4 Produk Olahan Durian Duri Hitam Yang Bercita Rasa Lezat, Nikmat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

4 Produk Olahan Durian Duri Hitam Yang Bercita Rasa Lezat, Nikmat dan Bermanfaat Untuk Kesehatan Tubuh Manusia

Produk Olahan Durian Durian Duri hitam – Mengkonsumsi buah durian duria hitam ini tidak hanya semata-mata dikomsumsi secara lansung saja. Buah durian duri hitam juga dapat dijadikan bahan makanan atau produk olahan makanan.

Karena daging buah durian duri hitam yang tebal, tekstur buah yang creamy dan lembut serta rasa legit dan aroma yang tajam, tak heran jika durian duri hitam banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk produk olahan makanan.

Berikut ini adalaha beberapa Olahan makanan dari durian duri hitam ini dapat meningkatkan kualitas dan nilai jual dair durian duri hitam.

Produk Olahan Durian
Produk Olahan Durian

Berikut ini beberapa jenis makanan populer yang berbahan baku daging durian duri hitam :

1. Lempok

Lempok adalah salah satu makanan yang berbahan baku daging durian yang sangat digemari karena rasa duriannya yang sangat dominan. Di Indonesia, bahan dan proses pembuatan lempok hampir sama dengan dodol hanya saja daging durian ditambahkan agar rasa durian sangat terasa dominan.

Di Indonesia, umumnya daging durian yang dijadikan lempok adalah daging durian yang kurang layak untuk dikonsumsi secara langsung. Agar tidak terbuang sia-sia, daging buah durian ini dimasak dengan ditambahkan beberapa bahan tambahan lain.

Cara pembuatan lempok durian yang umum dilakukan di Indonesia adalah daging buah durian dilepaskan dari biji atau pongge nya kemudian dipanaskan diatas api. Lempok yang banyak dijual didaerah Jakarta dan Jawa umumnya pada saat dimasak biasanya tidak hanya ditambahkan gula tetapi juga ditambahkan tepung ketan atau tepung berasa, sehingga rasanya seperti dodol durian.

Tetapi di daerah Sumatera dan Kalimantan, memasak lempok hanya dicampur dengan gula dan tiak ditambahkan tepung sehingga rasa nya sangat dominan durian. Lempok murni ini sangat disukai oleh penggemar. Harganya jualnya pun relatif sangat tinggi.

Lempok sangat awet karena jika disimpan dengan benar lempok dapat bertahan selama kurang lebih 1 tahun tanpa mengalami kerusakan.Tetapi sekarang ini, lempok murni sudah agak jarang ditemui karena kualitas pohon dan buah durian segar yang meningkat sehingga durian yang cita rasanya kurang sudah jarang ditemui dipasaran.

Lempok Durian
Lempok Durian

 

2. Tempoyak

Tempoyak adalah salah satu jenis makanan yang berbahan baku utama dari buah durian yang difermentasikan secara mikrobiologi dengan tujuan untuk memperpanjang masa simpan durian. Tempoyak merupakan makanan khas suku Melayu seperti Palembang, Lampung, Jambi, Aceh, Padang dan Kalimantan Barat.

Tempoyak biasanya dapat dimakan sebagai lauk makan atau makanan pendamping nasi. Tempoyak bisa diolah menjadi sambal atau sebagai bumbu penyedap yang dicampur pada masakan gulai dan pepes ikan air tawar.

Tempoyak segar berwarna kuning hamoir sama dengan warna buah durian, sedangkan tempoyak yang sudah agak lama akan berwarna agak kecoklatan karena pengaruh oksidasi. Rasanya agak sedikit masam dan berair.

3. Keripik Durian

Tidak hanya durian yang matang bisa dimanfaatkan untuk produk olahan durian. Durian mengkal atau durian yang belum begitu matang pun bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi makanan yaitu keripik durian.

Jika buah durian tanaman anda terkena hama dan penyakit sehingga jatuh sebelum matang, jangan khawatir karena durian tersebut masih bisa dimanfaatkan menjadi keripik.

Keripik durian juga merupakan salah satu makanan yang digemari dan dikonsumsi sebagai camilan yang disantap ketika sedang bersantai baik sendiri maupun ketika sedang bersama keluarga.

Keripik DUrian
Keripik Durian

 

4. Es Krim, Permen dan Pancake

Selain pengolahan durian sebagai bahan baku utama, ada juga pengolahan daging durian duri hitam yang hanya sebagai campuran. Pengolahan durian duri hitam mejadi campuran es krim durian, permen durian,dan yang sekarang sedang tren adalah pancake durian.

Pada produk makanan ini durian biasanya tidak hanya diambil dagingnya tetapi juga esensnya. Esens durian biasanya dipakai untuk membuat permen durian. Sedangkan untuk es krim, tidak hanya esens yang digunakan tetapi juga terkdang aging durian pun dicampurkan sebagai salah satu bahan untuk membuat es krim.

Untuk pancake, daging durian duri hitam digunakan sebagai isian pancake. Daging buah diambil kemudian dijadikan isi pancake tanpa dicampur dengan bahan apapun.

Selain memiliki rasa yang nikmat, beberapa produk olahan makanan yang berbahan dasar durian tersebut pastinya mempunyai memiliki sejuta manfaat bagi manusia.

Buah durian duri hitam ini dipercaya mamapu membantu untuk memperlancar proses pencernaan, membantu dalam pembentukan protein, memperbaiki fungsi hati dan ginjal, membantu memperbaiki fungsi sendi dan tendon serta membantu penyembuhan luka dan Dapat memperbaiki jaringa otot.

Es Krim durian duri hitam
Es Krim durian duri hitam

Demikianlah artikel sedikit seluk beluk tentang durian duri hitam dan beberapa makanan hasil olahan berbahan baku buah durian duri hitam atau durian Ochee, semoga bisa menambah nilai jual durian Ochee dipasaran dan juga dapat memanfaatkan durian yang tidak layak jual menjadi makanan olahan yang bernilai tinggi. Semoga bermanfaat.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *