukat dataran tinggi adalah jenis tanaman alpukat yang hanya mampu berbuah optimal saat ditanam pada dataran tinggi. Alpukat dataran tinggi biasanya memerlukan perlakuan khusus dimana biasanya dipacu dengan perlakuan aplikasi pupuk dan hormon.

Salah satu keunggulan dari alpukat dataran tinggi adalah dapat mengatur waktu pembuahan. Alpukat jenis ini banyak dibudidayakan didaerah – daerah dataran tinggi, seperti di daerah Ambarawa, Temanggung, dan Tumpang dan daerah lainnya.

Bagi anda yang tinggal didaerah dataran tinggi, tidak ada salahnya untuk bertanam alpukat. Sebelum bertanam alpukat, ada baiknya anda mengetahui jenis  alpukat yang cocok tumbuh pada dataran tinggi. Berikut ulasannya.

Jenis Alpukat Dataran Tinggi

Alpukat Wina

Alpukat wina adalah jenis alpukat lokal yang dibudidayakan pertama kali oleh kelompok tani di Desa Jetis, Kabupaten Semarang. Pada dasarnya merupakan tipe alpukat mentega dengan warna kulit hijau mengkilap dan tebal. Bentuknya agak bulat, ukuran jumbo dengan berat mencapai 1,5 – 2 kg per buah.

Dengan rasa nikmat, lembut, gurih, dan sedikit manis, tidak heran jika alpukat wina dinyatakan memiliki kualitas super. Pohonnya pun mempunyai produktivitas tinggi saat panen karena mampu menghasilkan 100 kg buah alpukat per pohon.

Alpukat wina

Alpukat Bullfrog

Buah alpukat bullfrog memiliki ukuran buah yang cukup besar berkisar antara 700 – 850 gram/buah. Buah alpukat bullfrog dikenal dengan daging buahnya yang sangat tebal, berwarna kuning mentega yang merata diseluruh bagian. Tekstur buahnya sangat pulen, tak berserat dengan kandungan air sangat sedikit.

Buah alpukat bullfrog juga mempunyai biji yang berukuran kecil. Untuk soal rasa? Buah alpukat bullfrog ini menawarkan citarasa yang nikmat, gurih sangat sedikit rasa pahit khas buah alpukat. Bagi pecinta buah alpukat, buah alpukat bullfrog ini sangat rekomended untuk dicoba.

Alpukat Bullfrog

Alpukat Hass

Alpukat Hass adalah jenis alpukat yang berasal dari Australia. Alpukat yang satu ini diberi nama Hass berdasarkan penemunya, seorang ahli holtikultura bernama Rudolph Hass.

Buah alpukat yang satu ini dari bentuk dan warnanya sangat mudah dibedakan dengan jenis alpukat lainnya. Bentuknya bertekstur kasar dengan warna cokelat hitam saat sudah matang. Bentuk buahnya pun lebih bulat dengan warna daging kuning cerah di dalamnya.

Rasa alpukat hass bisa dibilang yang paling enak dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Dagingnya sangat manis dan pulen. Karena keistimewaan itu, alpukat hass pun dibanderol sangat mahal per kilogramnya.

alpukat hass

Alpukat Fuerte

Buah alpukat fuerte merupakan jenis alpukat unggulan yang dikenal dengan kulit buahnya yang tebal. Buah alpukat fuerte mampunyai ukuran yang relatif besar dengan bobot rata-rata mencapai berat 250 gram/buah. Kulit buah yang sudah matang berwarna hijau tua dengan tekstur lunak dan permukaan licin.

Buah alpukat fuerte mempunyai daging buah yang tebal dan bertekstur lembut. Untuk soal rasa? Gak perlu diragukan lagi, buah alpukat fuerte menawarkan citarasa yang gurih, lembut dan creamy.

Tanaman alpukat fuerte merupakan jenis alpukat cebol – Dwarf yang tidak akan tumbuh terlalu tinggi meskipun usia tanaman alpukat fuerte telah mencapai tahunan.

Selain itu, Tanaman alpukat fuerte memiliki tajuk yang kompak, hal ini tentunya membuat alpukat Fuerte tampak menarik dan sedap dipandang. Keunggulan lainnya adalah buah alpukat Fuerte juga tidak mudah jatuh ke tanah, hal ini tentu juga memberikan keuntungan bagi anda yang ingin memetik buah alpukat fuerte yang matang pohon secara langsung.

Alpukat fuerte

Alpukat Shepard

Alpukat Shepard adalah salah satu jenis alpukat unggulan yang dikenal dengan citarasanya yang nikmat, bersama dengan alpukat hass. Buah alpukat Shepard berbentuk bulat dengan ujuang mengecil seperti buah pir. Kulit buahnya berwarna hijau meskipun sudah matang, sedikit kasar namun mengkilap. Ukuran buahnya terbilang sedang, bobot satu buah alpukat shepard rata-rata 155 – 285 gram/buah.

Daging buah alpukat Shepard tergolong tebal dengan persentase daging buah mencapai 69%, berwarna kuning mentega, dengan tekstur yang lembut.

Untuk soal rasa?, buah alpukat shepard menawarkan citarasa yang gurih dan nikmat. Salah satu ciri khas alpukat shepard adalah Bentuk daunnya yang cenderung panjang dan meruncing namun pada pinggul daun sedikit agak gemuk. Selain itu, tidak ada bintik merah pada batang tunas baru.

Alpukat Shepard

Demikianlah artikel tentang jenis alpukat khusus dataran tinggi. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda dalam pengenalan berbagai jenis alpukat berkualitas unggul. Terima kasih.

Tags: , , , , , , , ,

5 Jenis Alpukat Unggulan Dataran Tinggi dan Memiliki Prospek Bisnis Yang Manjanjikan

Berat 250 gram
Kondisi Baru
Dilihat 5 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: