5 Cara Merawat Anggrek Bagi Pemula Agar Tetap Subur dan Tahan Lama

5 Cara Merawat Anggrek Bagi Pemula Agar Tetap Subur dan Tahan Lama

Merawat Anggrek – Merawat anggrek supaya tahan lama mungkin agak gampang-gampang susah. Khususnya, bagi pemula yang masih belajar dalam bertanam bunga anggrek.

Pemilik nama ilmiah Orchidaceae ini terkenal dengan keindahan bunganya. Tanaman Anggrek ini memang dikenal memiliki kelopak yang besar, mekar tahan lama, dan berwarna segar.

Cara Merawat Anggrek Bagi Pemula

Jika Anda ingin memelihara dan merawat anggrek, perlu pengetahuan bagaimana cara merawat bunga tersebut agar tumbuh subur, karena cara menanam bunga anggrek yang salah akan sangat berisiko menimbulkan matinya tanaman anggrek tersebut.

Berikut ini adalah Cara merawat anggrek bagi pemula agar anggrek tahan lama :

1. Lokasi Penempatan Anggrek

Tempat ini menentukan apakah tanaman anggrek bisa tumbuh subur atau sebaliknya. Bunga anggrek memang tidak baik jika diletakkan berpapasan langsung dengan sinar matahari. Jika di dalam rumah, maka usahakan beberapa waktu bunga anggrek terpapar sinar matahari.

Anggrek akan tumbuh maksimal jika tidak terkena cahaya tidak langsung yang kuat. Menempatkannya di ambang jendela mungkin terlalu terang dan panas.

Anggrek harus disimpan di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau timur jika memungkinkan. Hal ini dikarenakan anggrek membutuhkan banyak cahaya, tetapi bukan cahaya langsung.

Jika anggrek berada di dekat jendela yang menghadap ke barat, cahayanya akan terlalu kuat, jadi Anda perlu memasang tirai tipis di jendela supaya anggrek tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

2. Jaga suhu lingkungan

Anda juga harus memeriksa suhu tempat meletakkan bunga anggrek. Hal penting dalam merawat anggrek adalah menjaga suhu tanah tetap hangat selama musim lembab atau dingin.

Anggrek tumbuh paling baik di lingkungan bersuhu 16 hingga 24 derajat celsius.

Suhu sedang ini dikombinasikan dengan sedikit sirkulasi udara, yang akan memungkinkan anggrek Anda dapat tumbuh besar dan berbunga indah.

3. Penyiraman dan pemupukan

penyiraman anggrek menjadi salah satu aspek yang sangat berperan penting dalam perawatan anggrek. Pertumbuhan bunga anggrek dipengaruhi oleh cara memupuk dan menyiramnya.

Menyiram anggrek hanya perlu disemprot saja, jangan dialiri air secara langsung. Hal ini bertujuan agar air tidak menggenang dan terakumulasi di akarnya.

Terlalu banyak penyiraman menyebabkan busuk akar. Umumnya, sirami anggrek saat tanah kering saja.

Untuk pemupukan, lakukan dengan menyemprotkannya saja. Gunakan semprotan dan encerkan pupuk bersamaan dengan air.

4. Perawatan anggrek Setelah Bunga Mekar

Saat bunga mekar, disarankan untuk berhenti sejenak dari merawat anggrek. Tinggalkan untuk menyiram bunga anggrek beberapa waktu.

Istirahatkan selama dua hari. penyiraman dapat dilakukan hanya dengan menyemprot bunga anggrek saja. anda bisa menggunakan humidifer atau kerikil kecil di bagian bawah akar anggrek.

Selain itu, Jika anda menjumpai akar anggrek yang membusuk, segera ambil dan potong.

Ketika tanaman anggrek setelah bunga mekar. Sebaiknya potong bagian yang membusuk. Kemudian, siapkan toples kaca dan isilah dengan air, sedikit saja, sangat sedikit. Jangan sampai akar tenggelam.

Taruh bunga anggrek dalam toples dan letakkan di tempat yang teduh. Jangan disiram.

5. Pemangkasan Anggrek

Setelah bunga jatuh, anda dapat memangkas anggrek dengan memotong batangnya dari pangkalnya dan mendapatkan set bunga baru yang sehat saat periode berbunga berikutnya tiba.

Untuk memangkas anggrek, anda harus memangkas satu inci di atas simpul yang ditemukan pada keikei hijau anggrek, tetapi potong ke pangkal tanaman pada paku yang telah berubah menjadi coklat.

Bunga anggrek akan muncul kembali di musim penyemian, karena mekar setahun sekali, tentunya dengan pemeliharaan bunga anggrek selama pertumbuhannya dengan baik.

Untuk melakukannya, pastikan Anda menjaga paku tetap rapi dengan memangkasnya sehingga tanaman anggrek Anda memiliki energi yang tepat untuk mekar kembali.

Demikianlah Informasi tentang cara merawat bunga anggrek bagi pemula. Anggrek adalah tanaman yang sangat indah dan lembut yang membutuhkan kondisi dan perawatan khusus agar tetap sehat dan lebat berbunga. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *