5 Jenis Alpukat Jumbo Terbaik, Citarasa Gurih, Berbuah Lebat dan Memiliki Prospek Bisnis yang Bagus

5 Jenis Alpukat Jumbo Terbaik, Citarasa Gurih, Berbuah Lebat dan Memiliki Prospek Bisnis yang Bagus

Jenis Alpukat Jumbo – Alpukat merupakan salah satu buah yang disukai hampir semua orang. Selain tekstur daging buahnya lembut dan citarasanya yang gurih serta nikmat, buah alpukat juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Indonesia sendiri punya banyak varietas alpukat yang bisa kamu jumpai di pasaran. Nah, saat ini sedang booming dan banyak diburu adalah jenis alpukat jumbo. Alpukat jumbo terkenal akan ukurannya yang besar. Bobot satu buahnya bisa memiliki berat lebih dari 1 kg.

Selain itu, Alpukat jumbo, juga dikenal memiliki porsi daging yang lebih tebal jika dibandingkan dengan alpukat lainnya. Selian itu, rasanya juga gurih dengan tektur lembut seperti mentega.

Jenis Alpukat Jumbo

Tertarik ingin bertanam alpukat jumbo. Dalam artikel kali ini kami akan membahas jenis alpukat unggulan yang terkenal akan ukuran jumbo dan layak untuk dibudidayakan di Indonesia. Berikut ulasannya.

1. Alpukat Pluwang

Keunikan alpukat pluwang dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya yaitu ukurannya yang jumbo alias besar. Alpukat ini dapat tumbuh hingga beratnya mencapai 2 kilogram. Daging buah alpukat pluwang cukup tebal dan padat. Teksturnya pun lembut dan legit saat dimakan. Selain itu, buahnya juga tidak mudah berulat dan membusuk.

Jika bicara soal rasa, alpukat pluwang diunggulkan karena rasanya yang manis dan gurih dibandingkan dengan jenis alpukat lainnya. Gunakan alpukat pluwang sebagai campuran makanan sehat kamu atau jadikan jus agar lebih segar dan mengenyangkan.

Alpukat Pluwang

2. Alpukat Kendil

Dinamakan alpukat kendil karena bentuknya yang menyerupai kendil, menggembung di bagian bawah dan ukurannya cukup besar. Jenis alpukat ini dapat tumbuh hingga bobotnya mencapai satu sampai dua kilogram per buah.

Selain itu, Alpukat Kendil juga terkenal dengan daging buahnya yang tebal dan bijinya yang kecil. tekstur daging buahnya juga sangat lembut dan legit. Untuk soal rasa? tidak perlu diragukan lagi, buah alpukat kendil mempunyai citarsa gurih, nikmat dengan sedikit rasa manis.

Jenis alpukat ini nikmat untuk dimakan langsung, tetapi enak juga untuk diolah atau dicampur dengan bahan-bahan makanan lainnya.

alpukat kendil

3. Alpukat Aligator

Dari namanya saja, mungkin kamu sudah bisa menebak jika jenis alpukat yang satu ini berukuran cukup besar. Alpukat aligator memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari jenis alpukat lainnya. Bentuknya cenderung lonjong dengan bagian bawah agak besar dan bagian ujung atasnya mengecil. Bentuk alpukat aligator hampir mirip dengan buah pir.

Ukuran panjang alpukat aligator bisa mencapai 70 sampai 80 cm, dengan berat rata-rata mencapai 1 hingga 1,3 kilogram. Buah alpukat aligator mempunyai daging yang lembut, pulen, dan teksturnya halus tidak berserat.

Alpukat aligator memiliki rasa manis yang legit, sama sekali tidak ada rasa pahit. Selain itu, Aromanya yang khas juga membuat alpukat aligator terasa lebih nikmat.

Alpukat aligator

4. Alpukat Kelud

Buah alpukat kelud mempunyai bentuk yang sangat cantik, bentuk buahnya lonjong, membesar dan sedikit melengkeng pada bagian bawah. Buah alpukat kelud termasuk jenis alpukat jumbo dengan berat rata-rata mencapai 1 koma 5 hingga 2 kilogram per buah.

Buah alpukat kelud mempunyai Daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega. Adapun tekstur dagingnya lembut dan mempunyai yang biji yang berukuran kecil.

Untuk soal rasa?, Buah alpukat kelud ini mempunyai citarasa yang sangat gurih, pulen dengan kadar air yang sangat sedikit. Bahkan banyak yang mengatakan rasa setara dengan Alpukat Miki.

Alpukat kelud

5. Alpukat Wina

Alpukat wina adalah salah satu jenis alpukat yang banyak dikembangkan oleh petani lokal, khususnya di daerah Bandungan, semarang Jawa Tengah. Alpukat wina terkenal dengan ukuran buahnya yang besar yakni mencapai berat 1 koma 3 sampai 2 kilogram per buah.

Buah Alpukat wina juga mempunyai daging yang tebal, berwarna kuning mentega dengan tekstur buah lembut dan pulen. Citarasa alpukat wina juga cenderung manis dan gurih.

Keunggulan lainnya adalah, buah alpukat wina mampu bertahan hingga 15 hari setelah dipetik. Gak heran jika alpukat wina ini banyak diburu para penikmat buah alpukat.

Alpukat wina

Demikianlah Informasi Tentang Jenis Alpukat jumbo yang layak dibudidayakan di Indonesia. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *