5 Jenis Alpukat Lokal Terbaik di Indonesia, Citarasa Gurih dan Cocok dibudidayakan Skala Komersial

5 Jenis Alpukat Lokal Terbaik di Indonesia, Citarasa Gurih dan Cocok di Budidayakan Skala Komersial

Jenis Alpukat Lokal Terbaik – Buah alpukat?, Yaps, salah satu buah tropis yang memang disukai hampir semua orang. Teksturnya yang lembut dengan rasa yang manis gurih. Buah yang berwarna hijau ini bisa dimakan langsung, buah alpukat juga sering diolah menjadi berbagai macam makanan dan minuman yang enak.

Negara Indonesia memiliki beberapa varietas alpukat unggulan yang layak untuk dibudidayakan. Bahkan Beberapa varietas alpukat asli indonesia ini memiliki kualitas yang lebih baik jika dibandingkan dengan alpukat introduksi.

Jenis Alpukat Lokal

Nah, bagi anda yang tertarik bertanam alpukat lokal kulaitas unggulan. Kami akan rekomendasikan beberapa alpukat lokal yang layak untuk dibudidayakan. berikut ulasannya.

1. Alpukat Miki

Alpukat miki termasuk jenis alpukat yang mampu tumbuh dengan baik pada dataran rendah dan beriklim tropis. Buah Alpukat miki mempunyai ukuran yang sedang, bobot satu buahnya berkisar antara 400-600 gram.

Tekstur daging buah alpukat miki sangat bagus lembut, pulen, dan juga creamy dengan kandungan air yang sedikit. Sehingga rasa buahnya menjadi lebih lezat. Rasa alpukat miki sangat lezat apabila sudah matang, rasanya manis dan gurih tanpa ada getir sedikit pun.

Pohon alpukat miki terkenal akan kecepatan dalam berbuah, tanaman alpukat miki dapat menghasilkan buah setelah ditanam selama 3 tahun. Selain itu, Produktifitas buahnya sangat tinggi karena dapat berbuah tanpa mengenal musim, alpukat miki dapat berbuah 3 kali dalam setahun.

Alpukat Miki 99

2. Alpukat Aligator

Alpukat ini berbentuk cenderung lonjong dengan bagian bawah agak besar dan bagian ujung atasnya mengecil atau mirip dengan buah pir. Ukuran panjang mencapai 70 sampai 80 cm, dengan berat rata-rata 1 hingga 1,3 kilogram.

Daging buahnya tebal, rasanya manis, legit, sama sekali tidak ada rasa pahit, lembut, pulen, dan teksturnya halus tidak berserat, serta mempunyai aroma yang khas.

Alpukat Aligator

3. Alpukat Pluwang

Varietas alpukat pluwang terkenal dengan postur pohon pendek sehingga sangat mudah saat panen. Buah alpukat pluwang termasuk jenis alpukat jumbo dengan berat buah rata-rata sekitar 600 gram – 1,2 kg. per buah.

Daging buah alpukat pluwang sangat tebal dengan rasa buah yang manis, pulen dan juga gurih. Selain itu, Kulit buah alpukat pluwang dapat dikupas dnegan mudah menggunakan tangan, seperti membuka kulit pisang.

Pohon alpukat pluwang sangat genjah karena dapat berbuah dengan mudah dan cepat, hanya sekitar 2,5 tahu setelah pohonnya ditanam. Pohon Pohon alpukat pluwang juga memiliki Produktifitas pohonnya sangat tinggi, setidaknya pohon alpukat pluwang akan mengalami 2 kali masa panen.

Alpukat Pluwang

4. Alpukat Kelud

Alpukat kelud Memiliki ukuran buah yang besar dan memanjang dengan bobot satu buah mampu mencapai kisaran 1,5 hingga 2 kg. Daging buahnya tebal dengan ukuran biji yang kecil berbentuk seperti biji nangka.

Rasa alpukat kelud sangat lezat karena memiliki daging buah yang kering dengan rasa manis dan gurih. Beberapa orang mengatakan jika rasa alpukat kelud lebih enak dari miki.

Keunggulan dari alpukat kelud ini adalah Pohonnya sangat genjah dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi, dalam wakyu 2 tahun alpukat kelud yang ditanam dalam tabulampot sudah dapat berbuah. Selain itu, Dapat tumbuh dengan baik di tabulampot, bahkan sudah dapat berbuah walau ukuran pohonnya masih kecil.

5. Alpukat Kendil

Alpukat kendil marupakan alpukat hasil persilangan antara alpukat Kendal dengan alpukat Gunung Pati. Alpukat kendil dikenal karena memiliki bentuk bulat seperti kendil dengan ukuran buah yang tergolong jumbo dengan berat rata-rata 1,7 kg per buah.

Daging buahnya berwarna kuning mentega. Kullti alpukat kendil berwarna hijau, tekstur daging pulen serta memiliki rasa buah yang gurih, dan lezat. Kelebihan lain varietas alpukat ini adalah daunnya tidak disukai oleh ulat bulu.

Pohon Alpukat kendil memiliki tingkat adaptasi yang baik karena dapat ditanam pada wilayah dataran rendah hingga dataran tinggi. Selain itu, Pohon Alpukat kendil juga terkenal genjah dan memiliki tingkat produktifitas tinggi. Karena pohonnya dapat berbuah sepanjang tahun dan dapat dipanen setiap 2-3 kali setahun.

Alpukat Kendil

Demikianlah 5 jenis alpukat lokal kualitas unggul Indonesia yang wajib ditanam. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *