3 JENIS JAMBU AIR UNGGULAN WARNA HIJAU

Jambu air Menjadi salah satu tanaman buah unggulan yang termasuk dalam suku jambu-jambuan atau Myrtaceae yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman buah jambu air memiliki keunggulan dengan rasa buahnya yang manis dan menyegarkan karena kangdungan air yang cukup tinggi sehingga sangat cocok sebagai cemilan sehat dikala rasa ngantuk dan suntuk datang. Buah Jambu air biasa dapat dikonsumsi secara lansung ketika sudah matang atau disajikan sebagai buah meja. Selian itu, buah jambu air juga sering dijadikan sebagai salah satu bahan rujak.Aneka jenis jambu ini juga dapat dijadikan asinan.


Jenis Buah Jambu Air yang ada di Indonesia memiliki banyak jenisnya sesuai dengan varietasnya, baik dengan melihat perawakan pohon dan bagian bagian tanamannya, rasa dan sifat sifat buahnya, maupun sifat-sifat yang tak mudah dilihat seperti kemampuan tumbuhnya terhadap variasi-variasi lingkungan. Berikut ini adalah keunggulanjambu air yang memiliki Warna buah hijau menyegarkan

  1. Madu Dheli Hijau
    Jambu Madu Deli Hijau merupakan jenis jambu air termanis dalam daftar ini. Warna jambu air ini hijau dengan rasa manisnya luar biasa. Keunggulan jambu madu deli hijau adalah tidak mempunyai biji serta dagingnya cukup rapuh sehingga ketika dimakan sangat lezat.
BACA JUGA :   6 Keistimewaan Kelapa Genjah Entok, Kelapa Unggulan Dengan Postur Tubuh Cebol dan Mampu Berbuah Lebat

Meski dibandingkan dengan jambu yang lain, ukuran jambu madu deli hijau jauh lebih kecil, pohon jambu ini bisa menghasilkan buah yang lebih banyak. Jambu madu deli hijau juga memiliki keunggulan yang lain yaitu cepat berbuah.

Madu Dheli Hijau

Di awal pencangkokan kalau bibit yang ditanam umurnya sekitar 3 – 4 bulan, maka pohonnya akan tumbuh hingga sekitar 60 – 70 cm. Pohon ini kemudian akan berbuah ketika berumur 8 – 9 bulan jika mendapatkan perawatan standar yang baik dan benar.

  1. Taiwan Supergreen
    Varietas jambu air lain yang menjadi unggulan adalah Super Green. Varietas ini disebut juga dengan nama jambu madu super karena memiliki ukuran yang cukup besar. Meskipun memiliki ukuran buah yang lebih besar dibandingkan dengan varietas jambu air lainnya, rasa jambu air ini tetap nikmat dan super manis.
Taiwan supergreen

Nah, untuk varietas ini, pohon akan mulai berbuah paling lama sekitar 2 tahun setelah masa tanam pertama.Buah yang dihasilkan pohon ini memiliki rata-rata berat sekitar 250 gram.

  1. Jambu Air Camplong
    Camplong juga termasuk jenis jambu air yang cukup populer dan masuk dalam varietas unggulan. Varietas ini berasal dari Jawa Timur dan menjadi pohon jambu air idola di daerahnya.

Apa yang menarik dari varietas ini adalah buah jambu air yang terlihat putih mengkilap dan memiliki daging yang tebal.

BACA JUGA :   Cara Membudidayakan Rambutan Binjai
Camplong

Selain itu, jambu air Camplong juga tidak memiliki biji sehingga bisa dinikmati hingga habis tak bersisa. Nah, untuk budidaya, varietas jambu air ini bisa tumbuh di berbagai kontur tanah.

Untuk masa tanam sendiri, pohon memerlukan waktu paling lama 1 tahun untuk berbuah pertama kali.

Demikian beberapa keunggulan yang dimiliki jambu dengan warna hijau menyegarkan yang perlu anda ketahui, dari segi citarasa bentuk hingga kegenjahan buah jambu air. semoga artiket ini dapat bermanfaat. Terima kasih

× ada yang bisa kami bantu?