5 Jenis Alpukat Dataran Rendah Yang Terkenal Cepat Berbuah, Perawatan Mudah dan Cocok Untuk Pemula

5 Jenis Alpukat Dataran Rendah Yang Terkenal Cepat Berbuah, Perawatan Mudah dan Cocok Untuk Pemula

Jenis Alpukat Dataran Rendah – Menanam alpukat tentunya dapat menjadi kegiatan yang sangat menyenangkan. Selain dapat memberikan anda kegiatan yang menyehatkan dan menyenagkan.

Nyatanya, bertanam alpukat juga mampu memberikan anda keuntungan dan menambah pundi-pundi uang dikantong anda yang tidak sedikit.

Alpukat merupakan salah satu komoditi pertanian yang tumbuh optimal pada dataran menengah hingga tinggi. Namun seiring perkembangan teknologi pertanian, pohon alpukat juga mampu tumbuh pada dataran rendah. Yaps, benar saja, saat alpukat dataran rendah menjadi primadona terbaru bagi para petani. Jenis alpukat dataran rendah dikenal memiliki keistimewaan antara lain cepat berbuah, perawatan mudah dan memiliki tingkat produktifitas yang tinggi.

Saat ini ada beberapa jenis alpukat unggulan yang mampu tumbuh baik pada dataran rendah, sebut saja alpukat miki, alpukat aligator dan alpukat kelud.

Jenis Alpukat Dataran rendah

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membudidayakan tanaman alpukat? namun di tinggal atau memiliki lahan di dataran rendah? gak perlu risau, Kami rekomendasikan jenis alpukat yang mampu tumbuh pada dataran rendah. Berikut ulasannya.

1. Alpukat Miki

Alpukat miki merupakan jenis alpukat unggulan yang sangat populer. Alpukat Miki dikenal akan kemampuan tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah.

Buah Alpukat miki berukuran mungil dengan kulit yang sangat tebal. Daging buahnya berwarna kuning dengan tekstur yang padat dan rasa yang sedikit manis. Bobotnya berkisar antara 300 – 600 gram per buahnya.

Adapun ketinggian berkisar antara 5 – 900 meter diatas permukaan air laut. namun Kwalitas buah akan lebih bagus ketika ditanam di dataran rendah dengan ketinggian 10 – 100 meter diatas permukaan air laut.

Alpukat Miki

2. Alpukat Aligator

Alpukat aligator termasuk jenis alpukat jumbo. Buah Alpukat aligator punya bentuk buah yang bulat lonjong dan membesar di bagian ujungnya seperti buah pir. Bobot alpukat aligator mampu mencapai berat 1 – 1,3 kilogram per buahnya.

Buah Alpukat aligator mempunyai daging tebal, lembut, dan tanpa serat. Untuk soal rasa? Buah Alpukat aligator punya citarasa gurih dengan sedikit rasa manis dan tidak ada rasa pahit yang tertinggal saat dimakannya.

Tanaman Alpukat aligator mampu berbuah optimal diketinggian 10 – 900 meter di atas permukaan air laut. Bahkan produktivitasnya akan lebih banyak, meskipun waktu berbuahnya sedikit lebih lama jika didataran rendah.

Alpukat Aligator

3. Alpukat Kendil

Alpukat kendil adalah jenis alpukat jumbo yang mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah. Buah alpukat kendil terkenal berbentuk bulat mirip kendil dan punya Ukuran yang besar. bobot satu buah alpukat kendil rata-rata bisa mencapai 1 – 1,7 kilogram per buah.

Buah Alpukat kendil punya daging buah yang tebal, berwarna kuning mentega dengan tekstur yang lembut dan mempunyai cita rasa yang gurih dengan sedikit rasa manis.

Alpukat kendil mampu tumbuh dan berbuah dengan baik pada dataran rendah. Adapun ketinggian ideal untuk pertumbuhan alpukat kendil berkisar antara 50 – 800 meter diatas permukaan air laut. Kualitas rasa akan lebih maksimal ketika ditanam didataran rendah.

Alpukat Kendil

4. Alpukat Cuba

Alpukat cuba adalah jenis alpukat unggulan yang berasal dari negara vietnam. Alpukat cuba termasuk jenis alpukat jumbo yang disukai banyak market. Bobot satu buah alpukat cuba bisa mencapai berat 500 – 1.000 gram per buah.

Buah alpukat cuba punya Daging buah sangat tebal ,berwarna kuning mentega dan berbiji kecil. Untuk Soal rasa?, buah alpukat cuba ini mempunyai Rasa yang sangat lezat dan kandungan airnya cukup rendah, meskipun tidak ditanam didataran rendah.

Tanaman alpukat cuba dapat tumbuh dengan baik pada dataran rendah hingg adataran tinggi dengan ketinggian ideal berkisar antara 100 – 800 meter diatas permukaan air laut.

Alpukat Cuba

5. Alpukat Kelud

Alpukat Kelud adalah salah satu jenis tanaman alpukat lokal unggulan yang sedang naik daun di tahun 2020. Alpukat Kelud dikenal akan sifatnya yang genjah dan mampu berbuah walaupun ditanam di dalam pot.

Buah Alpukat Kelud berbentuk bulat lonjong. Daging buahnya berwarna kuning mentega, sangat tebal dengan tekstur buahnya lembut dan mempu yang biji yang kecil. Untuk soal rasa? Buah alpukat kelud ini mempunyai citarasa yang sangat gurih, pulen dengan kadar air yang sangat sedikit.

Keunggulan dari alpukat subang adalah memiliki tingkat produktifitas yang tinggi dengan persentae keberhasilan bunga yang menjadi bakal buah sangat besar yakni sekitar 70% – 80%.

Alpukat kelud

Demikianlah informasi tentang 5 jenis alpukat unggulan yang cocok untuk ditanam pada dataran rendah. Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua dan terima kasih.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *