Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Tanaman Holtikulturan » 5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

Kode : -
Berat : gram
Stok :
Kondisi : Baru
Kategori : Tanaman Holtikulturan
Dilihat : 72 kali
Review : Belum ada review
Hubungi kami secara langsung untuk pemesanan yang lebih cepat!
5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.

Bagikan informasi tentang 5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat kepada teman atau kerabat Anda.

Deskripsi 5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Mampu Tumbuh Subur Dan Berbuah Dengan Lebat

Cara tanam Durian D24

Menanam Durian D24 – Tanaman durian D24 merupakan salah satu jenis durian unggul yang berasal dari negeri Malaysia. Bukan tanpa alasan, pasalnya buah durian yang biasa disebut dengan nama Durian Agung atau Durian Sultan ini termasuk jenis durian yang sangat populer di Malaysia. Buah durian D24 dikenal memiliki ukuran sedang dengan berat sekitar 1 – 2 kg / buah dan susah untuk dibelah. Buah Durian Sultan berbentuk bulat membujur dengan duri pendek dan halus. Kulit buahnya berwarna hijau dengan sedikit kepirangan, dan bertangkai panjang. Buah durian sultan mempunyai daging buah yaang tebal berwarna kuning, teksturnya yang kering dan mempunyai rasa yang berlemak manis dengan sedikit pahitan serta melekat saat ditelan.

Tanaman durian D24 dapat akan tumbuh dengan optimal di dataran rendah dengan suhu sekitar antara 30 – 35 derajat Celcius. Tanaman durian ini mampu tumbuh tinggi hingga mencapai ketinggian 5 meter. Idealnya jenis tanaman durian d24 akan tumbuh subur jika mendapatkan sinar matahari yang cukup. Selain itu, durian D24 juga dikenal dengan sifatnya yang genjah, dengan perawatan yang baik, panen buah durian D24 dapat dinikmati saat tanaman sudha berumur 3 – 5 tahun sesudah tanam.

Nah, bagi anda yang tertarik bertanam durian D24 dipekarangan rumah, berikut ini kami berikan ulasan tentang cara menanam durian D24 dengan benar dan cepat berbuah.

Syarat Tumbuh Durian D24

  • Durian D24 akan berproduksi dengan optimal jika ditanam di daerah dengan ketinggian kurang dari 800 m dpl.
  • Tanaman durian D24 dapat tumbuh optimal pada suhu 20 – 30o C. Curah hujan yang baik untuk budi daya durian D24 berkisar 1.500 – 3.500 mm/tahun.
  • Pada dasarnya durian D24 membutuhkan 1 – 3 bulan kering (kemarau) untuk merangsang pembentukan bunga. Kelembapan yang diharapkan adalah 75 – 80%.
  • Intensitas penyinaran matahari yang dibutuhkan adalah 60 – 80%.
  • Tanaman durian D24 menghendaki tanah yang subur (tanah yang kaya bahan organik), gembur, dan tidak bercadas. Jenis tanah yang cocok adalah tanah grumasol dan andosol, yakni tanah yang memiliki ciri-ciri warna hitam keabu-abuan kelam, struktur lapisan atas berbutir-butir dan bagian bawah bergumpal, serta kemampuan mengikat air yang tinggi.
  • Derajat keasaman (pH) tanah yang dikehendaki adalah 5 – 7 dengan pH optimum 6 – 6,5.

Cara Menanam Durian D24

Berikut ini adalah beberapa tahapa dalam menananm durian D24 agar mampu tumbuh subur dan Mampu Berbuah Dengan Lebat :

BACA JUGA :   5 Cara Mudah Menanam Bawang Merah di Polybag

1.Pemilihan Bibit Unggul
Bibit tanaman yang berkualitas dan bermutu sangat diperlukan untuk menghasilkan tanaman durian D24 hingga berbuah. Oleh karena itu, penting sekali untuk hati-hati dalam memilih bibit. Berikut ini kiat yang bisa diterapkan ketika memilih bibit durian D24.

  • Sebaiknya bibit D24 yang yang akan dibeli telah disertifikasi atau berasal dari penangkar bibit yang terpercaya.
  • Pilihlah bibit durian D24 yang sehat dan memiliki pertumbuhan yang bagus, ditandai dengan pertumbuhan yang kokoh dan, perakarannya banyak dan kuat, dan adanya helaian daun dekat pucuk tanaman yang telah menebal dan berwarna hijau tua.
  • Pilihlah bibit D24 yang berbatang lurus dan berwarna cokelat, memiliki satu cabang tunas mata tempel dan memiliki daun minimal enam tangkai, serta bebas hama dan penyakit.
  • Jika bibit D24 berasal dari hasil penyambungan, pilih yang telah berumur 6 bulan dengan panjang tunas grafting minimal 40 cm dan memiliki 8 helai daun, serta bebas hama dan penyakit.
bibit durian D24

2.Tahap Penanaman
Untuk menanam durian D24, dibutuhkan pekarangan yang cukup luas. Jika terpaksa ditanam di pekarangan sempit, diperlukan pemangkasan bentuk dan ukuran batang. Adapun tahap penanam durian D24 di lahan sebagai berikut.

  • Buat lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm x 60 cm. Jika bibit durin D24 yang ditanam lebih dari satu, jarak tanam antar tanaman berkisar 6 m x 10 cm hingga 10 m x 10 m, tergantung tingkat pemangkasan bentuk yang diinginkan.
  • Untuk mendapatkan media tanam yang gembur, tanah galian dicampur dengan pasir dan kompos (perbandingan 1 : 1). Biarkan selama 1 minggu.
  • Masukkan sebagian campuran media tanam ke dalam lubang tanam. Kemudian, buka polibag yang membungkus bibit. Usahakan media tanaman terikut bersama bibit.
  • Masukkan bibit durian D24 ke dalam lubang tanam hingga sebatas leher akar atau pangkal batang. Lalu, masukkan sisa media tanam ke dalam lubang tanam, padatkan.
  • Siram tanaman durian D24 yang telah ditanam menggunakan gembor.

3.Tahap Pemeliharaan
Agar tanaman durian D24 tumbuh optimal dan mengahasilkan buah, diperlukan perawatan yang baik dan intens. Beberapa hal yang perlu dilakukan dalam perawatan durian D24 antara lain penyiraman, penyiangan, dan pemangkasan.

– Penyiraman
Tanaman durian D24 memiliki perakaran yang panjang sehingga mampu menjangkau ke daerah sekeliling tanaman. Oleh karenanya, pada saat musim hujan, penyiraman tanaman tidak perlu dilakukan. Penyiraman menjadi penting ketika terjadi musim kemarau. Pada tanaman yang sudah dewasa, penyiraman cukup dilakukan tiga kali dalam seminggu. Sementara pada tanaman yang masih kecil, sebaliknya penyiraman dilakukan sehari sekali, yaitu pagi atau sore hari.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Menanam Terong Ungu di Polybag

-Penyiangan
Tahap penyiangan bertujuan untuk mencegah berebutnya nutrisi antara tanaman durian dari gulma. Penyiangan perlu dilakukan ketika gulma telah tumbuh di sekitar tanaman. Caranya dengan mencabut gulma secara manual atau menggunakan cangkul dan menggemburkan tanah di sekitar batang, radius 1 m dari batang tanaman. Saat menggemburkan tanah, upayakan agar jangan sampai akar rusak.

-Pemangkasan
Tahap pemangkasan bertujuan untuk mendapatkan pertumbuhan dan produksi tanaman optimal serta memudahkan dalam pemeliharaan. Adapun cara pemangkasan dilakukan sebagai berikut.

  • Pembentukan tajuk mulai diatur sejak tanaman durian D24 berumur 1 tahun. Batang utama dapat dipelihara sampai setinggi 70 – 100 cm.
  • Selama proses pertumbuhan vegetatif, singkirkan tunas-tunas liar di sekitar dahan. Mahkota tajuk dapat berbentuk cembung, seperti payung terbuka atau piramida.
  • Bagian pohon setinggi 2 – 3 m merupakan tajuk mahkota, sedangkan batang pokoknya yang kokoh sepanjang 0.7 – 1 m sebagai penyangga.
  • Pembentukan tajuk dilakukan dengan memelihara satu batang utama dan 10 cabang primer terpilih. Pembentukan tanaman durian D24 harus diusahakan supaya terjadi keseimbangan antara bentuk tajuk dan percabangannya.
  • Pangkas dengan menggunakan gunting pangkas dan gergaji. Gergaji digunakan untuk memotong batang, sedangkan gunting pangkas untuk memotong dahan.
  • Setelah pemangkasan, batang/cabang besar diolesi dengan vaselin/cat minyak untuk mencegah infeksi pada bekas potongan.
  • Usahakan tinggi tanaman durian D24 tidak lebih dari 6 – 7 m dengan pemangkasan tajuk.

4.Tahap Pemupukan
Proses pemupukan yang tepat dapat membuat tanaman durian D24 tumbuh subur dan mampu berbuah dengan lebat. Jenis pupuk yang sering digunakan dalam proses pemumupuk tanaman durian D24 adalah pupuk kandang, kompos, pupuk hijau, serta pupuk buatan. Adapun waktu pemupukan, jenis pupuk yang digunakan, dan dosisnya sebagai berikut.

  • Umur 3 bulan : pemupukan susulan NPK (15 : 15 : 15) 200g/pohon.
  • 4 bulan sekali : pemupukan NPK (15 : 15 : 15) 200 g/pohon sampai berumur 3 tahun.
  • 1 tahun sekali : pupuk organik kompos/pupuk kandang 60 – 100 g/pohon pada musim kemarau. Pemupukan dilakukan dengan cara menggali lubang mengeliling batang bawah di bawah mahkota tajuk paling luar dari tanaman.
  • Umur 3 tahun : biasanya mulai membentuk batang dan tajuk. Tanaman diberi tambahan 20 – 25% pupuk NPK dari dosis sebelumnya.
  • Menjelang berbunga : pemupukan dengan NPK 10 : 30 : 10. Pupuk ini ditebarkan pada saat tanaman selesai membentuk tunas baru (menjelang tanaman akan berbunga).
Tanaman Durian D24

5.Tahap Panen
Buah durian D24 biasanya memiliki kematangann sempurna pada 130 – 140 hari setelah bunga mekar. Sementara itu, berdasarkan panampilannya, buah durian dapat dipanen setelah menunjukkan ciri-ciri berikut.

  • Ujung dari berubah warna menjadi lebih gelap dibandingkan dengan bagian dasarnya dan lebih lentur.
  • Garis di antara duri tampak semakin jelas dan lebih gelap.
  • Lapisan absisik pada tangkai bauh mulai membengkak dan retakan tangkai buah ke batang makin jelas.
  • Bila kulitnya diketuk, terdengar suara nyaring/ bergema.
  • Tercium aroma khas durian.
BACA JUGA :   Durian D24, Buah Durian Unggul Khas Dari Negara Malaysia

Buah durian D24 sebaiknya dipanen pada tingkat kematangan 100% untuk pasar lokal, Untuk mendapatkan buah durian D24 yang berkualitas tinggi, panen sebaiknya dilakukan dengan cara berikut.

  • Ikat buah yang berukuran besar dengan tali yang dihubungkan dengan cabang sekitar satu bulan sebelum mencapai tingkat kematangan 90% (posisi disesuaikan).
  • Lakukan panen pada pagi hari atau sore hari dengan memotong tangkai buah menggunakan gunting kira-kira 1,5 – 2 cm dibawah bantalan buah. Pada saat pemanenan, tangkai buah disisakan 2 – 3 cm di atas lapisan absisik.
  • Gunting tangkai buah, perhatikan jangan sampai mengenai bonggol karena bonggol merupakan tempat munculnya bunga pada musim berikutnya.
  • Turunkan perlahan buah durian yang terletak pada bagian pohon yang tinggi, sebaiknya dengan menggunakan tali tambang plastik agar tidak menyentuh tanah atau merusak duri.
  • Letakkan buah durian D24 yang dipanen dalam keranjang/bakul panen dengan diberi alas karton (alat pengumpul sementara di lapangan).

Demikianlah informasi tentang Cara Mudah Menanam Durian D24 Agar Mampu Tumbuh Subur dan Mampu Berbuah Dengan Lebat. Terdapat beberapa tahapan yang perlu diperhatikan dalam menanam durian D24 mulai dari pemilihan bibit, penanaman, pengairan, pemangkasan, hingga pemupukan. Semoga informasi tersebut dapat menambah engetahuan kita tentang budidaya durian D24. dan semoga anda bisa mempraktekannya sendiri dirumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.


kata terkait,
durian D24, tanaman durian D24, budidaya durian D24, menanam durian D24, cara tanam durian D24, perawatan durian D24, cara merawat durian D24, panen durian D24, pemupukan durian D24, pengairan durian D24, bibit durian D24, bibit durian D24 unggul, penanaman durian D24, tabulampot durian D24,

Belum ada ulasan untuk produk 5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

Silahkan tulis ulasan Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*







Produk Terkait 5 Cara Menanam Durian D24 Dengan Benar Agar Tumbuh Subur Dan Mampu Berbuah Dengan Lebat

6 Cara Mudah Menanam Ciplukan Dalam Polybag

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
7 Keistimewaan Kelapa Wulung, Kelapa Cantik Sebagai Penetral Racun Hingga Pembersih Organ Ginjal

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

*Harga Hubungi CS
Durian Duri Hitam, Durian Unggul Dengan Gelar Sang Jawara Durian dari Negeri Jiran, Malaysia

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Sejarah Durian Duri Hitam *Harga Hubungi CS

Mungkin Anda tertarik dengan produk terbaru kami

OFF 40%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Alpukat Kendil

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
OFF 29%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Durian Musang King

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Durian Musangking Unggul Rp 75.000 Rp 105.000
Ready Stock
Rp 75.000 Rp 105.000
Ready Stock
OFF 40%
QUICK ORDER
Bibit Tanaman Durian Menoreh Kuning

*Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak di bawah ini:

Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
Rp 75.000 Rp 125.000
Ready Stock
Untuk menampilkan facebook like box pada sidebar, Anda harus isi terlebih dahulu kolom URL Facebook Fanpage terlebih dahulu pada pengaturan Lapax > Socmed & Marketplace
SIDEBAR