Tanaman Holtikulturan

13 Sayuran Menguntungkan & Mudah Perawatan

Jenis-Sayuran-menguntukan

Inilah 13 Jenis Sayuran Yang Menguntungkan dan Mudah Dalam Perawatan

Jenis Sayuran Menguntungkan – Berkebun menjadi pilihan bagi sebagian orang untuk menyalurkan hobi atau sekedar menghabiskan waktu luang. Namun, selain menjadi kegiatan yang menyenangkan, Hobi berkebun pun jadi salah satu pilihan yang bisa mendatangkan untung di dalam hidup. Tidak peduli di lakukan di tempat yang luas atau daerah perkotaan dengan lahan yang terbatas, hobi berkebun tetap bisa dilakukan sekaligus untuk jualan. Kuncinya adalah selalu selalu fokus dan tekun dalam manjalaninya. Cukup memulai hobi berkebun sekarang dan memilih tanaman yang banyak dicari orang.

Bagi anda yang tertarik menekuni budidaya sayuran. Ada beberapa jenis sayuran yang mudah ditanam serta memiliki durasi panen yang tidak lama sehingga akan sangat menguntungkan di antaranya.

Berikut ini adalah beberapa jenis sayuran yang memiliki nilai jual tinggi dan mudah dalam perawatannya :

1.Bayam

Boleh dibilang sayuran bayam menjadi salah satu komoditi yang potensial. Hal ini dikarenakan banyak orang menyukai olahan yang berasal dari bayam. Selain itu, bayam sangat mudah tumbuh liar di berbagai tempat seperti di selokan maupun di pinggir jalan. Hal itu membuktikan bahwa tanaman ini mudah dalam penanamannya.

Hal yang semakin menguntungkan ialah dalam memanennya Anda hanya perlu memotong bagian batang dan daunnya saja, tidak perlu mencabut sampai akarnya. Dengan begitu Anda tidak perlu menanamnya kembali sebab rantingnya yang baru akan tumbuh kembali.

2.Cabai

cabai merupakan tanaman yang menguntungkan. Sebab cabai menjadi sayuran utama sebagai penambah citarasa pedas dalam setiap masakan. Selain itu, Cabe termasuk jenis sayuran yang memiliki harga yang tidak stabil.

Harga cabai memang dikenal sering mengalami kenaikan. Bahkan level kenaikannya bisa sangat tinggi. Dengan menanam cabai di lahan yang luas tentu akan semakin menambah keuntungan saat panen kelak. Investasi modal bibit dan perawatan akan terbayar lunas melihat penjualannya.

3.Kangkung

Kangkung menjadi jenis sayuran yang menguntungkan dalam segi bisnis, kandungan zat di dalamnya juga sangat bermanfaat bagi tubuh. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi olahannya yang lezat maka akan membuat tubuh semakin sehat.

BACA JUGA :   6 Cara Mudah Menanam Bayam Dalam Polybag

Selain itu, Kangkung termasuk jenis sayuran yang tergolong gampang dalam penanamannya dan perawatannya. Kuncinya ialah asupan suplai air yang cukup. Menanam kangkung dapat dilakukan di sawah atau juga membuat tegalan.

4.Timun

Sayuran ini dikenal banyak sekali jenis pengolahannya karena dapat dimakan langsung maupun dibuat menjadi bahan tambahan sajian lezat seperti rujak, batagor, gado-gado dan lain-lain. Maka dari itu, permintaan pasar terhadap timun akan selalu dibutuhkan.

Sayur timun tergolong cepat proses pertumbuhannya. Sebab hanya butuh beberapa minggu sudah dapat dipanen. Karena alasan itulah tanaman ini banyak dijadikan pilihan ketika ladang sawah kosong setelah panen padi.

5.Caisim

Sayur caisim atau juga dikenal dengan nama sawi sudah banyak sekali pengolahannya. Bisa dibuat hidangan sayuran yang lezat dan dapat pula menjadi tambahan makanan seperti bakso, mie ayam, dan lain-lain.

Cara penanaman dan perawatannya itu sendiri tergolong mudah dan tidak ribet. Apabila pemberian airnya tidak kurang maka pertumbuhannya akan berjalan sangat cepat. Dengan begitu cepat panen tidak dapat dihindarkan.

6.Pare

Pare termasuk jenis sayuran yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat dan perawatannya juga tidak terlalu susah karena sayur pare gampang tumbuh.

Apabila tumbuh dengan baik, sayuran pare dapat menghasilkan pare yang banyak sekali. Dengan begitu Anda akan memperoleh banyak keuntungan. Rasanya yang pahit juga tak menyurutkan permintaan pasar yang tinggi terhadap sayuran pare.

7.Tomat

Sama halnya dengan cabai, Permintaan pasar terhadap tomat tidak pernah surut. Budidaya tomat dapat menjadi pilihan yang tepat. Bila ditanam dengan baik masa panennya berjalan cepat dan menghasilkan banyak.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam dan Merawat Jeruk Nagami Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Lebat

Perawatan tomat juga tergolong mudah. Cukup memberikan intensitas air yang cukup dan melindunginya dari hama yang berbahaya. Bila perlu beri beberapa semprotan anti hama agar tomat dapat tumbuh lebih maksimal dan sayurnya menjadi lebih berkualitas.

8.Paprika

Tanaman ini memang tidak sepopuler cabai namun banyak kalangan menengah atas yang lebih suka menggunakannya sebagai bahan masakan. Bentuknya yang lebih besar dan tak kalah pedas dari cabai membuat sayuran ini sudah banyak diminati.

Paprika merupakan komoditi yang berharga jual tinggi. Hal tersebut membuatnya masuk dalam kategori tanaman yang menguntungkan. Bila ingin menanamnya, perhatikan dengan baik tumbuh kembangnya dan jangan terkena air hujan sebab menghambat pertumbuhannya.

9.Kacang Panjang

Kacang panjang termasuk jenis sayuran yang laku keras di pasaran. Proses panennya pun sangat cepat karena jika perawatannya benar. Beberapa minggu saja sudah dapat menikmati untuk memanennya.

Sayuran kacang panjang termasuk mudah dalam perawatan karena tidak membutuhkan biaya yang mahal dan segala jenis tanah dapat digunakan. Yang terpenting adalah asupan airnya diberi dengan cukup setiap harinya.

10.Selada

Selada termasuk jenis sayuran yang memiliki tingkat permintaan pasar sangat tinggi. Banyak makanan cepat seperti burger maupun roti menggunakan daun selada sebagai tambahannya.

Perawatan dari tanaman ini memang membutuhkan perhatian ekstra sebab mudah sensitif terhadap keadaan sekitar. Anda juga dapat menanamnya menggunakan metode hidroponik sehingga dalam mengontrol perkembangannya jauh lebih mudah.

11.Seledri

Rasanya sangat tepat memasukan seledri sebagai salah satu tanaman yang menguntungkan sebab daunnya berperan dalam berbagai jenis masakan. Tanaman mini ini juga tidak terlalu sulit untuk dibudidayakan. Bahkan Anda bisa juga menggunakan metode hidroponik.

BACA JUGA :   5 Cara Menanam dan Merawat Jambu Madu Deli Hijau Dalam Pot Agar Mampu Berbuah Lebat

Metode tersebut dirasa cocok sebab tanaman seledri berukuran mini dengan begitu tidak butuh banyak lahan yang besar. Pemberian air serta pemerhatiannya terhadap hama akan membuat tanaman ini cepat tumbuh dan siap untuk di panen.

Seledri

12.Buncis

permintaan pasar terhadap sayuran memang selalu tinggi. Tak terkecuali sayuran buncis. sayuran yang satu ini mudah sekali tumbuh di berbagai tempat dan tidak butuh lahan yang luas. Bahkan menanamnya dapat dilakukan dengan berdampingan dengan padi atau jenis tanaman lainnya.

Banyak orang menyukai masakan berbahan buncis sebab tidak hanya lezat tetapi juga mengandung banyak Vitamin dan Protein yang tinggi.

Buncis

Demikianlah informasi tentang jenis sayuran yang menguntungkan. Selain memiliki nilai ekonomis yang tinggi, jenis sayuran diatas memiliki perawatan yang tergolong mudah. Selain dapat dikebunkan ditanah, jenis sayuran tersebut dapat ditanam dengan menggunkan polybag atau sejenisnya. Jangan lupa untuk melakukan perawatan seperti penyiraman, penggemburan tanah dan pemupukan. Hal ini untuk menunjang pertumbuhan tanaman sayur sehingga bisa mendapat kuantitas dan kualitas yang terbaik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply