Tanaman Holtikulturan

5 Cara Menanam dan Merawat Jambu Madu Deli Hijau Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Lebat

Cara-menanam-Jambu-Madu-Deli-Hiaju

5 Cara Menanam dan Merawat Jambu Madu Deli Hijau Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Lebat

Cara Tanam Tabulampot Jambu Madu Deli Hijau – Jambu madu deli hijau merupakan salah satu jenis buah jambu air yang sedang menjadi primadona pecinta buah saat ini. Buah jambu madu deli hijau terkenal dengan citarasanya yang manis luar biasa seperti madu. Buah jambu air madu deli hijau mempunyai ukuran yang cukup besar, yaitu sekitar 200 – 300 gram per buah. Kulit buahnya berwarna hijau keputihan serta semburat warna merah saat sudah masak. Keunggulan lainnya adalah buah jambu madu deli hijau mempunyai daging buah yang tebal dengan tekstur buah renyah, dan juicy karena memiliki kandungan air yang tinggi. Yang paling istimewa adalah buah jambu madu deli hijau ini hadir dengan tanpa memiliki biji alias full daging.

Tanaman jambu madu deli hijau sendiri merupakan varietas jambu air unggulan yang berasal dari Taiwan dan sukses dibudidayakan di daerah Deli, Sumatra Utara sebagai salah satu sentranya. Tanaman jambu madu deli hijau terkenal dengan tingkat adaptasi yang tinggi dengan iklm Indonesia. Selain itu, tanaman jambu madu deli hijau ini juga terkenal dengan sifatnya yang supergenjah, bayangkan saja, dalam kurun waktu 8-12 bulan saja, tanaman jambu ini sudah belajar berbuah dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Selain itu, tanaman jambu ini juga memiliki kemampuan berbuah sepanang tahun tanpa mengenal musim. Keunggulan lainnya adalah tanaman madu deli hijau terkenal sangat produktif. Saat mencapai usia produktif, tanaman jambu madu deli hijau dapat dipanen sampai 3 kali dalam satu tahun dengan total buah yang diproduksi dapat mencapai sekitar 30 kg per pohon per tahun.

Bagi anda yang memiliki hobby menanam namun terkendala dengan keterbatasan lahan terbatas, tanaman jambu air madu deli hijau dapat menjadi salah satu alternatif menyalurkan hobby anda. Perawatan tabulampot jambu air madu deli hijau sangat mudah dan tidak memerlukan biaya yang mahal dan tidak membutuhkan perlakuan khusus.

Syarat Tumbuh

  • Jambu air madu deli hijau merupakan jenis tanaman yang mempunyai daya adaptasi yang cukup besar lingkungan tropis, dari dataran rendah sampai tinggi yang mencapai 1.000 m dpl.
  • Suhu yang cocok untuk pertumbuhan tanaman jambu adalah 18-28 derajat Celcius.
  • Tanaman ini akan tumbuh baik didaerah yang curah hujannya rendah/kering, sekitar 500-3.000 mm/tahun dan musim kemarau lebih dari 4 bulan. Deengan kondisi tersebut, tanaman akan memberikan kualitas buah yang baik dengan rasa lebih manis. Kelembapan udara yang diinginkan antara 50-80%. Sementara intensitas cahaya matahari yang uideal dalam pertumbuhan jambu air adalah 40-80%.
  • Tanah yang cocok bagi tanaman jambu air adalah subur, gembur,dan banyak mengandung bahan organik. Tanaman ini sangat cocok tumbuh pada tanah datar.
  • Derajat keasaman tanah (pH) yang cocok sebagai media tanamannya berkisar 5,5 – 7,5.
BACA JUGA :   Durian Duri Hitam, Durian Unggul Dengan Gelar Sang Jawara Durian dari Negeri Jiran, Malaysia

Berikut ini adalah beberapa tahapan dalam bertanam dan merawat jambu air madu deli hijau didalam pot agar mampu berbuah lebat :

1.Tahap Pememilihan Bibit
Diperlukan kejelian ketika memilih bibit jambu air madu deli hijau. Bebepara hal yang bisa dijadikan patokan ketika memilih bibit sebagai berikut.

  • Bibit berasal dari hasil penempelan (okulasi) atau penyambungn ditandai dengan adanya bekas okulasi atau sambung 20 – 30 cm dari leher akar.
  • Umur bibit minimal telah mencapai empat bulan dengan panjang tunas minimal 30 cm dan memiliki enam helai daun.
  • Bibit bebas dari serangan hama dan penyakit, ditandai dengan batang mulus tidak berlubang, daun mulus dan jika berbuah, buahnya tidak busuk.

2.Tahap Penanaman di Pot
Jambu air madu deli hijau termasuk tanaman yang dapat berbuah lebat didalam pot jika dirawat dengan benar. Berikut adalah tahapan dalam melakukan penanaman tanaman jambu air didalam pot :

  • Masukkan media tanam berupa campuran tanah gembur dan pupuk kandang/kompos (komposisi 1 : 1) kedalam pot hingga batas 5cn dari bibit jambu madu deli hijau pot. Usahakan pot yang digunakan berdiameter > 50 cm. Padatkan dengan cara menggoyang – goyang dinding pot, lalu siram hingga cukup basah. biarkan 2 – 3 hari agar media tanam dapat mengendap dan stabil.
  • Lepas bibit jambu madu deli hijau dengan cara menggunting polibag, lalu periksalah kondisi perakarannya. Pastikan kondisi akar sehat.
  • Masukan bibit jambu madu deli hijau perlahan–lahan kedalam lubang tanam, lalu urug dengan media tanam hingga batas pangkal batang.
  • Siram dengan air secukupnya, ditanndai merembesnya air dari dasar pot.
  • Tempatkan tabulampot jambu madu deli hijau dilokasi yang teduh hingga muncul tunas –tunas baru.
BACA JUGA :   5 Cara Mudah Menanam Bawang Merah di Polybag

3.Tahap Pemeliharaan
Pemeliharaan tanaman jambu madu deli hijau perlu dilakukan untuk mendapatkan pertumbuhan yang baik dan tanaman jambu air ini mampu menghasilkan buah yang lebat. Pemeliharaan yang perlu dilakukan antara lain penyiangan, penyiraman, pemupukan, dan pemangkasan.

-Penyiraman
Tanaman jambu air jambu madu deli hijau yang ditanam dalam pot sepenuhnya mendapatkan suplai air dari siraman atau hari hujan. Dua minggu pertama setelah penanaman. Tanaman jambu madu deli hijau muda, baik dilahan ataupun pot, perlu disiram 1-2 kali sehari, pagi dan sore hari. Jika sudah cukup besar dan pekarangannaya dalam, tanaman cukup disirami sekali sehari. Saat musim kemarau, penyiraman dilakukan dua kali. Penyiraman dilakukan dengan cara menyiramkan air pada seluruh bagian tanaman agar tanaman jambu madu deli hijau tampak segar dan bersih. Hal yang harus diperhatikan, penyiraman perlu dilakukan secara berhati –hati agar bunga tidak ikut rontok ketika tanaman sedang dalam masa berbunga.

-Penyiangan
Penyiangan dilakukan sebelum pemupukan agar proses pemupukan dapat berjalan dengan lancar karena tanah menjadi gembur dan gulam sudah tidak ada. Penyiangan dilakukan dengan cara membuang gulma menggunakan cangkul atau alat sejenisnya.

-Pemangkasan
Pemangkasan dilakukan dengan tujuan untuk membentuk pohon, pemeliharaan, dan peremajaan. Pemangkasan untuk membentuk pohon dilakukan setelah mencapai ketinggian 2 m. Bagian yang dipangkas adalah cabang/tunas. Untuk pemeliharaan, pemangkasan dilakukan setiap saat kecuali ketika tanaman sedang berbunga. Bagian yang dipangkas adalah dahan yang tua, kering, luka, serta tidak sempurna. Sementara untuk peremajaan, pemangkasan dilakukan pada seluruh bagian tanaman jambu madu deli hijau yang sudah terlalu tua, tidak berproduksi, atau diserang hama/penyakit.

4.Tahap Pemupukan
Pemupukan manjadi salah satu tahapan terpenting dalam menanam jambu air madu deli hijau didalam pot, karena pemupukan mennetukan asupan nutrisi apa saja yang akan diterima tabulampot jambu air madu deli hijau. Untuk tanaman madu deli hijau dalam pot, proses pemupukan dilakukan sebelum dan sesudah berbuah dengan urain sebagai berikut :

-Sebelum berbuah :

  • Umur 1 bulan : pupuk dasar berupa campur urea, TSP atau SP-36, dan KCI (2 : 1 : 1) sebanyak 20 g atau 2 sendok makan perpohon (pot). Pupuk tersebut dibenamakan dalam pot.
  • Setiap bulan sekali pupuk nitrogen ZA sebanyak 10 gram dilarutkan dalam 10 liter air. Larutan ini disiramkan pada tanaman jambu madu deli hijau dalam pot hingga tampak cukup basah.
BACA JUGA :   5 Keistimewaan Kelapa Kopyor, Kelapa Ubnormal Dengan Citarasa Lebih Segar Dan Aroma Yang Khas

-Tanaman sudah berbuah

  • Pupuk organik diberikan pada awal musim hijan. Sisa pupuk diberikan setelah buah membesar (umur buah sekitar 1 – 2 bulan sejak berbunga dan ukuran buah sebesar telur puyuh).

5.Tahap Panen
Tanaman jambu air madu deli hijau ditanam didalam pot dapat berbuah setelah berumur 8-12 bulan setelah tanam dengan menggunakan bibit hasil okulasi atau cangkok. Buah jambu air yang siap dipanen memiliki tanda–tanda, antara lain :

  • ukuran buah sudah tidak bertambah,
  • kulit terlihat mengilap dan tercium aroma khasnya,
  • telah terjadi perubahan warna buah, yaitu dari warna hujau menjadi hijau keputihan serta semburat warna merah.

Pemanen buah jambu air madu deli hijau sebaiknya dilakukan pagi sebaiknya dilakukan pagi atau sore hari. Mengingat sifat buahnya yang mudah rusak karena berkulit tipis maka pemanen harus dilakukan satu persatu dengan menggunting tangkai buah minimal 2 cm dari pangkal buah.

Demikianlah informasi tentang langkah-langkah menanam dan merawat jambu air madu deli hijau di dalam pot. Untuk menghasilkan tanaman jambu yang tumbuh subur dan berbuah lebat diperlukan beberapa tahapan seperti : penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pemangkasan. Selamat mencoba dan terima kasih


kata terkait,
jambu madu deli hijau, tanaman jambu madu deli hijau, pohon jambu madu deli hijau, budidaya jambu madu deli hijau, menanam jambu madu deli hijau, cara tanam jambu madu deli hijau, panduan budidaya jambu madu deli hijau, cara menanam jambu madu deli hijau, perawatan jambu madu deli hijau, tips membuahkan jambu madu deli hijau, buah jambu madu deli hijau, keunggulan jambu madu deli hijau, pemupukan jambu madu deli hijau, panen jambu madu deli hijau, buah jambu madu deli hijau,

Leave a Reply