Buka jam 07.00 s/d jam 20.00 , Sabtu, Minggu Tetap Buka
Beranda » Pertanian » 3 Jenis Kelengkeng Unggul Yang Cocok Untuk Budidaya Skala Komersial
click image to preview activate zoom

3 Jenis Kelengkeng Unggul Yang Cocok Untuk Budidaya Skala Komersial

Stok
Kategori Pertanian
Tentukan pilihan yang tersedia!
INFO HARGA
Silahkan menghubungi kontak kami untuk mendapatkan informasi harga produk ini.
Pemesanan lebih cepat! QUICK ORDER
Bagikan ke

3 Jenis Kelengkeng Unggul Yang Cocok Untuk Budidaya Skala Komersial

Inilah 3 Varietas Tanaman Kelengkeng Unggulan Yang Sangat Cocok Untuk diBudidayakan Skala Bisnis

RawaBibit.com – Buah kelengkeng? Pastinya sudah tidak asing lagi dengan buah satu ini. Buah tropis yang berasal dari Asia Tenggara ini memiliki nama latin Dimocarpus longan ini mempunyai bentuk bulat, dikenal dengan citarasanya yang manis juicy serta banyak juga sekali dijual di pasaran.

Karena keunggulan inilah banyak petani yang mencoba membudidayakan tanaman lengkeng ini untuk bisa mendapatkan keuntungan yang lebih.

Saat ini budidaya Lengkeng menjadi salah satu jenis prospek usaha sangat menjanjikan. Pasalnya, Permintaan yang tinggi akan buah kelengkeng ini dan nilai ekonomis yang tinggi mampu memberikan keuntungan yang berlebih bagi para petani.

Kelengkeng Budidaya

Nah bagi anda yang tertarik membudidayakan tanaman kelengkeng kami akan memberikan rekomendasi varietas tanaman lengkeng yang cocok untuk budidaya skala komersial. Berikut ini adalah rekomendasi varietas kelengkeng yang sangat cocok untuk budidaya skala Komersial. Berikut ulasannya.

1. Kelengkeng New Kristal

Kelengkeng New kristal termasuk jenis kelengkeng banyak diburu petani. Kelengkeng new kristal atau sering disebut kelengkeng kateki ini dikenal dengan tingkat produktifitas yang tinggi. Produktivitas pohon pada panen perdana mencapai 10—70 kg tergantung perawatan.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Menanam Terong Ungu di Polybag

Seiring dengan penambahan umur, produksi pun terus membubung. Pada umur 4 tahun, misalnya, sebuah pohon menghasilkan 75 kg, 5 tahun 100 kg. Produksi stabil pada kisaran 100—150 kg ketika pohon berumur 5—7 tahun.

Tanaman kelengkeng mampu menghasilkan dompolan-dompolan buah yang sangat besar hingga mencapai 3-4 kg/ tandan. Selain itu, Buah kelengkeng new kristal berukuran besar, dengan diameter 2,8—3 cm serta berbiji kecil, 0,7—0,8 cm. Daging buah tebal, Tekstur renyah dan kering. Selain itu, Buah kelengkeng new kristal mempunyai citarasa yang manis dengan kadar kemanisan mencapai 24° briks.

Tanaman kelengkeng new kristal dikenal dengan tingkat adaptasi yang tinggi, bersifat genjah dan mampu berbuah sepanjang tahun. Yang paling disukai pekebun dari tanaman kelengkeng new kristal adalah tahan rontok. bayangkan saja, tingkat kerontokan bunga dan buah hanya 10—15% dari total calon bunga.

Kelengkeng New Kristal

2. Kelengleng Itoh

Kelengkeng itoh terkenal dengan citarasanya yang manis dengan tingkat kemanisan mencapai 19° briks. Buah kelengkeng itoh juga mempunyai ukuran yang besar dengan diameter 2—2,8 cm dengan ukuran biji 0,8—1cm. Adapun beratnya mampu mencapai 7,7 – 9,4 g per buah. Daging buahnya tebal dan bertekstur kering, sehingga tidak akan mudah busuk.

BACA JUGA :   4 Alasan Memilih Kelengkeng New Kristal Sebagai Pilihan Tepat Dalam Pembudidayaan Skala Bisnis

Tanaman lengkeng itoh adalah jenis kelengkeng unggulan yang dihasilkan dari penyambungan jenis lengkeng diamond river dengan lengkeng asal Thailand. Tanaman ini mampu beradaptasi dengan baik di dataran rendah dengan ketinggian 1 – 400 mpdl.

Selain itu, tanaman kelengkeng itoh juga dikenal dengan Itingkat produktifitasnya yang tinggi. Saat tanaman sudah berumur 5 Tahun, dalam satu tanaman dapat menghasilkan buah sebanyak 1.857 – 5.180 buah. Produktivitas lengkeng itoh pun mencapai 14,3 – 48,5 kg/pohon/tahun.

Kelengkeng Itoh

3. Kelengkeng Puangphet

Kelengkeng Puangphet adalah salah satu varietas kelengkeng terbaru yang berasal dari negara Thailand. Kelengkeng Puangphet ini digadang-gadang menjadi pesaing terkuat dari kelengkeng new kristal yang telah booming beberapa tahun terakhir.

Buah kelengkeng Puangphet mempunyai ukuran yang besar. Daging buahnya tebal dengan biji berukuran kecil. Buah kelengkeng Puangphet citarasanya yang sangat manis dengan Tekstur yang sangat renyah karena memiliki kadar air yang sedikit.

Keunggulan lainnya adalah tanaman kelengkeng puangphet mampu menghasilkan dompolan buah yang sangat besar. Bayangkan saja, satu dompolan mampu menghasilkan berat hingga 3 hingga 4 kilogram per tandan.

kelengkeng puangphet

Demikianlah informasi tentang jenis kelengkeng unggulan yang rekomended untuk dibudidayakan untuk skala komersial. Pemilihan varietas yang tepat tentunya akan mampu mendatangkan keuntungan yang berlipat ganda. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih.

BACA JUGA :   Bibit Kelengkeng Itoh

Tags: , , , , , , , , , , , , , ,

3 Jenis Kelengkeng Unggul Yang Cocok Untuk Budidaya Skala Komersial

Berat 250 gram
Kondisi Baru
Dilihat 11 kali
Diskusi Belum ada komentar

Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.

Silahkan tulis komentar Anda

Alamat email Anda tidak akan kami publikasikan. Kolom bertanda bintang (*) wajib diisi.

*

*

Produk Terkait
Don`t copy text!
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: